Kuliah tujuannya apa sich…?

Ini adalah tulisan Saya mengenai beberapa masalah Saya dengan teman-teman Saya di Kampus UNIKOM. Tujuan kuliah Saya adalah mendapatkan ilmu sebanyak mungkin dan tidak lama-lama di Kuliahan dan dapet kerja yang baik serta tidak melupakan mencari ilmu agama dan melaksanakannya.

Untuk mencapai itu semua, Saya tidak lepas dari lingkungan Saya tentunya. Saya berharap bangat dapat teman yang benar-benar serius dan memiliki tujuan yang sama. Tapi sampai semester 2 akhir ini Saya belum menemukan teman yang benar-benar sama tujuan kuliahnya dengan Saya. Sempat Saya tanya beberapa teman tantang apa sich tujuan Kamu kuliah. Tentu Saya tanya kepada teman yang terlihat aktif dan serius dalam kuliah.

Bimo, teman Saya lulusan SMK Informatika. Dia mengatakan bahwa sebenarnya kuliah itu bukan saja mencari Ilmu tapi disini Kita dilatih untuk menguatkan mental Kita dengan segala apa saja yang berkaitan dengan kuliah. Ia memisalkan, dulu Guru Kita di SMK/SMA menjelaskan materi dan memberi tugas sesuai dengan materi yang Ia sampaikan tetapi sekarang Dosen menjelaskan dengan singkat lalu memberikan tugas yang kadang-kadang sangat berbeda dengan apa yang Ia jelaskan sehingga Kita membutuhkan mental yang kuat untuk mencari informasi lebih dari apa yang Dosen jelaskan untuk menyelesaikan tugas itu. Saya lumayan ada tambahan tantang tujuan kuliah dari Dia.

Adi Sukma, teman Saya satu ini mengatakan bahwa kuliah untuk mencari ilmu baik dari yang kita ambil dari kuliahan itu sendiri maupun dari luar seperti ikut organisasi-organisasi. Karena untuk persiapan Kita nanti terjun ke masyarakat. Salut buat Dia juga, karena emang basic dan latarbelakang keluarganya adalah kebanyakan masuk organisasi-organisasi politik.

Ada lagi teman Saya namanya Fichan Firdaus…Ni orang bisa diajak becanda dan sedikit susah di ajak serius.. Dia mengatakan bahwa kuliah untuk mencari Cewe katanya…Sial,,Saya ajak serius malah becanda..

Untuk mencapai tujuan Saya tadi, hampir setiap hari Saya pergi ke Perpus Unikom. Baca dan pinjem buku, pinjem CD/DVD tutorial dan yang paling sering adalah ngenet gratis…maklum anak Kosan..duitnya sayang buat makan euy…ya ini Saya manfaatin untuk ngeBlog. Sempet malu sich sama penjaga perpusnya, karna setiap hari selalu maen dan pinjem ini itu…

Kadang pengen bangat bisa maen keluar sama teman-teman, nonton bioskop, maen game online atau jalan-jalan ke Lembang tapi Saya selalu memikirkan keluarga Saya. Saya sudah diberi kesempatan untuk kuliah tapi malah maen-maen. Makanya Saya dengan teman-teman agak kurang begitu dekat karena memiliki pandangan berbeda dan menurut Saya beberapa pandangan teman Saya sangat kurang bagus untuk masa depan. Mudah-mudahan mereka mengerti keadaan Saya..Dan Saya sendiri menghargai pandangan masing-masing teman.

Yah begini deh, dunia anak kuliah yang ngekos dan punya cita-cita tinggi..Kadang berkeinginan sesuatu tapi dibatasi oleh waktu, uang, dan kemampuan..dan Saya tetap optimis kedepan bahwa sudah ada yang mengatur semuanya. Tugas Kita sekarang sebagai mahasiswa adalah terus berusaha semaksimal mungkin, berdoa dan selalu menyerahkan semuanya kepada Allah ta’ala.

Oiya kalau baca artikel ini, tolong berikan komentarnya. Saya tunggu masukan dari teman-teman semua dan terimakasih sesudahnya.

About these ads

20 thoughts on “Kuliah tujuannya apa sich…?

  1. aslmualaikm,,

    slm knal,?

    sya setuju tntng pndpt anda tentng apa tjuan kuliah?

    trutama kta harus bisa mnghrgai jrih pyh ortu kta?

    jngn lp jg hrs dsrtai brsha, brdo’o, bribdh, dll?

    wsslm?

  2. hu uh,,,kuliah mang kudu extra sgl macem,,mental,,otak,,sabar,,hhehe..
    setidaknya qta masih punya tujuan dan mimpi,,dibandingkan kuliah hny krn ikut2an,,hehe

  3. azwar : pertanyaan yg bagus n nonjok…!!! Alasan kuliah gw, biar cepet n gampang gawe, dpt modal n wirausaha…males kerja di PT, kerja keras tapi buat yg punya PT, mending kerja keras buat diri sendiri…yg laen silakan jwb pertanyaan tu…..

  4. =)
    sy senang skali ,mirip dgn sy ..
    kyanya tujuan nya jg ga beda dgn sy

    smangat ya!!ank unikom niy?
    slam knal ya.
    syapa tau di lain waktu qt bisa berjuang brg n bisnis brg
    hehe

  5. Asslmkm
    slm knal, macm2 jg ya tujuan kulh, meskipun ga bisa liat masa depan tapi setidaknya berusaha mengisi waktu hudup, biar jadi manusia yng UNIK, kalo bisa lebih dari manusia yng lain yng hidupnya hanya SEPERTI ITU SAJA untuk dunia ini, karena kita punya bekal pikiran dan dengan keyakinan dan belajar inys Allah bisa di kembangkan pikiran kita dan membawa badan dan jiwa kita lebih baik lagi, itu sedikit dari sy,
    wasllm..

  6. Saya suka dengan pendapat km n mungkin saya cuma bisa menambahkan bahwa tujuan kuliah yaitu :
    1.Mengembangkan kemampuan
    2.Memperoleh pengetahuan
    3.Membangun sikap
    4.Mendapat nilai
    5.Ikut karena diwajibkan

    ni no aq. mungkin barangkali kapan2 km bisa hub aq. 91818151

  7. aji ndaru kartiko :

    Saya suka dengan pendapat km n mungkin saya cuma bisa menambahkan bahwa tujuan kuliah yaitu :
    1.Mengembangkan kemampuan
    2.Memperoleh pengetahuan
    3.Membangun sikap
    4.Mendapat nilai
    5.Ikut karena diwajibkan

    ni no aq. mungkin barangkali kapan2 km bisa hub aq. 91818151

    makasih Aji tambahan pendapatnya…:-)

  8. sampai saat ini Q sendiri gak tahu tujuan Q kul ntu apa, coz di kelas kita hanya di tuntut untuk dapat nilai A bukan harus memahami materi kul n menjawab fenomena yang ada di masyarakat,,,, setelah 2 tahun kul bukan tambah semangat malah tambah malez,,, coz kayaknya ujung2nya kul ntu uang,,, kenapa haruz kuliah lok cuman buat uang?? langsung kerja ja,, ato pelihara tuyul sebanyak mungkin,,, he he,,,,

  9. enndang :

    apa sih keunggulan kul di bidang komputer ..?? saya sangat sutuju smw dg pndapat mas

    komputer bisa masuk ke semua bidang Sob…
    coba bandingin sama yang lain…

    karna hampir semua bidang menggunakan komputer…

  10. asslmualaikum…
    sya sngat setuju dengan pndapat sodara adiputra..
    krna kita snasib jg…
    kadang sya merasa malu terus-terusan dkasih duwit ma ortu…
    tp mo gmn lgi…mo krja sampingan jadwal kuliah padat..snin -sabtu…fullll dari pagi sampe siang….malahan ada yg sampe sore…
    jdi jlanin ja lah…moga tamat dari sini bisa ngebhagiain ortu amin…..

  11. walaikoemsalam,,
    kalu udh padat gitu,,management waktu nya bener-bener mesti terjadwal…
    perlu komitment kuat ntuk fokus sm kerjaan dan kegiatan kuliah,,yang lain dikesampingkan sementara..

    thanks udh nge-response…:)

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s