Seminar di Maranatha Bandung

16 Maret 2009, tidak sengaja melihat selembaran saat mengambil kartu perpustakaan IF Unikom, yang isinya adalah seminar Security Attack, Incident Response and Protection Strategies for Company yang diadakan di Universitas Kristen Maranata Bandung. Saat lihat tanggal dan waktu terakhir pendaftaran, yah udah telat ternyata, pendaftaran terakhir tanggal 14 Maret sedangkan acara dimulai tanggal 18 Maret. Padahal niat bangat pengen ikut karena topiknya bagus dan mau tahu jauh tentang keamanan jaringan. Iseng plus penasaran, saya dan teman saya Moses, cari informasi lewat sms ke panitia, alhamdulillah ternyata masih dibuka pendaftarannya dan seminar ternyata gratis lagi (cocok bangat sama kantong mahasiswa yang punya keingintahuan lebih). Ada niat pasti ada jalannya yah…

Baca ulang lagi selembaran tersebut, ternyata panitia seminar hanya memberikan sertifikat kepada 50 pendaftar pertama. Agak kecewa apalagi waktu acara tersebut bentrok dengan kuliah pemrograman Delphi di Unikom. Wah tambah susah niy. Saya dan Moses siasati tuk mengikuti setengah seminar tersebut dan kembali ke Unikom untuk mengikuti perkuliahan Delphi.

Semalam sebelum seminar dimulai, dapat sms dari teman yang lain yang mengatakan akan ikut seminar tersebut. Pikir saya, akan ramai dan seru kalo bareng-bareng nyari ilmu. Tetapi saat keesokan paginya ke kosan dia, wah jam 8 belum ada gerakannya, hanya dengkuran nafas dan bau-bau alias masih tidur.

Eh tahunya, dia tidak jadi ikut karena katanya malas, tidak dapat sertifikat, ngabis-ngabisin ongkos saja. Saya pikir, kita bukan nyari sertifikat tapi nyari ilmunya dan pengalaman. Apakah sertifikat menjadi tolak ukur kemampuan seseorang, tidak juga.

Akhirnya saya dan Moses saja yang pergi. Diperjalanan kami nyasar. Moses bilang pernah pergi kesana, sedangkan saya belum pernah kesana, hanya dengar saja dari beberapa pembicaraan dengan teman. Tapi alhamdulillah sampai, suasana dan kondisi kampusnya sama seperti di UNIKOM namun lebih elegan dan bersih.

Acara dimulai tepat waktu jam 9.15. Dibagi menjadi 4 sesi, First Session : Hackers and Their Threats oleh Cristian A. Candra, M.T. (Program Director Master of Security Science Maranatha Christian University). Sesi ini membicarakan tentang Hacker, focus pembicaraan tentang Black Hat Hacker (Hacker Jahat) dan apa saja kegiatannya. Alhamdulillah sesi ini saya dapat sedikit ilmu tentang cara hacker masuk dan mengancam ke jaringan.

Second Session : Hardening Your Security oleh Arif Jatmoko, B.Sc. (Enterprise Risk Services Deloitte Touche Tohmatsu) membicarakan tentang bagaimana cara memperkuat security kita dari alat-alat sampai ke managemen suatu perusahaan. Sesi ini agak susah saya pahami karena pembicara menggunakan kata-kata yang khusus di dunia keamanan jaringan tapi alhamdulillah ada beberapa yang paham, yang penting pernah dengar dan akan saya explore lagi di internet.

Akhir sesi kedua ini, rencananya saya dan Moses akan balik tuk mengikuti perkuliahan pemrograman Delphi tapi saat dimulai sesi ketiga, respond dan anima peserta seminar naik dan terasa beda sekali dengan sesi sebelumnya. Ternyata eh ternyata, memang pembicaranya adalah tamu special di seminar tersebut. Vice President EC-Council, suatu badan atau perusahaan sertifikasi terkenal di bidang keamanan jaringan. Dihantam dech perkuliahan Delphinya walau hati saya was-was dan takut karena baru pertama kali cabut dari kuliahan. Ah ini yang pertama dan yang terakhir..

Sesi ketiga, Third Session : Between Security Executives and Technical Teams oleh Sean Lim (Vice President EC-Council, USA) membicarakan tentang awal dari keamanan jaringan sampai betapa penting keamanan jaringan pada perusahaan kita. Beliau menjelaskan dengan menggunakan bahasa Inggris, sehingga beberapa pembicaraannya tidak saya pahami. Duh bahasa Inggris niy, harus bisa..harus bisa..pasti nanti bisa…

Sesi terakhir dibawakan oleh Albert Lay (Presales Consultant Symantec Indonesia) yang intinya adalah menjelaskan tentang bagaimana proses dan cara kerja serta teknologi terbaru dari Symantec yang bukan hanya pada Norton-nya tapi beberapa solusinya pada keamanan jaringan.

Akhir dari seminar tersebut, saya senang sekali karena gak nyangka ternyata mendapat sertifikat. Maksud dari 50 pendaftar pertama adalah mendapatkan hadiah special sedangkan sertifikat tetap diberikan ke semua peserta. Paling seneng saat sms Wahyu, ternyata perkuliahan pemrograman Delphi ditiadakan karena dosennya tidak hadir. Alhamdulillah..ada niat pasti ada jalan untuk dimudahkan.

Berangkat dari jam 7.30 sampai pulang ke kosan jam 15.00, huh cape, belum makan nasi dari pagi, cuma snack dari seminar dan gorengan yang dibeli di jalan dengan Moses. Badan lemas tapi alhamdulillah syukur dapat ilmu dan pengalaman.

Beberapa hal yang saya fokuskan dari seminar saharian itu adalah : Pertama, pengen bangat bisa bahasa inggris dengan lancar, saya hanya mengerti yang seseorang katakan namun susah merangkai kata untuk membalasnya. Kedua, betapa pentingnya keamanan jaringan pada perusahaan, serta juga betapa pentingnya seorang yang mengerti keamanan jaringan pada perusahaan. Ketiga, sertifikasi di bidang tertentu itu sangat dibutuhkan dan merupakan syarat mudahnya mendapatkan pekerjaan. Namun betapa mahalnya mengikuti sertifikasi yang mungkin menjadi hambatan saya untuk mengikutinya. Berharap suatu hari nanti bisa mengikutinya.

Terakhir saya mengucapkan syukur alhamdulillah telah dimudahkan dalam mencari ilmu, terimakasih sama Moses yang telah menemani, juga dengan panitia seminar Maranatha. Walaupun ada kesalahan teknis masalah listrik, namun acara tetap bagus dan keren bangat. Jadi tambah lagi ilmunya niy….kapan-kapan moga bisa buat seminar yang lebih baik lagi di Maranatha.

About these ads

One thought on “Seminar di Maranatha Bandung

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s