Setting Jaringan Peer To Peer

Sehubungan semester ini banyak tugas yang menuntut ada koneksi antara 1 komputer lebih. Mau gak mau saya search n search cara setting komputer ke komputer atau kadang disebut jaringan peer to peer. Biar gak cepet hilang ilmu yang udah didapat, saya dokumentasikan di blog pribadi saya sekalian share untuk yang sedang cari bahan ini juga.
Berikut ini adalah langkah-langkah sederhananya.
[ langkah pertama ]

Siapkan terlebih dahulu alat-alat untuk mengkoneksikan komputer satu dengan komputer yang lain seperti kabel jaringan, RJ45, Clipping Tool. Lebih cepat lagi bila langsung kita beli saja di toko-toko aksesoris komputer yang menyediakan kabel jaringan langsung dengan pemasangan RJ45-nya. Bilang saja beli kabel jaringan peer to peer, komputer ke komputer.

[ langkah kedua ]
Sudah dapat kabelnya, lalu masukan tiap ujung kabel ke komputer yang ingin dikoneksikan. Bila sudah pastikan driver LAN Card sudah terinstall pada tiap komputer masing-masing. Cara lihatnya di Klik Properties My Computer, lalu arahkan ke Tab Hardware, lalu pada Device Manager, klik Tombol Device Manager. Cek di Network Adapter komputer masing-masing. Bila sudah terinstall dengan baik. Lanjut kita ke langkah selanjutnya.

[ langkah ketiga ]
Sekarang kita setting alamat tiap komputer (ip address). Caranya, masuk ke Control Panel – Network Connections – Klik 2 kali Local Area Connection – Klik Tombol Properties.
Pada tulisan “This connection uses the following items : “, arahkan ke bawah pada kata “Internet Protocol (TCP/IP)”, lalu Klik 2 kali, lalu arahkan ke “Use the following IP Address” .

Pada IP Address isikan : 192.168.1.1
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : (kosongkan)

Bila sudah, klik Tombol OK saja.
Lakukan langkah ketiga pada komputer satunya lagi dengan settingan IP :

Pada IP Address isikan : 192.168.1.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : (kosongkan)

[langkah keempat]
Bila sudah lakukan testing apakah koneksi sudah bisa atau belum, caranya masuk ke CMD komputer yang memiliki alamat IP 192.168.1.2 lalu ketikan :

ping 192.168.1.1 –t

Enter, lalu lihat pesan yang muncul.
Bila pesan yang muncul,

Reply From 192.168.1.1 : bla..bla..bla

Berarti koneksi sudah terpasang dengan baik.
Bila pesan yang muncul,

Request Time Out

Berarti koneksi gagal. Penyebabnya ada banyak, tapi biasanya adalah :

  1. Kabel Jaringan tidak sesuai dengan jaringan yang ingin dipasang. Maksudnya kabel untuk peer to peer digunakan untuk kabel komputer ke hub. Atau mungkin saja kesalahan pada proses memasang RJ45.
  2. Setingan IP Address tidak dalam satu lingkup. Maksudnya adalah bila komputer A diseting 192.168.1.1 maka komputer B mesti dalam satu jaringan komputer A yaitu 192.168.1.[2-254].
  3. Firewall tiap komputer sedang aktif. Untuk menonaktifkan Firewall, masuk ke Control Panel – Windows Firewall – lalu Klik 2 kali dan nonaktifkan.

Sampai disini, mungkin cukup untuk menjelaskan setting jaringan peer to peer. Bila ada masalah saat proses setting, silakan komentar saja.
Semoga bermanfaat, keep study n share 

About these ads

6 thoughts on “Setting Jaringan Peer To Peer

  1. david :

    klo masalahnya ga mo share data knapa ya…
    muncul pesan kayak gini “…..accesbilyti no permission….” napa ya..

    gak nyambung dengan artikel
    tp coba saya jawab,

    dari pesan errornya,,
    “gak diperbolehkan untuk mengakses…”

    mungkin komputer kamu limited,,coba aja setting ulang..
    tau kan cara instalasi share data…?

    controlpanel-network connections-network setup wizard

    trus next aja terus..sesuaikan dengan kebutuhan david.

    moga bisa bantu,,sory telat balees..

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s