Ceriakan harimu dengan Sunnah

Merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seorang muslim adalah menata kehidupan kesehariannya dalam koridor sunnah Rasulullah. Tak secuilpun ucapan dan seluruh gerak polahnya luput dari petunjuk Nabi mulya. Hingga menjadikan totalitas hidup ini berwarna dengan bimbingan nubuwwah dari semenjak semburat fajar hingga Matahari tenggelam diperaduan.
Itulah manifestasi dari Firman Allah, “ Katakanlah (Wahai Muhammad) apabila Kalian benar-benar mencintai Allah maka ikutilah Aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu…” (Ali-Imran:31).
Tentunya salah satu manifestasi dari bentuk ittiba (mengikuti) Nabi adalah dengan melakukan semua sunnah yang Beliau lakukan.
Sunnah disini berarti suatu perbuatan yang apabila dilakukan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan ada ancaman siksa atau lazim kita kenal sunnah menurut ahli fiqih.
Kalaulah seorang muslim memiliki tekad kuat melaksanakan seribu sunnah dalam sehari semalam, maka dalam hitungan bulan ia bias melaksanakan sekitar tiga puluh ribu sunnah.
Sebaliknya, kita perhatikan orang yang tidak mengetahui sunnah-sunnah tersebut atau mengetahuinya tapi tidak mau mengamalkannya, berapa banyak kebajikan yang luput darinya, atau tidak sempat dienyamnya?
Sebagai tasyji’ (motivasi)nya, orang yang konsisen melaksanakan sunnah nabi akan memetik manfaat yang banyak, diantaranya :
1. Memperoleh kecintaan dari Allah
2. Sunnah yang dikerjakan menjadi penutup dan pelengakap kekurangan dari ibadah-ibadah wajib yang dikerjakan.
3. Mendapat penjagaan dari Allah agar terbebas dari bid’ah.
4. Melakukan Sunnah berarti telah melakukan perbuatan yang masuk dalam kategori pengagungan syiar-syiar agama Allah.
Insya Allah nanti Saya akan menampilkan beberapa sunnah Rasul dalam posting berikutnya.

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s