Pingin Jadi Programmer yang Handal?

Menjadi programmer itu adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena kerjaannya gitu-gitu doang cuman nongkrong di depan komputer or laptop. Dibilang susah ya bisa juga sih, soalnya programmer itu bisa dibilang kerjaan “banci”. Lho kok banci sih? emang kenapa?apanya yang salah?

Tugas utamanya programmer itu kan menterjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin. Yang menjadi masalah orang yang minta diterjemahkan itu latar belakangnya beda-beda, misalnya ada boss yang punya perusahaan jual beli, ya berarti boss tsb tentu minta si programmer untuk menterjemahkan manajemen penjualan versi si boss ke komputer kantor. Ini beda lagi kalo si programmer tersebut ketemu sama bossnya manufaktur, tentu saja boss perusahaan penjualan beda bahasanya dengan boss manufaktur. Dan masih banyak lagi tipe orang-orang yang harus dikenali sama si programmer tadi. Nah pada saat si programmer tadi ketemu tipe orang satu dengan yang lain, maka si programmer tadi harus memahami gimana alur pemikiran dan cara kerja masing-masing orang tadi, misal ketemu sama boss manufaktur si programmer juga harus paham proses manufaktur, atau kalo ketemu boss perusahaan retail ya programmer juga harus tau retail itu gimana. Dari sinilah maka sebenarnya bisa dikatakan programmer itu adalah suatu pekerjaan “banci” dan tidak ada disiplin ilmu yang mengikat. Kalo perlu semua harus bisa *nah lho..mabuk gak??*

Akan tetapi dari gambaran tersebut diatas, seorang programmer masih bisa berpikir secara cerdas bagaimana cara ngakalinnya supaya si programmer itu bisa menguasai permasalahan yang ada. Nah jika si programmer itu mampu menguasai permasalahan yang ada dan dia mampu mencarikan solusi yang tepat, maka saat itulah si programmer tadi akan mendapat gelar “Programmer Handal”.

Apa yang harus dilakukan jika ingin menjadi seorang programmer yang handal?

  • Si Programmer tsb harus pinter menggambar. Menggambar yang dimaksud disini bukan menggambar artis, model atau gambar parno akan tetapi si programmer tsb harus pinter menggambarkan alur sistem informasi yang dia temui dilapangan. Tata cara menggambar sistem informasi ini kan banyak sekali mulai dari DFD,IOFC,POFC, Normalization, Flowchart, ER Model, UML dan lain sebagainya. Nah kalo bicara mahir atau nggaknya, biasanya hanya pengalamanlah yang menentukan. Semakin sering berlatih, maka si Programmer ini akan semakin jeli dan pintar ketika menghadapi sebuah masalah sehingga mampu untuk menggambarkannya ke lambang-lambang yang mudah dimengerti orang lain.
  • si Programmer ini juga harus pandai berbicara dan gaul (istilah jawanya blater), tapi bukan pintar berbicara jorok atau ahli rayuan gombal lho :p. Pandai berbicara ini maksudnya kalo diajak ngomong orang itu cepet nyambung, jangan hah..hoh kayak kerbau kepanasan :p. Jadi kalo suatu saat ketemu sama orang yang bermasalah, maka si programmer tsb cepet tanggap dan mampu mencarikan solusi se-simple mungkin dan sekreatif mungkin. Sekali lagi ini perlu banyak belajar dan pengalaman juga.
  • si Programmer tidak boleh gaptek, lah kalo ada programmer yang gaptek ya dibuang aja ke laut selatan biar jadi sarapan paginya nyi blorong. Makanya biar gak gaptek sering-sering baca majalah, koran, artikel, internetan, aktif di milist, chatting dan sebagainya. Tentu saja kalo sering nge-net tapi cuman berburu gambar atau film parno ya nggak termasuk golongan ini. Sekarang untuk nyari sesuatu di internet kan gak susah, cukup modal google, yahoo, wikimedia atau search engine lainnya kan sudah OK punya to? paling yang perlu diperhatikan keyword-nya aja kok. Intinya biar gak gaptek kita harus sering baca, kata om Tantowi Yahya “banyak membaca itu akan pintar, nah pintar itu dekat dengan kekayaan, kalo bodoh akan dekat dengan kemiskinan”. Hayo ada yang punya cita-cita pingin jadi orang miskin? nggak ada kan? apalagi miskin ilmu widihhh mending mati aja deh, masuk neraka gratis kok *just kidding*
  • programmer itu harus jago copy-paste. Lho kok copy-paste sih, maksudnya apa? Programmer itu dekat sekali sama teknologi, teknologi itu beda tipis sama rajin eksperimen. Tapi kalo semua programmer eksperimen sendiri-sendiri, terus kemajuannya seberapa cepat? sesakti apakah kita ini? padahal kalo kita amati di internet, banyak kok ahli-ahli yang ngasih tulisan gratis, baca gak bayar kok kecuali koneksi internetnya yg harus bayar :p. Nah kalo udah dibaca ya tentu saja diketik ulang sebagai sarana eksperimen kita. Tapi sekarang komputer kan udah canggih, jadi dari pada ngetik ulang lebih baik copy-paste aja biar lebih cepet. Lho kalo cuman copy-paste trus konsep teknologinya gimana? kan lama-lama jadi gak tau dong. Iya itu emang itu resikonya, tapi yang jadi pertanyaan apakah kalo kita tahu konsepnya terus akan dibayar orang? tentu saja jawabannya belum tentu, kadang orang nggak mau tau konsepnya seperti apa yang penting programnya jadi dan gak perlu waktu lama untuk bikinnya gitu lho. Konsep mah gampang, ntar kalo sering dicoba-coba lama-lama akan tau dengan sendirinya.
  • programmer itu harus pinter ilmu salon kecantikan. Lho kok? iya dong siapa sih yang nggak suka kecantikan? jangan munafik lah? Maksudnya cantik disini bukan orangnya atau pacarnya yang cantik, tapi desain tampilan programnya itu yang harus cantik. Nah kecantikan ini bukan berarti harus banyak gambarnya atau banyak kata-kata mutiaranya, tapi cantik itu seharusnya tampilan programnya itu simple, nggak aneh-aneh sehingga orang lain bisa mengerti apa yang diinginkan sama programmernya tadi dengan cepat tanpa perlu belajar susah-susah. Contoh seperti google, disitu cuman ada satu input, beberapa radiobutton sama beberapa button aja, tapi dengan konsep semacam itu orang jadi gampang make’nya. Nah kalo ini sih kita harus banyak belajar dan nyari contoh-contoh ilmu kecantikan di internet πŸ™‚
  • si programmer itu harus pinter nulis, bukan nulis surat cinta lho, tapi nulis yang dimaksud disini adalah aktif nulis artikel, buku atau apa ajalah yang bisa dipelajari orang lain. Kata orang “setajam-tajamnya pikiran kita, masih lebih tajam sebatang pena”. Ini artinya apa? sepandai-pandainya kita,kalo kita nggak rajin menuliskannya maka lama-lama akan lupa juga. Kalo lagi di forum atau milist programmer itu juga harus bisa menjadikan dirinya sebagai bagian dari solusi bukan bagian dari masalah. Makanya kalo di milist itu yang rajin menjawab pertanyaan, bukan kita bermaksud sok pamer lho, tapi kan membantu orang lain itu kan nggak ada salahnya to? lumayanlah buat modal tiket ke sorga walaupun dikit. Ini juga sebagai sarana promosi diri kita agar supaya lebih dikenal orang lain, siapa tau tanpa ikut Indonesian Idol atau Mama Mia kita bisa jadi artis di dunia maya, tul gak?
  • programmer itu harus rajin berdo’a. Nah do’a itu penting biar kita dekat sama yang Diatas sana. Kita harus sadar bahwa kita ini makhluk yang bodoh, tanpa ada amanah ilmu dari yang Diatas tentu kita tidak bisa apa-apa. Makanya kita harus rajin-rajin minta petunjuk, siapa tahu yang Diatas memberikan sedikit ilmunya buat kita. Tapi kalo kita sudah dikasih ilmu sama yang Diatas, seharusnya kita juga gak boleh pelit membagi ilmu kita ke orang lain. Percaya deh semakin banyak kita membagi ilmu kita ke orang lain, maka yang Diatas pun tidak akan pernah bosen ngasih ilmu ke kita.

Segitu aja deh, selamat mencoba mudah-mudahan kesuksesan selalu menyertai kita semua..Amien..

Tulisan ini saya dapat dari internet, maaf tidak mencantumkan penulisnya. Punten pisan lupa link nya

Iklan

22 thoughts on “Pingin Jadi Programmer yang Handal?

  1. Wira : Wah gituh ya Mas…kalau boleh ajarin donk..trus Saya masih gak ngerti apa yang harus saya mulai tuk masuk ke dunia IT ini..

    Chayine : Ya bagi-bagi ilmu aje donk..Mudah-mudahan berguna buat yang baca.

    Ade: WalaikoemSalam..Mangga atuh Mas…
    sempet ke Blog kamu De, jujur bingung kalo pake Blogspot. Mending buat pemula pake WordPress aje..Lebih mudah dan nyaman. Blogspot untuk kalangan yang sudah mahir.

  2. Wah…setelah saya baca artikel yg ditulis sama penulis itu yg gak punya nama, ternyata ilmu saya masih kurang jauh mas…makanya saya kepingin jadi seorang programmer yang handal dan baik…pingin tau gimana sih kalau jadi orang yg dicari-cari..buat maksud kebaikan dunia…
    tolong deh antarin artikel2-nya yg bersifat membangun ke e-mail saye nih..biar saye baca2 untuk menambah ilmu gicu…
    makasih ya….

    wassalam

  3. nice sharing kaka.., aku lagi frustasi akan menjadi programmer ka..coz tiap diajarin ga pernah nyambung sama istilah dosen syntacnya kemana itunya kemana hehehe…, lagi frustasi2 nya ngecek2 google tentang jadi programmer eh ketemu artikel kek gini…, wah berguna banget..,bikin semanget lagi.. intinya jadi seorang programmer itu harus selalu mengasah kemampuan..,bergaul,ga gaptek dan yang pasti dekat sama yg di atas πŸ™‚

  4. emang bedanya web programer ma progremer (dekstop tu apa)? nd diartikel ni juga ga di kasi tau langkah awal ampe yang terakhir gi mana cra jadi progremer yang handal

  5. bagus bgt deh artikel ne,, jdi tambah semangat aje nih untuk melanjutkan perjuangan,,
    aku juga punya cita2 mau jadi seorang programmer yang handal,, baik itu programmer dekstop ato programmer web,, yang penting kan dua duanya tetep bisa menghasilkan,, dan juga,, sering2 update artikel kya gini yo mas..

  6. kalu boleh tukar pengalaman,, bagai mana pemrograman vb6 itu karna saya kurang menguasai kode2nya… nikan lg merancang program…. lg binggung kalau boleh tau solusinya gi mana???

  7. bro all, ni mau curhat dikit.. langsung aja yah..
    saya anak ke 7 dari 7 bersaudara..

    cita2 saya ingin jadi pelukis, tapi gara kaka gua sering liat sy di dpn laptop, jadi dia berpikir gua sukanya ilmu komputer, jadi waktu pas tamat di SMA,sy disuruh daftar di, Stmik dipanegara Makassar.. tapi sy bilang ia ia ajah, alasan gua bilang ia ia ajah, krn gua pikir itu, ilmu komputer gampang2 sj, ternyata rumit harus bisa algoritmalah, Kalkuluslah, logika, bahasa pemograman, dan masih banyak lagi,, sy gk tau harus bagai mana, sy sudah semester 3.. dan sy di wajibkan dari keluarga sy harus bener2 bisa jadi seorang IT profesional,, kalau saran anda semua bagai mana yah,, sy harus bagai mana,, dan apa langkah2 sy untuk menjadi Programmer.. tolong bantuannya ya Sob.. makasih sebelumnya,

    nii no hp sy cantumkan 082346562788
    sy tunggu ya broo,.
    HElp myy..

  8. @Amril : halo mas amril, nanti ada jalanya mas kalo mas tetep fokus ke bidang IT ini. Saya dulu lulusan SMK Mesin, mainannya oli, gergaji, mesin bubut dll. Setelah lulus, kuliah ambil komputer. Awalnya memang “suka dulu” di komputer, nanti berjalannya waktu, mas bisa pikirin hal lain yg bisa buat mas kembangin ilmu mas.

    Algoritma logika, kalkulus dll itu dasar yg mesti mas pegang. Emang sih awalnya saya juga bingung, “ini dosen ngomong apa ? trus buat apa di komputer teh ? dan beberapa pertanyaan aneh lainnya ?”. Setahun kuliah di luar kota, jauh dr orang tua malah tambah mumet. Kuliah gini gini doank, gak ada sesuatu yg “nyata”. Lalu Semester 3 saya, saya ambil matkul semester 5 dan di semester 5 itu kebetulan ada matakuliah yg mengharuskan buat aplikasi nyata. Dari situ saya mulai paham, betapa pentingnya algoritma itu. Jalan di semester 5, saya dapet projekan dari orang lain melalui blog ini. orang lain tahu saya bisa buat program karna ada program tugas kuliah yang saya buat lalu saya share di blog ini.

    Langkahnya ? ya mulai ngelangkah aja mas, jangan banyak mikir, modal saya buat aplikasi itu nekat, tidur kurang, minum kopi-nya jadi ketagihan. Buat aplikasi sederhana dulu, udah jadi terus share di blog, nanti ada tanggepan dari temen-temen yang masuk ke blog kita. Dari situ dapet masukan banyak. Jangan lupa mampir ke forum-forum bahasa program yang mas suka, daftar ke milis juga, karena orang-orang dimilis itu lebih pengalaman dibanding di forum-forum mas..

    Satu lagi, tiap orang punya pengalaman masing-masing..jadi pahami, jangan selalu diikuti. Nanti ada jalannya mas..yakin deh..saya dulu pernah kaya mas jg πŸ™‚

    moga bisa ngebantu..:)

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s