Siap menjawab wawancara karyawan IT

Tulisan dari endymuhardin
Setelah beberapa kali mewawancara calon programmer baru, saya menemukan bahwa cukup banyak dari kandidat pelamar kerja, baik fresh graduate maupun yang (ngakunya) experienced masih belum memahami beberapa pengetahuan dasar.
Entah apa sebabnya. Beberapa kemungkinan bisa saya perkirakan, sebagai berikut:
• Tidak diajarkan di kuliah
• Diajarkan, tapi mahasiswa bersangkutan lebih banyak dugem daripada kuliah
• Diajarkan dan pernah mengerti, tapi karena jarang digunakan jadi lupa
Apapun masalahnya, yang jelas kenyataan ini sangat memprihatinkan. Indonesia tidak akan maju jika bibit tenaga kerjanya mudah merasa cukup.
Secara pribadi, saya punya standar sendiri dalam melakukan seleksi. Jadi buat yang mau melamar kerja, silahkan berlatih. Siapa tahu Anda berhadapan dengan saya di meja wawancara
Berikut menu wajib programmer:
• Konsep dasar sistem operasi.
• Konsep dasar jaringan.
• Konsep dasar relational database.
• Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH.
• Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode.
• Lebih dari satu bahasa pemrograman.
• Cara menggunakan Version Control.
Berikut pertimbangannya.
Kebanyakan dari programmer Indonesia biasanya membuat aplikasi di atas sistem operasi, sehingga banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memahami cara kerja sistem operasi. Pendapat ini boleh saja, kalau Anda adalah staf akunting yang kebetulan dipaksa bos untuk membuat aplikasi general ledger. Untuk programmer profesional, pemahaman ini akan membuat Anda lebih siap untuk membuat aplikasi server yang biasanya multithreaded dan harus efisien digunakan dalam waktu yang lama.
Pemahaman mendalam di salah satu sistem operasi juga merupakan nilai tambah yang signifikan. Dengan mengetahui struktur internal sistem operasi (misalnya Linux), kita dapat mengetahui berbagai pertimbangan dalam merancang aplikasi besar yang terus berkembang.
Saat ini, kalau kita harus membuat aplikasi, besar kemungkinannya aplikasi kita tidak berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan dengan internet, melayani banyak pengguna, atau berhubungan dengan perangkat lain seperti handphone atau PDA. Untuk itu, pemahaman atas konsep jaringan sangat penting.
Tes sederhana untuk menguji pemahaman Anda. Coba jelaskan proses yang terjadi mulai dari Anda mengetik http://endy.artivisi.com di browser Anda, sampai halaman ini terbentang di depan mata Anda. Dengan mendengarkan jawaban Anda, saya akan tahu kualitas Anda. Jawaban yang saya harapkan mengandung istilah name-resolve, http-request, virtual directory, query database, HTML response, dan CSS. Kalau Anda menyebutkan (apalagi menjelaskan) tentang routing, gateway, proxy, port 80, saya akan lebih senang lagi.
Tentang relational database. Saya tahu ini pasti pernah diajarkan di kuliah. Jadi lulusan informatika dan sejenisnya jangan bilang belum diajarkan. Yang saya maksud bukan sekedar sintaks SQL. Sintaks itu gampang, bisa dicari dengan mudah di internet. Yang saya inginkan adalah penjelasan tentang Boyce-Codd Normal Form, lengkap dengan contoh kasusnya, di luar kepala. Kalau sudah bisa menjelaskan ini, inner join, subquery, union, itu perkara sepele.
Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet. Jangan salah, ini bukan tentang sintaks HTML atau CSS. Jadi apa? Begini, coba tampilkan halaman website ini dengan menggunakan telnet. Benar, bukan browser, tapi telnet.
Kalau sudah bisa browsing dengan telnet, sekarang coba untuk baca email via telnet. Menggunakan protokol POP3 atau IMAP tentunya. Punya account Gmail kan? Hare gene gak punya? Ya bagus, kalo punya coba aktifkan fitur POP3nya, setelah itu buka dengan telnet.
Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer orang Jepang atau Korea, atau komputer berbahasa Sansekerta.
Pemahaman lebih dari satu bahasa itu penting agar wawasan kita terbuka. Bahwa tidak ada bahasa yang one-fit-all, bahwa ada cara berpikir yang berbeda dalam tiap bahasa, bahwa komunitas tiap bahasa berbeda budayanya. Semua ini akan berkontribusi dalam pendewasaan kita dalam berdiskusi dan menanggapi perbedaan (terutama pendapat).
Satu lagi, trend bahasa pemrograman adalah, tiap sepuluh tahun, market leader berganti. Dulu COBOL, kemudian C++, sekarang Java. Jadi, kemampuan belajar bahasa baru sangat penting. Bukan cuma bahasanya yang penting, tapi kemampuan belajarnya yang lebih penting.
Di tempat saya bekerja, penggunaan version control adalah wajib. Ini standar (de facto) internasional. Kalau kita punya project opensource, baik di Sourceforge, Apache, Codehaus, dan semua hosting project opensource, pasti kita akan diberikan version control. Silahkan download dan coba gunakan CVS atau Subversion.
Ok, itu standar minimal saya. Menurut Anda terlalu sulit? Hmm .. kalau begitu menjadi programmer nampaknya kurang cocok buat Anda. Silahkan coba karir lainnya, misalnya notaris atau sopir busway

Iklan

10 thoughts on “Siap menjawab wawancara karyawan IT

  1. Kayanya ini bukan minimal deh 😀 jujur saya baru ngerti ngejabarin dari mulai ngetik URL sampai di render oleh browser, baru beberapa tahun ini ngerti, waktu kuliah ngga tau tuh, jadi kalau anda sebagai HR (HR mana ngerti ginian) atau manager IT yang mengharapkan calon karyawannya minimal seperti itu (apalagi fresh graduate), dijamin gabakal dapet deh 😀 paling dapet orang pengalaman yang mintanya 2 digit dan angka depannya 3, so siapkah? (menggaji saya) (ini standarnya ifnu kali :D)

  2. @ KoronX :
    sebelumnya,,maaf ini artikel saya copas dari salah satu blog,,tp lupa…

    saya sendiri bukan HR ato Manager IT,…

    klu saya jadi HR,,khususnya di bagian IT,,saya lebih konsen sama karyawan yg MAU BELAJAR hal BARU n mengerti konsep dasar bidangnya…

    mungkin seperti itu mas,,,

  3. @Adiputra : sekarang sih carinya yang good attitude, percaya deh, utilisasikan ilmu HR dan psikologi kalo interview orang (saran untuk orang HR dikantornya)

  4. saya pernah ditanya oleh salah satu HR
    HR : “selain itu skill apa lagi yang anda miliki”
    saya : “anda punya budget berapa?”

    sumpah, mukanya langsung mikir…terkadang apa yang saya lihat di lamaran dan lowongan kerja adalah permintaan manusia robot dengan gaji kurang dari kepala 3, gaji dikit tapi bisa semua…

  5. @ mas Yudo :
    hehe,,manteb mas,,setuju bgt,,
    kadang lowongan kerja tuh ndak nyambung,,misalnya minta skill java skalian skill ajax-php..jadi klu sy liat syarat2 kerja kaya gituan..langsung sy close aja..:)

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s