Beberapa Kelebihan Linux

Selain merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan setiap orang secara gratis, linux juga mempunyai banyak keunggulan, antara lain :

  • Open Source, Linux memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal, atau mengubahnya sesuai dengan kebutuhan tanpa terkena sanksi property right di bawah lisensi GNU.
  • Freeware, hampir semua software yang digunakan gratis tanpa bayar sehingga menghemat biaya bagi pengunanya.
  • Minimal Hardware, Linux hanya memerlukan sedikitnya Processor Intel 386 DX, dengan RAM minimal 8 MB serta kapasitas harddisk minimal 85 MB.
  • Stabilitas yang bagus, contohnya dilingkungan kantor, Linux biasa digunakan sebagai server. Jika sudah dikonfigurasikan dengan benar untuk perangkat keras, pada umumnya Linux berjalan tanpa perlu reboot (di hidupkan ulang) hingga perangkat kerasnya tidak ada tegangan listrik atau memang sengaja dimatikan. Umur hidup sistem yang berkelanjutan hingga ratusan hari atau lebih merupakan hal yang sudah biasa.
  • Shared Libraries, Linux menggunakan Shared Libraries sehingga memungkinkan untuk menginstal versi baru Linux tanpa merusak keterkaitan program lain. Sedangkan aplikasi windows menginstal aplikasi barunya dari DLL (Dinamic Link Libraries) sehingga berpengaruh pada program lain.
  • Non Fragmentasi, tanpa defrag dalam windows yang memungkinkan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat, mengedit, dan menghapus file tanpa kawatir terjadi fragmentasi pada data atau program yang ada. Hal ini karena Linux memakai sistem file EXT2FS (Second Extended File System) yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis.
  • Kebal Virus, Linux mewarisi tradisi Unix dengan mendukung adanya file permission (izin file), yang dapat mencegah perubahan atau penghapusan file tanpa seizin dari pemiliknya. Selain itu, Linux juga merupakan sistem operasi terbuka, sehingga rasa kebersamaan yang ditimbulkannya membuat linux adalah milik setiap orang, bukan hanya milik pembuat atau pengembangnya.
  • Bugfix, Masalah keamanan yang menyangkut sistem operasi itu sendiri biasanya cepat sekali diumumkan beberapa jam saja setelah ditemukan, diikuti dengan bugfix, workaround, advisory, dan sebagainya.
  • TCP/IP , Linux mempunyai native protocol TCP/IP sehingga semua yang memanfaatkan TCP/IP akan dapat dilakukan lebih cepat dibanding sistem operasi lain Non-Unix sehingga resource komputer yang dibutuhkan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan sistem operasi lain.
  • Multi User, Linux dapat digunakan oleh satu atau lebih orang untuk menggunakan program yang sama atau berbeda dalam suatu mesin yang sama pada saat bersamaan, di terminal yang sama atau berbeda.
  • Multiconsole, Dalam satu komputer, pengguna dapat melakukan login dengan nama user yang sama atau berbeda lebih dari satu kali, tanpa perlu menutup sesi sebelumnya. Multiconsole dapat dilakukan pada Linux karena Linux merupakan Non-Dedicated Server, tidak seperti Novell Netware versi 4 ke bawah yang bersifat Dedicated Server. Pada Non-Dedicated, user dapat bekerja seperti halnya melalui klien menggunakan komputer server selagi server bekerja melayani klien-klien yang ada.
  • Multitasking, yang memungkinkan Anda mengakses data, atau mengeksekusi suatu program secara bersama-sama pada konsol yang berbeda tanpa takut terjadi stack atau hang pada sistem operasi. Anda bahkan bisa mengcopy, mengedit, menghapus satu file atau data secara bersamaan pada saat data dan file tersebut dieksekusi/di loading.
  • Login User, Linux memiliki login user atau operator yang tidak terbatas jumlahnya sehingga memungkinkan pemakai hingga 254 klien secara bersamaan, dan dilengkapi dengan password.
  • Akses Sistem File, Linux mendukung 34 macam akses sistem file yang berbeda, antara lain FAT16, FAT32, NTFS, HPSF, MINIX, UFS, SCO, XENIX, Apletalk, Marsnwe, dll
  • Emulator, Linux menyediakan Emulator untuk menjalankan aplikasi yang didesain untuk sistem operasi yang berbeda, misalnya :
    1. DOSemu (DOS emulator), untuk menjalankan aplikasi DOS.
    2. WINE (Windows Emulator), untuk menjalankan aplikasi windows 16 bit dan beberapa aplikasi windows 32 bit.
    3. Executor, untuk menjalankan aplikasi Macintosh.
    4. IBCS, untuk menjalankan file executable FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, SCO UNIX, dll
    5. Dengan menggunakan VMWare, linux bisa menjalankan windows dan windows NT

Dan banyak lagi keunggulan Linux yang Saya tahu..Dan kelemahan yang Saya rasakan setelah mencoba memakai Linux adalah kemudahan dalam menggunakannya karena mungkin terlalu lama dengan sistem operasi windows…

18 thoughts on “Beberapa Kelebihan Linux

  1. Em bagus, thanks y mas atas share pengetauanny. Tp blh tny g? Versi linux yg plng bgus apa y? Apa bedanya siFEDORA,REDHAT,dkkny yg mendasar? Tlng djwb and thank u very much

  2. Evan : waduh maaf mas Saya juga masih newbie tentang linux lagi nyari2 ilmu tantang linux juga.
    nanti kalo dapet ilmu lagi saya posting dech..maaf yach…

  3. ibat :
    beli komputer, beli atau download OS Linux, masuk ke forum linux indonesia, dan cari ilmu dimana aje…latihan membuat kita agak sempurna, walaupun manusia gak sempuna..

  4. gw baru mau coba pake linux neh.memang sebenarnya kalo diliat linux lebih unggul dari windows.cuma pengguna linux kan masih sedikit sehingga software2 yg orang ciptakan kebanyakan untuk windows.susah kalo mau cari software untuk linux.apalagi untuk driver notebook..
    bagaimana tanggapan anda?mohon pencerahannya…

  5. @Daniel :

    Masyarakat Indonesia udah dimanjain ama yang namanya Windows,,kini saat’y untuk mandiri dan bebas dari pembajakan,,mengenai software2 dan driver,,kini tiap vendor distro di dunia selalu berusaha membuat linux menjadi lebih baik lagi,,dari waktu ke waktu pasti linux akan flexible..jadi mulai yuk,,minimal ada niat lah buat make boz,,jangan windows wae…mungkin itu aja pendapat gw kedepan tnt linux walau kadang gw juga keteteran ma ribetnya linux..he

  6. Ping-balik: Siap Hijrah Dari Windows Ke Linux « DUNIA OFFLINE DAN ONLINE

  7. Ping-balik: LINUX : RAHMAHSUCI.COM

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s