Sistem Pencernaan

Konsep Sistem

Sistem adalah suatu kumpulan objek yang saling berkaitan dan saling bergantungan secara tetap (reguler) untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Contohnya adalah Sistem Pencernaan Manusia termasuk ke dalam Sistem Kesehatan. Ciri suatu sistem adalah adanya elemen pembentuknya. Berikut ini adalah elemen-elemen dari sistem tersebut :

1. Elemen Input :

a. Makanan

b. Minuman

c. Bernafas

2. Elemen Proses :

a. Organ-organ Pencernaan Manusia

3. Elemen Output :

a. Energi

b. Zat Kotor

Elemen suatu sistem selalu memiliki ciri kualitas. Kualitas tersebut dinamakan atribut (ukuran, berat, harga, warna, bentuk,dll). Kebanyakan hubungan antar elemen terletak pada atributnya bukan karena elemennya. Berikut ini adalah atribut dari sistem di atas :

Makanan dan minuman memiliki atribut berupa jenis makanan dan minuman, jumlahnya, dan lain-lain. Bernafas memiliki atribut seperti banyaknya udara yang masuk, kecepatan bernafas, bersih atau tidaknya udara yang dihirup. Organ-organ Perncernaan seperti Lambung memiliki atribut berupa kapasitas penyimpanan, waktu proses penghancuran, kekuatan dalam memproses makanan atau minuman itu sendiri. Atribut Energi meliputi banyaknya energy yang dihasilkan, besar kecilnya energi, dan lain-lain serta atribut dari zat kotor seperti banyaknya zat yang keluar, waktu zat tersebut keluar,dll.

Perilaku sistem atau tingkah laku sistem adalah aktivitas-aktivitas dari sistem berupa keluaran-keluaran (tindakan-tindakan) dalam rangka bereaksi terhadap rangsangan atau stimulus. Stimulus tersebut datang dari luar sistem atau bahkan dari dalam sistem.

Berikut ini adalah perilaku sistem yang dipengaruhi dari dalam sistem itu sendiri. Kita misalkan inputan makanan, minuman, dan udara (Pernafasan) kelebihan kuantitasnya (banyaknya), kekurangan, dan standar (pas). Proses terhambat maksudnya adalah dalam proses ini ada hal yang menghambat seperti lambung lagi Maag atau sebagainya dan sebaliknya proses yang lancar adalah proses yang standar seperti biasanya. Kita misalkan juga nilai besar dari grafik dibawah ini maksudnya adalah energi yang dihasilkan lebih banyak dari pada zat kotor dan sebaliknya.

Sekian sedikit penjelasan tentang sistem ini. Referensi data ini dari fotocopy modul Pak Galih serta modul tambahannya dan yang lain Saya buat dengan buah pikiran sendiri.

ditulis oleh : I Nyoman Martin Adiputra

NIM : 10107633

Kelas : IF-13

2 thoughts on “Sistem Pencernaan

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s