1001 Alasan Untuknya

Hubungan pertemanan memang sering kali mengalami pasang dan surut. Kadang-kadang terlihat mesra namun di saat yang lain begitu lesu dan saling menjauh. Saat hati saling menjauh muncul dugaan-dugaan di dalam hati. Kata “mungkin” yang berkonotasi negatif pun lebih sering muncul daripada kata “mungkin” yang berkonotasi positif. “Mungkin Dia sudah tidak mau berteman lagi denganku” atau “Dia kan sudah sukses, tak butuh teman sepertiku”. Atau terkadang mampir tuduhan buruk tentang teman Kita itu “Memang Dia sifatnya seperti itu, senang berantam dengan teman” dan lain sebagainya.
Beragam tuduhan, baying-bayang, dugaan, gambaran buruk ada begitu saja di dalam hati dan pikiran. Setanpun menghembuskan pikiran buruk yang semakin meruncingkan hubungan pertemanan.
Dugaan ini akan semakin berkobar bila ada pihak ketiga yang ikut campur merusak hubungan persahabatan yang terjalin. Atau teman Kita berbuat satu atau beberapa kesalahan dengan sengaja atau tanpa sengaja.
Mencari teman memang tak mudah. Namun mempertahankan hubungan pertemanan dalam bingkai kebaikan, saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran lebih tidak mudah lagi. Sesuatu yang terasa mengganjal pada teman Kita, jangan terburu disikapi dengan buruk atau tuduhan miring. Beri seribu satu alasan untuknya. Kejelekan dan kekurangan tak perlu disebarkan pada orang lain. Semoga dengan begitu, Allah berkenan menutupi kejelekan dan kekurangan diri kita di hari kiamat nanti…Amien
Artikel Saya ambil dari majalah El-Fatta edisi 5 volume 8 tahun 2008. Anda dapat masuk ke Majalah ini dengan mengunjungi sitenya di http://www.majalah-elfatta.com

Iklan

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s