Cache Memory…apaan yah?

Cache Memory

 

 

Bagi Anda yang ingin membeli PC atau Laptop yang mempu bekerja dengan baik dan cepat maka Anda harus memperhatikan beberapa hal diantarannya adalah kecepatan processor, kapasitas Ram, Bus Motherboard, Video Cardnya, dan lainnya terutama Cache Memory yang akan Saya paparkan sedikit tentang pengaruh Cache Memory bagi Komputer Anda.

Memory yang memiliki kapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari memory utama. Cache Memory berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan. Cache Memory ini ada 2 macam :

1.      Internal Cache yaitu memory yang terdapat di dalam Processor dan sering dikenal dengan nama First Level (L1). Cache Memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, berfungsi untuk menyimpan data atau hasil pengolahan data sementara yang telah diproses oleh processor.

2.      External Cache yaitu memory yang terdapat pada motherboard yang dikenal dengan Second Level (L2). Cache memory memiliki kecepatan yang lebih cepat dari memory utama, selain itu jarak dari processor ke Cache memory secara fisik di motherboard lebih dekat dibandingkan jarak antara processor dengan memory utama. Cache memori dapat mempercepat kerja dari processor karena akan membantu transper data dari memori utama ke processor. Pada saat processor meminta suatu data dari memori maka processor akan membacanya dari memori utama dan menyalin ke Cache memori. Jika suatu saat berikut processor membutuhkan data yang sama, maka processor cukup mengambil dari cache memori dan tidak perlu mengambil dari memori utama.

Jadi apabila Anda ingin komputer yang cepat maka perlu perhatikan kapasitas cache memorinya. Semakin besar cache memorinya maka semakin cepat processor mengeksekusi data-data atau perintah.

Tulisan dibuat oleh Adiputra dengan sumber dari buku Komputer dan Trouble Shooting.

Iklan

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s