Terapi marah agar berpahala

Islam adalah agama yang luas, semua diatur olehnya. Dari masalah Kenegaraan maupun masalah buang air kecil. Berikut ini adalah beberapa terapi untuk menghilangkan marah kita sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah sholallahu alaihi wasssalam.

1. 1. Memaafkan orang yang berbuat kesalahan kepada kita.

Allah berfirman “dan orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji dan apabila marah, mereka member maaf.” (Asy-Syuro :37)

2. 2. Menahan amarah sekuat mungkin.

Allah berfirman “orang-orang yang berinfak dalam keadaan lapang atau sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” ( Ali-Imran : 134 )

3. Dari Aisyah, ia berkata “Rasul tidak pernah dendam kerena dirinya sendiri, kecuali bila kehormatan Allah dinodai, maka dendam beliau kerena Allah” ( Muttafaqun ’alaih )

Nabi Sholallahu alaihi wassalam bersabda “Barangsiapa yang menahan marah sedangkan ia mampu melampiaskannya, maka Allah akan memanggilnya di depan semua makhluk pada hari kiamat dan disuruh memilih bidadari yang disukainya.”(HR Tirmidzi dan Abu Dawud)

4. 3. Kendalikan diri Kita agar tidak berbuat yang tidak baik saat marah.

Rasul bersabda “Orang yang kuat itu bukanlah orang yang menang gulat, tapi orang yang kuat adalah yang mampu mengendalikan diri ketika marah.” (Muttafaqun alaih)

5. 4. Minta agar ditenangkan oleh teman kita.

Suatu ketika ada seorang laki-laki dating kepada Rasul, lalu berkata “nasihatilah aku, tapi jangan banyak-banyak, biar mudah kuingat!!” lalu Rasulullah bersabda “Jangan Marah” (HR Bukhari)

6. 5. Membaca ta’awudz

Dari Sulaiman bin Shurod, ia berkata, “Ada dua orang yang saling mencela di dekat Rasul, ketika itu kami duduk bersama beliau. Seseorang diantaranya mencela dan marah kepada yang lain dengan muka yang merah. Nabi bersabda “Aku mengetahui sebuah kelimat yang bila ia membacanya, kemarahannya akan hilang, yaitu (bacaan ta’awudz)”. Seorang sahabr berkata kepada orang yang sedang marah, “tidakkah kau dengar sabda Nabi?” Jawab orang itu, Aku tidak gila ” (Muttafaqun alaih)

7. 6. Duduk atau berbaringlah

Rasul bersabda “Jika salah seorang diantara kalian marah, sedangkan ia berdiri, hendaklah segera duduk, jika hal itu bisa meredam kemarahnnya. Jika tidak hendaknya ia berbaring.” ( HR. Abu Dawud )

Semoga bermanfaat buat kamu yang gampang marah..

7 thoughts on “Terapi marah agar berpahala

  1. lalu bagaimana jika ada orang yang selalu memanfaatkan kita terus menerus sedangkan dia tidak sadar akan hal itu. kita pun tidak enak ingin menegurnya karena dia teman baik kita. apa yang harus kita lakukan? sementara hati ini tidak ingin marah. siapa yang tahan jika disepertiitukan?

  2. @ desti :
    baiknya dibicarakan langsung ke teman km kawan…jelaskan permasalahan km dn ketidaknyamanan km..klo temen km baik,,pasti dia mw ngertiin..dari pada perasaan kesal disimpan sendiri….cape di hati…

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s