Kenapa berubah Di!!!

Senang sekali bisa bertemu kembali dengan teman-teman seperjuangan, teman gila-gilaan, teman pusing-pusingan, teman main Futsal dan Volly dan teman saling tukar pikiran selama 3 tahun di SMK Al-Muhadjirin Bekasi. Dari pertemuan tersebut kami dapat berbagi pengalaman setelah lepas dari SMK Dzirien 57, ada yang sudah kerja di suatu pabrik, ada yang sedang belajar lagi alias kuliah dan ada pula yang selama setahun ini masih jadi PEJABAT (Pengangguran Jawa Barat). Gak masalah yang penting silahturahmi tetep lanjut..

Pengalaman setelah lepas dari Dzirien mulai diceritakan seru-seruan dalam pertemuan tersebut. Ada yang membicarakan tentang kerjaannya, kuliahnya, kegiatan-kegiatan selama setahun bahkan ada cerita teman yang gak lama ini mau nikah katanya. Wah keren-keren, emang jadi pemuda itu berat yach.

Alhamdulillah manfaat dan berguna sekali pertemuan tersebut, tidak ada masalah dan lancar serta seru bangat karena mungkin sifat-sifat kami hampir sama yaitu terbuka dengan sesama, suka membicarakan apa yang terjadi pada diri masing-masing tanpa ada rasa tertutup. Mungkin cuma Saya saja yang masih kurang terbuka dengan teman-teman.

Saya memang kurang terbuka dengan orang lain, kadang hanya mau menceritakan sesuatu kepada orang yang Saya anggap kompeten dengan masalah yang Saya hadapi. Kadang juga ingin menyelesaikan masalah dengan sendiri tanpa ada campur tangan dari orang lain. Tetapi setelah setahun di Bandung, hidup sendiri dan wah banyak dech yang udah Saya alami, membuat Saya sadar bahwa sharing segala sesuatu dengan orang lain itu sangat berguna bangat, seperti dapat inspirasi dan solusi yang banyak, tinggal Kita saja yang menentukan yang terbaik dari solusi yang ditawarkan dari orang lain tersebut.

Beberapa hari setelah pertemuan itu, ada beberapa teman yang mengkritisi tentang diri Saya. Baik secara langsung atau tidak langsung mereka intinya mempertanyakan “Kenapa Lo berubah sich Di???” Mereka kaget dengan perubahan yang terjadi pada diri Saya. Maksud perubahan teman Saya adalah sesuatu yang menurut mereka baik hilang pada diri Saya.

Setelah Saya memikirkan apa yang dikatakan oleh beberapa teman Saya…Ternyata gak terasa memang benar ada perubahan yang terjadi pada diri Saya. Banyak nilai dan sesuatu yang baik pada diri Saya, hilang gak terasa selama tinggal sendiri di Bandung. Mikir dan mikir…sedih dan nyesel dengan diri Saya yang sekarang, Saya terlalu jauh berjalan meninggalkan sesuatu yang penting pada diri Saya. Kalau membandingkan Saya yang dulu dengan yang sekarang, ingin sekali kembali seperti dulu, sewaktu SMK, saat banyak sesuatu yang penting yang Saya miliki belum hilang seperti sekarang. Saya ingin kembali sewaktu pertama kali masuk SMK AL-Muhadjirin.

Tapi waktu adalah waktu, ia tidak akan dapat dikembalikan bahkan dihentikan walau hanya beberapa detik. Saya harus terus belajar dan hidup maju ke depan sesuai waktu yang juga terus berjalan. Dukungan keluarga terutama Sri Sumarni (best motivation n best parent), senyumnya, tawanya, serta cita-citanya yang harus Saya wujudkan adalah sumber semangat untuk terus bertahan menghadapi apapun yang terjadi pada diri Saya.

Kini Saya berusaha untuk mendapatkan kembali sesuatu yang dulu hilang dari diri Saya dan membuang perubahan buruk yang sekarang melekat pada diri Saya. Pernah denger dari pesan-pesan Mamah, “sedih dan sesal tentang apa yang terjadi akan sia-sia bila saat itu kita tak mengambil manfaat (hikmah) yang ada disela-sela peristiwa itu. Jadi berpikirlah Allah selalu memberikan kita sesuatu yang terbaik.”

Makasih buat teman-teman Saya yang sudah mengingatkan kelemahan Saya, tanpa kata-kata kalian yang pedas dan kasar, Saya tidak akan pernah berpikir. Ya Allah semoga Engkau selalu memberikan hamba yang rapuh ini petunjuk dan sinar terang dari setiap langkah dan setiap perbuatan yang kulakukan di bumi milik-Mu ini. Amiien…

Iklan

4 thoughts on “Kenapa berubah Di!!!

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s