Seminar Gigabyte Intel dan Update Microsoft di UNIKOM

Seminar yang diadakan di ruang Miracle Unikom atas kerjasama HIMA TEKKOM dan sponsor lainnya dimulai hari Sabtu 6 Desember 2008. Seminar dibagi menjadi 2 sesi, dari jam 8 – jam 11.30 membicarakan tentang GIGABYTE, istirahat lalu dilanjut dari jam 13.00 – 15.00 mengenai Update Microsoft yang dijelaskan oleh MUGI Bandung ( Microsoft User Groups Indonesia ).

Seminar ini sebenarnya bentrok dengan matakuliah saya namun saya akali dengan mengikuti hari lain karena kapan lagi ada seminar yang murah meriah cuma dengan uang Rp. 15.000 bisa mengikutinya, dapet sertifikat lagi.

Tadinya bakalan basi dan suntuk rasanya, mengingat seminar lalu yang saya ikuti pula di UNIKOM mengenai Jaringan seperti itu adanya. Apalagi dengan biaya yang cuma Rp. 15.000. eh tapi ternyata seminarnya gokil, keren abis, ilmu buanyak bangat yang saya serap di seminar ini. Fasilitas yang diberikan oleh panitia juga sebanding dengan uang pendaftaran, malah bagi saya lebih karena udah dapat fasilitas, saya juga dapat hadiah dari sponsor karena menjawab pertanyaan dari pembicara. Wah ternyata eh ternyata,,,,

Oke, saya ceritakan seinget saya tentang seminar itu. Sesi pertama, membicarakan tentang teknologi Intel dan GIGABYTE. Pembicara adalah Bpk. Benny Lodewijk Product Manager salah satu PT GIGABYTE di Indonesia. Kagumnya saya adalah beliau bukan lulusan kuliah Komputer tetapi juara bidang overclock komputer di berbagai lomba baik didalam negeri dan luar negeri, nah lho….

Lanjut ke materi seminar, pertama beliau menjelaskan tentang teknologi terbarunya Intel yang merupakan teknologi lamanya AMD, karena AMD lebih dulu menggunakan teknologi ini. Teknologi Processor Inter terbaru yang bernama Nehalem. Merupakan persiapan Intel untuk mengimbangi OS terbarunya yang bernama Windows 7. Lebih lengkapnya, insya Allah kalo ada kesempatan dan dapat ilmu lebih, saya posting tentang Nehalem dan Windows 7 ini.

Setelah menjelaskan Nehalem dan Windows 7, beliau menjelaskan proses kerja dari masing-masing komponen yang ada di motherboard khususnya merek GIGABYTE yang sudah mendukung teknologi Processor Intel yang baru itu. Saya baru tahu apa itu northbrigde, southbrigde, kapasitor biasa dengan kapasitor solid, cara motherboard mendinginkan temperature panas di tiap komponen, bagaimana mengefesienkan lebih dari 1 VGA dan banyak lagi. Alhamdulillah bangat bisa dapat ilmu banyak di seminar ini. Makasih buat Bpk. Benny yang bersedia berbagi ilmu dengan mahasiswa Unikom. Kapan-kapan ajarin overclocking dunks ya Pak, maen lagi ke Unikom…

Sesi kedua diisi oleh MUGI Bandung. Saya belum tahu apa itu MUGI, hanya pernah melihat brosur seminar di Masjid Salman ITB saat sholat Jumat mengenai Microsoft Visual 2010.

Pembicara pertama oleh Bpk. Rully Yulian, beliau menjelaskan apa itu MUGI. Namun saya tetep belum paham persis apa itu MUGI. Setangkap saya, MUGI adalah perkumpulan Teknologi Infomasi yang luas, yang menyangkut tentang software-software dari Microsoft serta cara menggunakannya seperti Microsoft Visual Studio, Silverlight dll. Lalu datang beberapa orang lagi yang menjelaskan tentang MUGI yaitu Bpk. Firstman Marpaung sebagai ketua dari MUGI Bandung, dan lainnya yang saya lupa namanya. Ada salah satu dari mahasiswa ITB yang belum lama menjuarai lomba imagine cup yang menjelaskan sedikit tentang penggunaan Silverlight. Dan ada pula 2 orang dari Microsoft yang menjelaskan tentang licence dari software-software Microsoft.

Yang seru adalah MUGI sendiri yang sepertinya friendly bangat, enak kalau bisa sharing ilmu secara gratis tanpa biaya. Lalu dari pihak Microsoft yang menjelaskan tentang licence produknya. Ternyata buat mahasiswa, produk-produk dari Microsoft ada yang gratis lho, seperti OS XP dan Vista, Office 2007 dan lainnya secara gratis tanpa biaya, asalkan pihak Universitas mau mendaftarkan dirinya sebagai member dan hanya akan aktif bila kita masih berada di naungan Universitas yang telah menjadi member. UNIKOM…daftar dunk…kapan lagi gratis…???!!!

Lalu yang dapat saya ambil dari pembicaraan mengenai licence, bahwa menghargai buatan orang itu mesti dan harus bangat. Bagi anak IT mungkin akan terasa apabila hasil project kita, yang kita buat dengan begadang semalaman, pusing kepala, badan juga berantakan yang pasti susah bangat lho buat program itu, lalu dengan gampangnya program kita dibajak oleh segelintir orang. Coba bayangin???? Bayangkan itu terjadi pada diri kita sebagai pembuat program, atau siapapun kamu, saat kamu membuat suatu karya cipta yang dengan susah payah setengah mati membuatnya lalu dicopy saja tanpa ada pemberitahuan dari kita. Wah wajar aja kalo marah mungkin.

Saya percaya sama sesuatu yang kita lakukan pasti akan kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Kalau kamu berbuat baik, kamu akan dapat kebaikan kembali dan sebaliknya. Lalu bila kita sering menggunakan atau melegalkan pembajakan karya cipta orang, nanti pasti karya cipta kitapun akan dibajak. Lihat coba, Indonesia merupakan penghasil pembajakan lumayan di Asia, lalu kini apa balasannya, banyak budaya kita yang telah di bajak oleh Negara tetangga.

Nah, lalu bagaimana solusinya? Kalo menurut saya, lebih baik kita menggunakan program yang bebas, bebas dalam arti gratis, bukan free lagi bahkan bisa kita otak-atik lagi code source-nya. Mari coba ke si Pinguin (LINUX), beralih dari Microsoft Office ke Open Office, biasakanlah menggunakannya, atau mungkin ke depan pihak dari vendor-vendor produk dari program memberikan solusi yang apik untuk kemajuan Indonesia. Salah satunya adalah gratisnya produk-produk microsoft untuk mahasiswa. Thanks Bill…

Moga pihak cendikiawan dari IT Indonesia terus berusaha memberikan solusi dari masalah pembajakan karya cipta. Buat kita, masyarakat awam dan mahasiswa, mari mencoba LINUX sebagai alternative yang telah ada sekarang ini.

Maju terus IT Indonesiaku…

Oiya..buat pihak MUGI Bandung n Microsoft makasih bangat udah sharing bareng, ditunggu seminar yang lainnya yang lebih gokil n bermanfaat bangat. Buat panitia HIMA TEKKOM, good..good..good, acaranya bagus, ditunggu lagi kreatifitas dalam mengadakan acara seperti ini.

2 thoughts on “Seminar Gigabyte Intel dan Update Microsoft di UNIKOM

  1. assalammualaikum, malam mas,,, kenalin nama saya romy saya mahasiswa unikom angkatan 2007 /2008, mas saya minta tolong boleh gag??? ntar kalaw ada seminar lagi di kasih kabar yaaaa??? pleaaaaaaseeee bgeeeett,,, makasih banyak ya mas.

Silahkan Komentar...

