Review 2008

Gak terasa waktu terus berjalan. Detik, menit, jam telah terlewati begitu saja dan esok sudah berganti tahun. Balik lagi ke tahun 2008 yang telah saya jalani dengan begitu banyak kejadian dan alhamdulillah target saya di tahun ini hampir 70% terlaksana. Review apa saja yang saya alami di tahun 2008, sebagai kenangan dan motivasi ke depan agar lebih baik lagi dan tidak mengulang kesalahan yang sama di masa depan.

Saya mulai dari awal Januari 2008 dimana saat itu saya mendapatkan nilai kuliah semester 1 yang cukup wah, gak nyangka juga dapat nilai seperti itu. Sebagai bukti ke keluarga juga bahwa Saya serius dengan kuliah yang telah diamanatkan.

Bulan Februari menjadi bulan yang begitu indah saat Saya beranikan diri tuk bertemu dengan seorang teman wanita yang sudah tak lama bertemu. Gak nyangka juga ternyata Saya sampai jauh melangkah dengannya, menjalani hubungan yang hanya manis sementara dan pada akhir bulan April terasa begitu pahit dan sulit dipercaya, cinta ini membunuhku.

Bulan selanjutnya, saya coba jalani dan tata hidup saya kembali. Merenungkan tujuan dari saya pergi ke Bandung dan posisi Saya sebagai hamba Allah, sebagai anak dari keluarga yang dititipkan amanat untuk belajar. Kuliah terus saya jalani walau kadang selalu terbayang cerita bersamanya.

Saya harus mengambil dan menentukan arah..Saya harus bangun dan merubah pandangan dan semua pikiran yang membebani ini. Hingga akhir tahun ini, selalu saya coba untuk melupakannya dan mencoba menatap lebih fokus masa depan saya.

Bulan Juli dan Agustus, saya libur panjang dan menjadi beban bangat karena terasa seperti pengangguran yang merepotkan keluarga. Tidak bisa apa-apa, hanya bisa membantu Bu’de menyapu dan mengepel rumah tiap harinya. Ada tawaran teman untuk kerja di tempat sablon baju, namun kadang bentrok dengan proses registrasi ulang yang gak jelas waktunya. Biasalah, dosen dan pihak kampus memang begitu adanya.

Dibulan itu juga saya sempatkan diri untuk mengunjungi teman-teman Dzirin, silahturahmi yang mesti dan selalu saya jaga ke sesama teman Dzirin. Bertemu juga dengan teman saya yang kuliah di UGM Jogya, Ade Setio, Anas, dan Fauzi. Salut bangat sama ketiga anak ini, mereka seperti jauh melangkah, berlari sedangkan saya di Bandung seperti jalan bahkan sempat terjatuh terseok-seok. Melihat dan mendengar ceritanya hidup di kota Jogya, membuat saya mengerutkan dahi lalu menelan ludah karena begitu jauh yang saya rasakan di Bandung.

Kemajuan dari ketiga teman saya ini tidak lain adalah kemudahan dan biaya hidup yang relatif murah serta didukung dengan sarana dan prasarana pendidikan juga keagamaan seperti banyaknya pengajian. Bayangkan saja, dengan uang 2 juta, Fauzi dapat menyewa kamar yang sudah dilengkapi dengan fasilitas internet yang gak mati2 sehari-semalem. Anas, yang belum lama ini saya memesan DVD Repositori Ubuntu yang kapasitas tiap DVD (ada 5 DVD namun hanya 4 DVD yang dikirim) adalah kurang lebih 4 Gb dapat ia download selama kurang lebih dari semalem saja dengan laptopnya.

Keinginan tuk seperti ketiga teman saya itu yang membuat dan memutuskan saya membeli sebuah laptop untuk selalu connect ke dunia maya yang banjir akan informasi. Dengan uang yang terbatas, akhirnya bulan Agustus, hari yang ke 22, dapat juga membeli laptop walau uang tabungan habis dan uang bulanan ke depan dikurangi, tidak mengapa, demi masa depan.

Setelah membeli laptop, senang dan semangat selalu ada mengingat saya akan selalu konek ke dunia maya gratis tanpa biaya lewat WIFI dari pihak kampus. Namun ternyata, saya kecewa abiz. WIFI kampus ternyata butut, buat download 5-10 Mega saja membutuhkan waktu 1 jam lebih, malah kadang untuk membuka email saya saja tidak bisa. Kecewa bangat, namun harus bagaimana lagi, semua udah dibeli.

Bulan September, awal kuliah semester 3 sudah dimulai. Alhamdulillah boleh mengambil 1 matakuliah semester 5 yaitu Aplikasi Teknologi Online yang fokos ke pembuatan website dengan PHP, database dengan MySql, lalu nanti juga diajarkan AJAX dan kalau cukup waktu diajarkan pula CMS ( Content Management System ).

Bulan Oktober, nilai kuliah saya semester 2 telah keluar, ragu dan merasa takut melihatnya karena yakin nilainya akan turun bangat mengingat banyak masalah di luar dan di dalam perkuliahan saya. Tapi ternyata gak nyangka nilai tetap di atas 3 walau memang turun, alhamdulillah bangat, jadi sebagai bukti ke keluarga kalau saya masih bisa dan mampu mengemban amanat untuk kuliah, kalau saya masih bisa berjuang dengan sepenuh kemampuan saya.

Akhirnya gak terasa esok saya sudah menginjak tahun 2009, target 2008 yaitu menguasai pemrograman bahasa C dan mengenal LINUX, alhamdulillah lumayan tercapai. Syukur Saya kepada Allah yang telah memberikan segalanya dan menjaga diri yang lemah ini. Terimakasih kepada keluarga Saya terutama Ibu Saya yang memberikan kepercayaan penuh untuk kuliah. Juga kepada pihak-pihak UNIKOM terutama dosen-dosen IF-nya, makasih tuk Bu Tati yang mengajarkan algoritma dan pemrograman serta praktikumnya dengan bahasa C. Dan juga kepada teman-teman saya semuanya, Anas yang mengirimkan DVD Repositori, sehingga saya bisa meng-explore apa saja tentang linux.

Target di tahun 2009, masih belum jelas, namun kepikiran untuk belajar pemrograman dengan JAVA atau dengan C++, juga tertarik dengan Pemrograman Web, PHP, MySql, AJAX. Mudah-mudahan setiap waktu, kemampuan tentang IT saya semakin bertambah. Dan juga tak lupa dengan tujuan-tujuan saya hidup yaitu Ibadah kepada-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.

Maju dan tentukanlah arahmu, jadikan kisah-kisah terdahulu sebagai layaknya spion yang hanya akan dipakai bila kamu menghadapi hal yang mirip sama dengan kejadian sekarang. Jangan terhanyut oleh masa lalu, ayo maju dan teruslah belajar.

Silahkan Komentar...

