Referensi Model Jaringan

Referensi Model Jaringan, merupakan salah satu konsep dari jaringan komputer yang mesti dipahami agar kita mengetahui proses bagaimana data dikirim dalam jaringan komputer yang satu ke jaringan komputer yang lain. Kita mungkin tahu bahwa data yang dikirimkan melalui jaringan komputer membutuhkan proses yang bertahap-tahap hingga data tersebut selesai sampai ke tujuan. Dalam proses ini, referensi model jaringan yang berperan mengatur dan membagi menjadi beberapa lapisan untuk menjelaskan cara kerja (proses) suatu jaringan komputer. Saat informasi diolah menjadi data-data, lalu diolah lagi menjadi segmen-segmen, lalu menjadi paket-paket, kemudian menjadi frame dan terakhir menjadi sebuah bit yang dikirimkan melalui kabel jaringan guna sampai ke tujuannya.

Referensi model jaringan yang sering digunakan adalah Open System Interconnection (OSI), yang diperkenalkan oleh International Standard Organisation (ISO). Referensi model jaringan OSI membagi jaringan komputer menjadi 7 lapisan, setiap lapisan hanya mengatur beberapa layanan dan protocol yang dapat bekerja pada tiap lapisan agar mempermudah pembuatan program untuk jaringan sehingga rapih dan tidak berantakan serta sulit didefinisikan. Berikut penjelasannya :

Lapisan 1 (Lapisan Physical), pada lapisan ini proses pengiriman data berbentuk binary. Pada lapisan ini pula semua spesifikasi yang berkaitan dengan cara menghubungkan kebel jaringan ditentukan dan dipakai seperti pada gelombang radio dan sinar inframerah. Beberapa spesifikasi lain adalah 10BaseT, 100BaseTX, 100Base-FX, HSSI, V.35, X.21 dan lain-lain.

Lapisan 2 (Lapisan Data Link), pada lapisan ini semua peralatan yang berkaitan dengan jaringan mempunyai sebuah tanda pengenal atau alamat hardware yang diatur oleh lapisan bawah (sublayer) yang dinamakan Media Access Control (MAC). Pada lapisan ini, data yang dikirimkan berbentuk frame yang berisi dari alamat hardware tujuan dan alamat hardware asal pengiriman. Alamat-alamat tersebut diatur oleh sebuah switch. Protocol-protocol yang dapat bekerja pada lapisan ini adalah protocol Ethernet, Token Ring, FDDI, dan ATM.

Lapisan 3 (Lapisan Network), pengiriman data ke jaringan yang berbeda dan mempunyai jarak yang cukup berjauhan diatur oleh lapisan ini. Pada lapisan ini terdapat konsep alamat logika yaitu alamat yang ada pada peralatan jaringan yang diatur oleh administrator jaringan. Alamat logika inilah yang sering disebut IP Address. Data yang dikirimkan pada lapisan ini berbentuk paket yang berisi inforamasi alamat logika tujuan pengirim dan alamat asal pengiriman. Router merupakan alat yang mengatur alamat logika tersebut agar sampai ke tujuan pengiriman. Pada lapisan ini juga dapat memeriksa topologi jaringan dan menentukan jalur terbaik dalam mengirimkan paket-paket data tersebut. Protocol-protocol yang dapat bekerja pada lapisan ini adalah IP, IPX, ARP, RARP, ICMP, RIP, OSFT, dan BGP.

Lapisan 4 (Lapisan Transport), sesuai dengan namanya yaitu transport, lapisan ini berfungsi untuk menjaga dan memelihara proses transper data dari komputer satu ke komputer lain. Terdapat konsep acknowledge yaitu pemberian tanda kirim saat data mulai dikirim dan tanda terima saat data telah diterima dengan baik. Data yang dikirimkan pada lapisan ini berbentuk segmen dan protocol yang bekerja pada lapisan ini antara lain, TCP, UDP, dan SPX.

Lapisan 5 (Lapisan Session), lapisan ini berfungsi mengkoordinasikan agar berbagai sistem pada jaringan dapat saling berkomunikasi dengan baik. Lapisan session mengatur sinkronisasi pertukaran data diantara aplikasi. Protocol yang bekerja pada lapisan ini adalah NetBEUI, RPC, X WINDOWS, dan SQL.

Lapisan 6 (Lapisan Presentation), beragam tipe data berkumpul pada lapisan ini, seperti berupa tipe data teks maupun gambar yang akan diproses atau diubah ke format-format lain yang dibutuhkan pada lapisan yang dibawahnya. Proses enkripsi dan kompresi data mulai dilakukan pada lapisan ini. Protocol yang dapat bekerja pada lapisan ini adalah ASCII, EBCDIC, MIDI, MPEG, TIFF, PICT, dan Quick Time.

Lapisan 7 (Lapisan Application), pada lapisan ini dapat melakukan layanan aplikasi langsung seperti menggunakan email, file transper, dan akses ke database. Pada aplikasi Client-Server, aplikasi Client dapat bekerja pada lapisan ini untuk berkomunikasi dengan lapisan bawah. Protocol yang dapat bekerja pada lapisan ini adalah FTP, SMTP, telnet dan lain-lain.

Selain Referensi Model Jaringan OSI terdapat pula Referensi lain yaitu Referensi Model Jaringan DoD (Department of Defense) yang berdasarkan konsep TCP/IP yang merupakan darsar dari hubungan internet.

Referensi Model Jaringan DoD dibagi pula menjadi beberapa lapisan agar memudahkan dalam mengidentifikasikan penggunaan. Model DoD dibagi menjadi 4 lapisan yaitu :

Lapisan Proses/Application, pada lapisan ini protocol yang dapat bekerja adalah Telnet, FTP, SMTP, Kerberos, DNS, TFTP, SNMP, NFS, X WINDOWS.

Lapisan Host to Host, protocol yang bekerja pada lapisan ini adalah UDP dan TCP

Lapisan Internet, protocol yang bekerja pada lapisan ini adalah IP, ARP, RARP, ICMP dll

Lapisan Access, protocol yang bekerja pada lapisan ini adalah Ethernet, Token Ring, FDDI

Kalau kita perhatikan tiap lapisan Model DoD ini, maka akan terlihat bahwa model DoD merupakan gabungan dari lapisan Model OSI.

Lapisan DoD Network Access merupakan gabungan lapisan OSI Physical dan Data Link. Lapisan DoD Internet sama dengan lapisan OSI Network. Lapisan DoD Host to Host mirip dengan lapisan OSI Transport. Dan Lapisan DoD Proses/Application merupakan gabungan dari lapisan OSI Session, Presentation, dan Application.

Iklan

13 thoughts on “Referensi Model Jaringan

  1. MAs putra tulisane aku ambil boleh ya untuk belajare anak-anak tapi tetep nama sampean saya ikutkan hehehe
    SEMANGAT!

  2. Ping-balik: Referensi Model Jaringan « Riezman's Blog

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s