Ikut Seminar Lagi di Jogja

Untuk ke berapa kalinya saya mengikuti seminar. Bedanya dengan seminar yang lalu-lalu adalah sekarang seminar diadakan di luar kota tempat saya tinggal ( Bandung-Bekasi ) yaitu di kota pendidikan Yogyakarta. Seminar yang bertajuk IT DAYS With YogyaFree ini diadakan olah pihak HMJTI AMIKOM Yogyakarta, salah satu sekolah IT terkenal di Yogyakarta.Seminar yang diadakan tepatnya tanggal 2-3 Mei 2009 itu selain dihadiri oleh dedengkot YogyaFree juga dihadiri oleh pakar IT Indonesia, yaitu Bapak Onno W Purbo.

Diluar sebelum saya berangkat banyak sekali keraguan untuk apa saya pergi jauh-jauh sampai ke Yogya hanya untuk mengikuti seminar yang mungkin saja nanti akan diadakan di kota Bandung atau Bekasi. Banyak juga perkataan (walaupun secara tidak langsung) dari teman-teman sekelas yang merendahkan niat tulusku pergi ke Yogyakarta tersebut. Namun hati ini selalu mengatakan bahwa saya harus ikut dan pergi, entah apa yang membuat saya berkeinginan kuat tuk pergi, yakin percaya pasti diperjalanan ada sesuatu yang menjadi inspirasi hidup saya kelak.

Ucapan bismillah dan target-target 3 hari hidup di kota Yogya sudah direncanakan saat keberangkatan saya menuju kota Yogya, Kamis 30 April 2009. Saya niatkan untuk mengikuti seminar, silahturahmi dengan teman-teman SMK saya yang sekarang sedang kuliah di UGM, serta mencari pengalaman di kota tersebut dengan Mosses (teman 1 kelas Unikom). Tepat sekali jam 8.20, kereta ekonomi Pasundan telah datang di stasiun KiaraCondong, Bandung. Sesampai disana tepat pagi sebelum matahari muncul sekitar jam 5.30.

Istirahat di kosan Fauzi (Teman SMK yang kuliah di UGM), lalu shalat Jumat dan sorenya sempat jalan kaki dari UGM tepatnya di gedung SEKIP Elektro sampai Pasar Malioboro, sekitar 3 Km. Perjalanan yang membuat kaki terasa patah, namun terobati rasanya dengan pertama kalinya makan makanan khas Yogyakarta yaitu nasi kucing dengan berbagai macam makanan lainnya yang sangat pas buat kantong saya.

Setelah itu balik lagi ke UGM, bertemu dengan Anas (Teman SMK yang kuliah di UGM). Lalu saya dibawa ke tempat WIFI UGM dan disana bertemu dengan Ade Setio (Teman SMK yang kuliah di UGM) yang sedang internetan via WIFI, hingga akhirnya saya hampir begadang tidak tidur internetan dengan ditemani Ade. Sampai begadang karena baru pertama kali WIFI-an sampai kecepatan yang fantastis yaitu FTP hingga 800kbps, dan HTTP hingga 150Kbps.

Paginya tepat sesi pertama seminar di AMIKOM saya ikuti dengan mata dan kepala yang pusing karena kurang tidur. Lalu tidak menyangka pembicara seminar tersebut kaku sekali dan panitia kurang persiapan juga hingga mungkin saya mengatakan ini adalah seminar terburuk yang pernah saya ikuti. Entah mungkin materi seminarnya tidak pas dengan tema seminar, ah entahlah, kalo dipikirin buat hati merasa kesal dengan panitia seminar tersebut. Payah…

Lepas pulang dari seminar, saya ke tempat kosan Fauzi kembali, keinginan tuk kembali ke UGM untuk WIFI-an sudah tidak kuat karena badan dan mata tidak bisa diajak gila-gilaan lagi, sampai-sampai saya tidur nyenyak sekali dari jam 9 kurang sampai jam 6 kurang, itupun karena Anas membangunkan lewat HP.

Persiapan mengikuti seminar sesi kedua. Saya semangat sekali karena mungkin tidur juga cukup dan yakin Bapak Onno W Purbo akan datang untuk mengisi seminar sesi kedua setelah kecewa pada seminar sesi pertama. Dan alhandulillah, beliau datang dan memberikan cerita tentang awal beliau berjuang waktu beliau masih di ITB Bandung sampai sekarang internet menjadi hal yang mudah digunakan oleh masyarakan Indonesia.

Mendengar beliau menjelaskan perjuangan beliau tersebut membuat saya koreksi diri dan memulai untuk bisa seperti beliau. Sungguh, beliau adalah sosok yang unik dan pantas sekali kalau beliau disebut sebagai tokoh IT Indonesia yang mencerdaskan bangsa ini dari kebodohan, yang membuat internet kini semakin mudah digunakan dan beliau masih mengusahakan bagaimana bila internet umumnya adalah komunikasi masyarakat Indonesia gratis dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.

Alhamdulillah seminar telah saya ikuti, dan saya rasa seminar tersebut tidak buruk karena tertutupi dengan kedatangan Bapak Onno W Purbo, serta kedatangan salah satu perwakilan dari Jakarta yang membahas tentang hacking simple namun bagus sekali sebagai dasar pengetahuan dunia Hacking.

Saya mengucapkan alhamdulillah kepada Allah karena telah memberikan jalan petunjuknya hingga saya bisa berhubungan dengan Mosses, Anas, Ade dan Fauzi dengan berbagai macam obrolan. Makasih kepada Ibu saya yang mengizinkan saya pergi ke Yogyakarta dan selalu mendoakan anaknya diperjalanan. Makasih buat Fauzi yang atas kosannya yang diperbolehkan untuk membaringkan badan istirahat, buat Anas atas pelayan perjalanan saya dengan Mosses, serta berbagai macam perhatiannya, buat Ade yang menemani begadang dan membangunkan tuk sholat shubuh. Pokoknya semua yang membuat saya bisa bernafas lebih panjang di kota Yogyakarta.

Kecewa ada sedikit pada perjalanan saya ke Yogya, namun rasa syukur dan alhamdulillah bisa mengetahui banyak ilmu di Yogya menjadi satu hal yang menutupi kecewa tersebut. Saya yakin seminar ini jadi seminar yang terbaik yang pernah saya ikuti mengingat saat-saat berjuang hidup di Yogyakarta menjadi saat-saat penuh makna yang berguna buat masa depan saya.

Alhamdulillah…..

One thought on “Ikut Seminar Lagi di Jogja

Silahkan Komentar...

