Awal Javaku di Netbeans . . .

Bahasa pemrograman apa sich yang sekarang booming-boomingnya di dunia IT sekarang ini?? Pasti kita tahu bahwa bahasa pemrograman Java-lah yang nomor wahid sekarang ini. Sifatnya yang mudah sekali berpoligami ( Multiplatform ) dengan berbagai macam Operating System seperti Windows, Linux, FreeBSD dan lain sebagainya menjadi salah satu keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Java juga didukung oleh pengembang-pengembang yang tidak mata duitan alias gratis ( OpenSource ). Dengan bahasa Java ini pula kita bisa membuat berbagai aplikasi mulai dari aplikasi biasa atau aplikasi yang berbasis client-server. Dengan bahasa Java pula kita bisa membuat web dinamis. Dan banyak lagi yang kita bisa lakukan dengan bahasa pemrograman ini.

Bagi kamu yang ingin sekali tahu lebih jauh tentang bahasa ini silakan lihat pada situs resminya di sini, atau buat kamu kurang familiar dengan bahasa inggris kamu bisa lihat penjelasan versi pribumi di link ini.

Bahasa ini sudah menggunakan pemrograman OOP (Object Oriented Programming). Jangan takut mendengar kata OOP di dunia pemrograman. Coba dahulu pahami sedikit demi sedikit mudah-mudahan mengerti. Katakan pada diri kita kalau kita mampu karena kita adalah apa yang kita pikirkan pada diri kita sendiri.

Berikut ini saya ingin sedikit mempraktekan bagaimana bahasa Java digunakan. Saya menggunakan IDE NetBeans versi yang ke 6.1. Bagi kamu yang belum punya, silakan download di link ini. Atau selain IDE NetBeans, kamu bisa menggunakan Eclipse sebagai IDE Java kamu, download-nya di sini.

Okeh, saya anggap sudah di install NetBeans-nya. Masuk ke File, di sana ada New Project, New File, dan lainya. Awal pembuatan program harus diawali dengan Project. Pilih New Project, lalu muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

1

Pada gambar tersebut kita bisa lihat bagaimana lengkapnya IDE NetBeans, terdapat Java Aplication, Java Desktop Application, Java Web, Java Mobility ( membuat aplikasi untuk ponsel) dan lain sebagainya. Untuk awal kali ini saya menjelaskan sedikit tentang Java Aplication, lalu klik tombol Next.

Setelah kita mengklik tombol Next, keluar lagi kotak dialog yang berisikan nama dari Project kita serta penempatan Project tersebut. Berikut adalah gambar jelasnya.

2

Terlihat bahwa saya menamakan project saya dengan nama AwalJavaKuDiNetBeans, lalu saya biarkan defaultnya project tersebut tersimpan pada My Document saya di folder NetBeansProjects (Folder ini secara otomatis dibuat setelah kita menginstal Netbeans). Lalu saya rubah Main Classnya dengan nama sama seperti nama project saya. Bila sudah klik tombol Finish. Maka akan terlihat lingkungan nan indah ala NetBeans seperti gambar dibawah ini.

3

Silakan coba main klik sana dan sini, jangan takut akan apapun yang terjadi, kunci tetap hidup di dunia IT adalah coba-coba, jangan berhenti bila komputer kamu meledak atau kepala kamu udah terasa berat..heehe..

Saya mencoba menampikan sebaris kalimat dalam bahasa Java ini. Untuk menampilkan kata atau kalimat kamu harus menggunakan code tanpa tanda lebih besar dan lebih kecil. Berikut adalah contoh kalimat yang saya buat

4

Lihat penempatannya, untuk sementara abaikan apa itu public class, public static void, nanti kita akan paham bila sudah belajar apa itu OOP. Sama seperti bahasa C, bahasa Java bersifat case sensitive artinya huruf besar dan kecil berlainan maknanya. Jadi hati-hati mengetikan codenya.

Sekian dulu kenalan dengan si Java dan si NetBeans. Moga bermanfaat buat awal kenalan kita dengan Java.

6 thoughts on “Awal Javaku di Netbeans . . .

  1. Saya sedikit binggung jika hanya dijelaskan sedikit.
    Mohon bantunnya ada referensi untuk websitenya yang berbahasa indonesia dari awal hingga akhir.
    Saat ini saya inigin belajar Java untuk pembuatan Website dan saya sudah mencari dengan Google.com namun tidak ketemu dan saya akhirnya singah di sini.
    Dan saya juga sudah mencari ke Gramedia namun sepertinya Java untuk website belum ada ya.

    Terimakasih.

  2. @Marchel Beding :
    Maaf saya jg masih belajar ne mas,,kapan2 saya coba posting lagi artikel tnt javanya…

    mas Marchel bisa gabung ke forum atau milis JUG n Netbeans Indonesia,,disana banyak sekali senior2 yg udah kompeten…

Silahkan Komentar...

