Sejarah SQL

Sejarah dari SQL tidak lepas dari sejarah project dari IBM yang bernama System R. Tujuan dari project ini adalah untuk penelitian Relational ( hubungan ) Databases Server. Project ini dibuat pada laboratorium penelitian IBM di San Jose California. Project tersebut diniatkan untuk mendemonstrasikan keunggulan penggunaan fitur dari relasi pemodelan yang akan diterapkan pada suatu sistem untuk memenuhi kebutuhan database modern server.

Project System R ini telah memecahkan permasalahan yaitu permasalahan tentang tidak adanya bahasa baku pada relasional database. Sehingga dengan adanya bahasa yang baku, setiap database dapat diacu dengan mudah. Sequel adalah nama bahasa yang diasung oleh adanya project System R ini yang didesain oleh R.F Boyce dan D.D. Chamberlin. Dalam pembuatan project tersebut, bahasa Sequel berganti nama menjadi SQL karena kata “Sequel” bermasalah dalam trademark.

Project System R terbentuk dari 3 tahap, tahap pertama dinamakan tahap ke-0 sekitar tahun 1974-1975. Pada tahap ini hanya sebagian kecil yang di-implementasikan pada SQL. Sebagai contoh, fungsi JOIN ( menggunakan data dari beberapa table) belum diterapkan namun hanya single user version yang dulu diterapkan. Tujuan pada tahap ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi pada beberapa sistem dapat diterapkan.

Tahap ke-1 dimulai pada tahun 1976-1977. Semua kode program ditulis pada tahap ke-0 sebagai awalan. Pada tahap ke-1 ini terdiri dari keseluruhan sistem, hal ini berarti pada tahap ini telah banyak hal baru dibuat. Sebagai contoh telah terbentuknya multiuser dan penggunaan JOIN.Tahap terakhir dari System R adalah sistem ini telah terinstal di beberapa komponen dalam IBM dan sebagian besar dari client IBM. Tahap ini terjadi sekitar tahun 1978-1979.

Para pengembang menggunakan pengetahuan yang dimiliki dan teknologi dari penerapan pada 3 tahap untuk membuat SQL/DS. SQL/DS adalah relational database server yang bersifat komersil pertama milik IBM. Pada tahun 1981, SQL/DS menjadi paket penjualan dari sistem operasi DOS/VSE, dan versi VM/CMS muncul tahun 1983. Pada tahun yang sama DB2 juga telah dilauncing. Sekarang ini DB2 telah banyak digunakan oleh beberapa sistem operasi.

IBM telah mempublikasikan idenya mengenai pengembangan dari System R pada suatu konferensi atau seminar mengenai relational database server sehingga perusahaan lain seperti Oracle menggunakan SQL sebagai bahasa databasenya. Dalam beberapa tahun sekarang ini telah muncul produk dari SQL pada dunia IT. Dan akhirnya SQL menjadi bahasa yang compatible dengan semua sistem operasi baik yang besar maupun yang kecil.

Referensi : Addison Wesley, SQL for MySQL Depelovers.
Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Sejarah SQL

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s