Baca Al-Quran Yuk !!!

Berapa kali dalam sehari kamu membaca Al-Quran? Wah, jangan sampai dalam sehari kamu tidak membacanya. Karena membaca Al-Quran banyak sekali lho keutamaannya. Rugi banget kalau dalam sehari kamu tidak membacanya. Berikut ini adalah keutamana membaca Al-Quran dari hadits-hadist yang saya ketahui dari kajian islam oleh Syaikh Abdur Rozzaq Bin Abdul Muhsin Al Badr yang saya dapat dari radio Rodja, berikut ini rangkuman saya :

1. Hadits dari Abu Ummam Al-Bahiri yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shoheh-nya. Bahwa Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam bersabda “Bacalah Al-Quran karena pada hari kiamat nanti Al-Quran datang kepada pembacanya untuk memberikan syafaat. Hal itu merupakan janji Allah Subhanallah Wata’ala kepada hambanya yang mencurahkan waktunya untuk membaca dan memahami Al-Quran dengan ikhlas hanya mengharap balas dari Allah.

2. Hadits yang kedua dari An-Nawas bin Sam’an bahwa saya pernah dengar dari Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda pada hari kiamat akan didatangkan Al-Quran dan orang-orang yang mengamalkannya di dunia dan yg memimpin Al-Quran adalah surat Al-Baqoroh dan Ali-Imran dimana kedua surat itu akan membela orang-orang yang membaca keduanya. keutamaan hadits diatas hanya untuk orang yang mampu mengamalkan surat keduanya yang secara otomatis memahami (tadabbur) Al-Quran karena tidak mungkin mengamalkan sesuatu tanpa memahami hakikat isi dari Al-Quran itu sendiri.

3. Hadits yang ketiga dari Utsman bin Affan yang diriwayatkan Imam Bukhari, bahwasanya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda, “sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan yang mengajarkannya”. Maksud dari hadits yang ketiga bahwa sebaik orang di dunia ini adalah orang yang belajar Al-Quran dan yang mengajarkannya. Dalam hal ini ada 2 bagian yaitu orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya secara lafli(belajar membacanya Al-Quran) dan orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya dalam hal memahami Al-Quran sesuai cara yang benar.

4. Hadits yang ke-empat adalah hadits dari Aisyah Rodhiyallahu anha, bahwa Aisyah berkata “Rasulullah pernah berkata kepadaku, Orang yang membaca Al-Quran dan pintar membacanya maka ia bersama malaikat utusan Allah yang mulia dan berbakti sedangkan orang yang membaca Al-Quran secara terbata-bata (kurang lancar) akan mendapatkan 2 pahala.

5. Hadits yang kelima adalah hadits Abu Musa Al-Asyari Rodhiyallahu anhu bahwa beliau berkata Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam berkata “perumpamaan seorang muslim yang membaca Al-Quran laksana buah Utrujah baunya wangi dan rasanya enak, sedangkan perumpamaan seorang mukmin yang tidak membaca Al-Quran seperti buah Kurma, tidak wangi tapi rasanya enak, sedangkan perumpamaan seorang munafik yang membaca Al-Quran seperti bunga Royhanah, baunya wangi tapi rasanya pahit, sedangkan perumpamaan seorang munafik yang tidak membaca Al-Quran seperti buah handolah, tidak ada baunya dan tidak ada rasanya.

6. Hadits ke enam, dari Umar Bin Khotob Rodhiyallahu anhu, bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam berkata “Sesungguhnya Allah Subhanallah Wata’ala mengangkat dengan kitab ini sebagian kaum dan menjatuhkan lengannya sebagian yang lain”. Maksud dari hadits tersebut adalah menjelaskan kepada kita tentang pahala yang diberikan kepada orang yang mengimani, membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Quran. hadits ini juga menjelaskan ke kita bahwa jangan sampai saat kita membaca Al-Quran ada perasaan riya (ingin dipuji orang), sum’ah (ingin dengar orang), atau sombong karena membaca Al-Quran.

7. Hadits selanjutnya adala hadits dari Al-Barra bin Azib Rodhiyallahu Anhu, bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda “ada seseorang yang membaca surat Al-Kahfi dan ia memiliki seekor kuda yang diikat dengan tali,awan tersebut mengelilingiorang yang membaca surat tersebut, lalu si kuda lari melihatnya. Kemudian Rasulullah menjelaskan itu adalah ketenangan yang turun karena ia membaca Al-Quran.

8. Hadits yang ke-8 adalah sabda dari Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam ” Barang siapa yang membaca 1 huruf dari Al-Quran maka ia mendapatkan 1 kebaikan, dan 1 kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kali. Aku tidak mengatakan AlifLamMin itu satu huruf tapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Min satu huruf” berarti dengan membaca aliflammin saja sudah mendapat 3 kebaikan yang dilipatgandakan menjadi 30 kebaikan.

9. Hadits yang ke-9 adalah hadits dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu Anhu, bahwasanya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda “Akhirat nanti akan dikatakan pada orang yang banyak membaca Al-Quran, ‘Bacalah dan naiklah dan tartilkanlah bacaanmu, sebagaimana engkau telah mentartilkannya didunia karena sesungguhnya tingginya tempat tinggalmu tergantuang pada akhir ayat yang kamu baca.” hadits ini dari Abu Daud dan Tirmidzi dan menunjukan kepada kita bahwa orang yang membaca Al-Quran akan dihargai oleh Allah Ta’la dan ditempatkan ditempat yang tinggi sesuai dengan tinggi (banyaknya) ayat yang ia baca selama di dunia. semakin banyak ayat yang dia baca, maka semakin tinggi kedudukannya di Akhirat.

Dari hadits-hadits diatas yang menunjukan keutaman membaca Al-Quran tersebut, pasti diantara kita tidak akan melewatkan barang sehari membaca Al-Quran. Buat kamu yang sibuk dengan pekerjaan atau kuliah, pasti ada waktu kosong walaupun sempit, seperti waktu-waktu setelah sholat shubuh, atau waktu setelah sholat Maghrib sambil menunggu sholat Isya. Gunakan waktu tersebut untuk membacanya supaya kita dapat keutamaan yang telah disebutkan pada hadits-hadits diatas.

Semoga bermanfaat yang membacanya. Bila ada kata-kata mengenai hadits diatas, mohon perbaikannya.

One thought on “Baca Al-Quran Yuk !!!

  1. Ping-balik: Ayuuk belajar AlQor`an, rek « Emilanakhosy's Blog

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s