Mengapa harus OOP ?

Apa sie OOP itu ? Lalu apa bedanya dengan coding yang biasanya (procedural) ?

Sebagian newbie programmer seperti saya ini pasti akan bertanya-tanya kenapa dan mengapa harus OOP. Awal Saya kenal OOP sebenarnya dimulai dari proses ulik sendiri apa itu pemrograman Java. Selain itu saya juga sering membaca Koran dan mendapat kiriman lowongan kerja dari jobstreet.com, walau belum lulus, kita mesti update kebutuhan perusahaan-perusahaan IT mengenai kualifikasi persyaratan calon karyawannya yaitu kita sendiri tentunya.

Lari dari Java ke PHP karena mau focus ke web programming saja,,ternyata eh ternyata di PHP mulai digencar-gencarkan konsep OOP, terbukti dari versi 5 nya yang kini support dengan konsep tersebut. Sebagai calon programmer, kita mesti siap dan mau untuk mempelajarinya. Jadi inget omongan salah satu teman yang bilang “Perusahaan itu gak butuh pekerja yang pintar, tapi butuh pekerja yang mau maju dan mau belajar.

Mengenai apa itu OOP, mungkin teman-teman sudah banyak yang mengetahui apa dan maksud dari OOP dari berbagai sumber. Yang ingin saya coba jelaskan dan uraikan adalah mengapa kita harus menerapkan konsep OOP pada kode-kode kita. Berikut adalah alasan mengapa kita mesti dan mulai menerapkan konsep OOP.

  • Dengan OOP, kode-kode yang kita buat menjadi lebih rapih dan terstruktur.
  • Dengan OOP, proses reuse kode-kode yang kita buat untuk project yang hampir sama, mudah, karena kode yang kita buat rapih dan terstruktur. Sehingga untuk mengubah atau reuse kode gak pusing-pusing lagi.
  • Konsepnya per modul. Pernah buat fungsi ato prosedur di C atau di PHP ? lalu kita tinggal panggil saja kan nama fungsinya. Kalau error pasti mudah diketahui karena terbaca dari fungsi yang kita panggil. Itulah maksudnya konsep per modul. Sehingga dengan OOP, kita dimudahkan untuk membuat dan membaca kode kita (efisiensi kode).
  • Konsep OOP juga memudahkan kita untuk menganalisa program yang kita akan buat. Ini akan sangat terasa kalau kita membuat program besar dan riwet.

Dari alasan tersebut, tidak salah kalau sekarang perusahaan-perusahaan membutuhkan programmer yang mampu dan paham mengenai konsep OOP. Karena dengan konsep ini, program yang dibuat akan lebih terstruktur dan cepat untuk dibuat. Apalagi kalau sudah menggunakan Framework yang sudah pasti menggunakan konsep OOP. Jadi mari kita mulai biasakan menggunakan konsep OOP dalam membuat program.

Dari penjelasan diatas, bukan berarti saya mahir dalam OOP, saya juga masih dan dalam mempelajari konsep satu ini di PHP dan Javascript. Jadi mohon dikoreksi bila ada kata-kata yang salah atau mungkin teman-teman yang sudah pengalaman menggunakan konsep ini bisa menambahkan alasan-alasan tersebut.

Terimakasih, semoga ada manfaatnya.

referensi :

http://liquidphp.net/content/why-object-oriented-programming

http://www.felixgers.de/teaching/oop/oop_intro.html

Iklan

12 thoughts on “Mengapa harus OOP ?

  1. KoDok SevenFold :

    Mas ada Buku or ebook indo tentang oop gx??? maklum pemula hehehhehehhehe ^_^

    OOP apa dulu ne ?
    kalu PHP,,cari di Indowebster Kang…keywordnya OOP PHP..
    klu gak salah punya Kang Gerry…
    penjelasannya jelas banget..

  2. @ virgi :
    iya Kang,,maennya kelas..dasarnya itu..
    anjuran ya,,pelajari OOP basic di Java dulu deh..nanti kalu udah paham..gampang ke OOP PHPnya…
    saya juga blum lama ini mulai ke OOP PHP..

  3. Ping-balik: OOP Pada PHP : Class, Property, Method dan Objek | Adiputra's Blog

  4. Ping-balik: OOP Pada PHP : Class, Property, Method dan Objek | Adiputra

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s