Visual Paradigm, Modelkan Programmu dengan mudah

Visual Paradigm sesuai dengan motonya “Build Quality Applications Faster, Better and Cheaper” adalah tool program yang berguna bangat kalau kita membuat aplikasi dengan proses pemodelan terlebih dahulu. Apa itu pemodelan dalam kaitannya dengan software ? mungkin pertanyaan itu yang muncul dipikiran teman-teman mahasiswa ataupun programmer awam yang buat program asal jadi dan jalan mulus. Ya, ternyata untuk membuat program gak langsung coding, mesti ada tahapan-tahapan yang mesti dilakukan.eits,,nyimpang dari judul niy,,yang ingin tahu lebih dalam mengenai tahapan pembuatan software (Rekayasa Perangkat Lunak) tersebut bisa lihat di situs www.uml.org.

Oke, disini saya hanya sedikit memberitahu bukan promosi software ya,,Visual Paradigm ini sangat memudahkan kita dalam memodelkan mentah software aplikasi yang hendak kita buat. Berikut adalah tampilan awal program ini.

Disini saya menggunakan contoh pemodelan Saya tokobuku.

Notasi yang digunakan dalam pemodelan adalah UML sebagai notasi standard dari pemodelan software. Pada Visual Paradigm ini banyak sekali Diagram UML yang siap untuk digunakan, kita tinggal memilih saja Diagram apa yang mesti kita gunakan

Selain Diagram yang lengkap, terdapat juga simbol-simbol Diagram yang lengkap pula sehingga memudahkan kita membuat pemodelannya, tinggal klik tarik pasang..:)

Selain itupula, kita dapat memodelkan database yang akan kita buat

Pemodelan yang kita buat juga dapat kita export dengan berbagai tipe sesuai dengan keinginan kita, dapat di export ke tipe Excel, XML, Image, ataupun DOC Word

Dari semua kepraktisan tersebut, sayangnya aplikasi ini tidak dapat men-generate code dari pemodelan yang telah kita buat (versi Community Edition). Kita mesti membayar aplikasi ini menjadi versi professional untuk dapat menggunakan fitur tersebut.
Gak pas sama kondisi mahasiswa ya, ;( tapi lumayan lah,,memodelkannya praktis ketimbang menggunakan Relational Rose saingannya. Untuk coba menggunakannya kamu dapat download di alamat ini http://www.visual-paradigm.com/download/vpuml.jsp?edition=ce.

Saingannya yang kadang saya coba itu ada Relational Rose dan StarUML, mangga dicobian 🙂

Moga bermanfaat ya…

Iklan

7 thoughts on “Visual Paradigm, Modelkan Programmu dengan mudah

  1. gaman caranya ngeksport gambar diagram yang dibuat biar ga terlihat ada background tulisan visual paradigm community?? thanks 🙂

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s