Flashback 2010 dan Planning 2011


Tahun 2010 kini sebentar lagi tinggal kenangan, kalau diingat-ingat apa saja yang sudah dilakukan, kejadian-kejadian apa saja yang terjadi dalam keseharian kita akan menjadi sesuatu yang mungkin akan membuat kita semangat atau mungkin akan membuat kita semakin down. Ini merupakan pengalaman yang mungkin akan sangat berguna buat dibaca dan ditulis oleh saya sendiri tentunya.

Tahun 2010 merupakan tahun yang Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, karena beberapa rencana dan keinginan telah menjadi kenyataan. Sebagai hamba yang lemah, saya mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah subhanallah wata’ala karena telah diberikan sesuatu yang sesuai dengan keinginan saya. Terimakasih juga kepada keluarga saya dan teman-teman seperjuangan di teknik informatika Unikom yang telah membatu saya menjalani tahun 2010 lebih baik lagi.

Masih teringat pada akhir tahun 2009 yang membuat saya mesti ada perubahan mengenai cara belajar saya. Akhir tahun itu saya putuskan untuk focus ke dunia pemrograman web setelah harus berpusing ria dengan pemrograman Delphi dan Java. Keputusan itu yang membuat saya lebih baik dan terfokus tentang sebenarnya dimana bidang kompetensi yang saya akan geluti nanti. Awal tahun 2010 saya mulai ngutak-ngatik dasar-dasar PHP, CSS, dan Javascript. Saya juga coba terapkan pada tugas-tugas kuliah saya, membuat aplikasi sederhana lalu sharing hasil di blog ini.

Pertengahan Maret, saya dapat kesempatan untuk kerja praktek disalah satu perusahaan ternama di Indonesia PT Dirgantara Indonesia. Syukur Alhamdulillah juga ditempatkan pada bagian yang sesuai, web development. Disana saya mengerjakan beberapa modul dari aplikasi perusahaan tersebut yang akan konversi dari VB ke Web menggunakan Zend Framework, PostgeSQL, dan Jquery. Dari tempat inilah saya mulai memahami cara kerja MVC dari Framework, Teknik Ajax dengan Jquery dan lain sebagainya

Bulan selanjutnya, tepatnya bulan Juni, saya mendapat kesempatan mengerjakan 2 project bekerja sama dengan “VISI-WEBDESIGN”. Sayangnya terdapat permasalahan mengenai proses developmentnya dengan klien, tapi Alhamdulillah saya mendapat lebih dari sekedar uang semata. Bagaimana seharusnya dan yang mesti diperhatikan dalam masalah development dengan klien.

Dari situlah, kemampuan teknik programming saya menambah. Latihan, mengerjakan beberapa project dan berdoa membuat saya semakin yakin kalau ini memang bidang saya. Masalah kuliah saya, Alhamdulillah tidak terdapat permasalahan yang begitu signifikan. IP semester 6 pun diatas 3.5 dan membuat saya selalu bersyukur atas semua yang saya dapatkan.

Ngetraktir keluarga makan bersama dengan hasil keringat kita merupakan hal yang sangat terkesan buat saya dan ditahun ini saya mampu melakukannya, membuat semua anggota keluarga tersenyum menikmati hidangan makanan yang telah saya persiapkan.

Bagaimana tahun 2011 ?

Dalam buku Setengah Isi Setengah Kosong disebutkan bahwa

“Memulai aktifitas diawal tahun, perencanaan yang baik menjadi dasar aktifitas yang kuat, visi yang jelas sangat membantu mengarahkan aktifitas secara efektif dan efisien, sedangkan komitmen untuk terus maju membuat kita akan mengalami hal-hal yang tidak terduga sebelumnya, berupaya percepatan penyesaikan tugas-tugas yang terencana.”

Dikutipan tersebut, terdapat makna yang mendalam mengenai bagaimana menyikapi suatu hari esok. Persiapkan dan Rencanakan, buat visi dan misi kita sejelas-jelasnya dan cobalah untuk berkomitmen dengan apa yang telah kita rencanakan. InsyaAllah step by step kita akan mendapatkan suatu hasil dari kerja keras kita serta doa tentunya.

Lalu apa basic rencana tahun 2011 buat saya, berikut beberapa yang akan saya rencanakan.

  1. Lulus kuliah. Prioritas utama tahun ini saya fokuskan untuk 2 kata tersebut. Maklum keluarga saya selalu menanyakan “tahun terakhir kan besok ?”
  2. Perbaikan menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi. Mumpung masih muda, banyak energi dan belum ada tanggungan berkeluarga, banyakin ibadah dan belajar mengenai hakikat islam dalam kehidupan.
  3. Skill kompetensi yang ingin saya kembangkan lebih dalam lagi :
    • Codeigniter
    • ExtJS, Jquery
    • Modifikasi CMS; WordPress dan OpenCart
    • Teknik Modelling Development Software seperti Agile
  4. Entrepreneur kecil-kecilan. Ada rencana kecil dagang kecil-kecilan kerja sama insyAllah sama Anas

Semoga Allah mengiyakan rencana saya tersebut. Usaha akan selalu dilakukan lebih keras dan cerdas disertai doa tentunya.

Lalu apa rencana tahun 2011 kamu kedepan ??? Mulai rencanakan ya..:)

Semoga bisa menginspirasi..

5 thoughts on “Flashback 2010 dan Planning 2011

  1. Assalamu’alaikum..
    Semoga bisa terealisasi apa yang kamu rencanakan di tahun 2011…
    N BTW bisnis apaan sama Anas?

  2. @Tio :
    Walaikoemsalam,,
    Amien..amien..amien Yo..butuh management waktu yg konsisten..
    Haturnuhun doanya…:)

    bisnis apa ? hehe..
    buat baju untuk kalangan tertentu..tp smpe skrg blum jalan cz anas konsen cari kerja..ane konsen ke Skripsi..:)

  3. Ping-balik: Sudah 22 Tahun… | Adiputra's Blog…

  4. Denger dari temen, katanya si Anas udah mulai kerja Di,
    Gimana Skripsinya udah sampe bab berapa nih?
    Oiya udah berkurang 1 tahun nih umurnya?

    NB: w lagi di bekasi nih. (23-27 Maret 11)

  5. @Tio :
    iya De,,kemarin sempet sms,,katanya awal April doi dah pasti mampir ke AHM…

    Skripsi Bab 3 On Progress De..Program masih skitar 30%..

    Muhun De,,doain gw De,,biar dimudahkan jalannya..;)

    Anas juga katanya lagi di Bekasi ya..
    Pas banget gw jumat bsok sampai kamis atau rabu di Bekasi…

    Ketemuan yuk De,,diskus tnt usaha,,gw ada berapa list usaha..
    Nomor HP ente gontaganti..gw bingung De…

Silahkan Komentar...

