Manajemen Penggunaan Internet Untuk Pelajar

Beberapa hari lalu saya mengikuti seminar mengenai peran e-Learning untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia yang diadakan di ITB. Niat untuk mengikuti seminar tersebut sebenarnya ingin mengetahui apa itu e-Learning secara mendalam yang nantinya mungkin akan jadi ilmu tambahan (kalu ada projectkan e-Learning 🙂 ). Namun ternyata banyak sekali ilmu yang didapat dari seminar tersebut, yang salah satunya akan saya sesuaikan dengan judul artikel ini.

“Management waktu penggunaan internet”, judul ini saya ambil karena memang sangat mengena dengan salah satu pertanyaan dari seorang developer e-Learning yang datang pada seminar tersebut. Pertanyaan developer e-Learning tersebut hampir sama dengan salah satu guru yang menanyakan (baca:mengeluhkan) tentang kini pelajar-pelajar di sekolah lebih cenderung membuka social networking (baca:facebook atau twitter) daripada membuka email kiriman tugas-tugas dari guru yang telah dikirim. Si Pelajar lebih cenderung melakukan chatting atau fitur-fitur lainnya yang telah disediakan oleh social networking daripada melakukan browsing materi-materi tugas sekolah.

Dari pertanyan tersebut saya lantas mengingat salah satu teman yang datang ke kost saya untuk menggunakan internet karena ingin mencari bahan kuliah. Namun akhirnya, bahan kuliah tidak didapat karena asyik chatting dan mengomentari status teman-temannya di facebook. Hal tersebut pasti pernah kita alami dan bukan sesuatu hal yang aneh lagi.

Jadi social networking itu ngejebak ?? social networking itu ngebuat kita lupa akan tugas-tugas kita ?? karena kalau kita menggunakan social networking jadi lupa waktu ??

Mungkin pertanyaan itu akan memiliki jawaban “Ya” kalau kondisi seperti yang pernah dilakukan oleh teman saya itu. Bahan tugas gak dapet, waktu untuk mengerjakan tugas jadi berkurang. Namun saya tidak mengatakan bahwa social networking itu tidak penting atau tidak bermanfaat karena kita tidak bisa lepas sebagai makhluk social yang kini mengalami perubahan kultur ke arah yang segalanya dilakukan secara digital (baca: internet).

Sebenarnya tidak hanya social networking saja yang membuat kita lupa akan waktu dan tugas-tugas kita yang semestinya kita kerjakan. Ada banyak sekali media atau topic-topik lain seperti forum, milis, diskusi-diskusi diinternet, lalu bisa juga game online yang apabila kita tidak ménage waktu dengan baik, kita akan kehilangan tugas-tugas kita.
Dari situlah perlu adanya management waktu penggunaan internet, kapan kita mesti bersosial di internet maupun di kehidupan nyata, kapan kita harus belajar dari internet maupun belajar dari kehidupan nyata.

Bagaimana caranya ? Mungkin sedikit tips ini akan dapat berguna untuk memanage penggunaan internet kita :

  1. Time Management, waktu itu modal yang sangat sangat penting dari kehidupan kita. Saya pernah mendengar salah satu ulama yang diminta untuk membicarakan hal yang tidak berguna oleh seorang awam, lantas si Ulama mengatakan “kalau kamu dapat menghentikan matahari itu terbit dan tidak tenggelam lagi, mari kita membicarakan hal tersebut”. Nampak terlalu sekali ulama tersebut mengatakan hal itu, namun yang saya ambil adalah bagaimana nilai waktu bagi ulama tersebut.

    Refressing itu penting, komunikasi dengan teman-teman itu juga penting, tapi ingat juga tugas-tugas yang mesti kita kerjakan. Jadi mesti ada penjadwalan khusus kapan harus mengerjakan tugas, kapan harus membuka social networking, kapan harus chatting dengan teman-teman, kapan harus mencari bahan dari internet, kapan harus meningkatkan skill dengan membaca literature dari internet dan lain sebagainnya. Oh iya,,yang kehidupan nyatanya juga mesti dijelajahi loh :). Jadi menurut saya mesti dikasih waktu dan jam untuk membuka social networking dan batas waktu setelah kita buka.

  2. Prioritaskan hal yang penting sampai hal yang kurang penting yang masih mungkin kita lakukan. Ingat arti dari diri kita dan tugas-tugas kita, misalnya; kalau kita pelajar, kerjakan tugas-tugas terlebih dahulu baru mengerjakan hal lain seperti main game atau hal lain yang kurang penting tapi ingat asalkan tugas-tugas kita sudah selesai dikerjakan. Jangan sampai seperti kasus teman saya diatas, karena asik chatting jadi melupakan bahan yang mau dicari di internet.
  3. Cara unik lainnya biar tidak lupa kalu sudah chatting atau diskusi dengan teman-teman di social networking adalah menempelkan secarik kertas di monitor dengan kata-kata yang mengingatkan kita misalnya “sudahkan anda sholat ?”, “Inget tugas dan kerjaan kita..!”, dan lain sebagainya,,tinggal sesuaikan saja dengan diri kita masing-masing.

3 cara itu yang biasa saya gunakan untuk memanagement penggunaan internet, terutama masalah social networking dan sejenisnya yang kadang lupa akan waktu. Mungkin ada cara-cara khusus yang lebih baik yang pernah teman-teman lakukan ? silahkan tambahkan ya..

Terakhir, saya hanya mengingatkan bahwa zaman sekarang kalau mau tetap bisa eksis adalah dengan cara menambahkan informasi lebih banyak lagi. Dengan informasi, kita akan mengetahui sesuatu yang akan berguna buat bidang kita. Manfaatkan internet untuk menggali dan menggali informasi yang sesuai, bukan sekedar untuk main game atau chatting yang sampai 2-3 jam lebih kita melakukan hal itu. Sayang sekali apabila keberadaan internet hanya dipakai untuk hal tersebut saja.

Iklan

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s