Dapatkan Passion Kamu…

Dapatkan Passion Kamu” itulah kalimat yang saya dapat setelah mengikuti salah satu seminar di ITB mengenai ITPreneurship. Seminar yang membahas mengenai cerita-cerita senior dalam berwirausaha di bidang IT. Dari seminar itu saya ingin berbagi pemikiran dengan teman-teman mengentai Apa itu Passion ? dan Apa Hubungannya apa dengan dunia IT ? Lalu bagaimana kita mendapatkan Passion Kita di bidang IT ? Berharap tulisan ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

Apa itu Passion

Kalau menurut saya Passion adalah suatu kegiatan kita dimana dengan kita menjalankan kegiatan kita itu, kita merasakan nyaman dan tenang sehingga untuk menjalankan kegiatan lain kita akan cenderung melupakannya. Passion disini saya sebut seperti Hobby namun perbedaan mendasar antara Passion dan Hobby adalah Passion merupakan suatu pekerjaan kita sedangkan Hobby merupakan suatu hiburan kita setelah kita lelah melakukan pekerjaan kita.

Salah satu ciri Passion adalah kita mengerjakan pekerjaan bukan karena materi atau yang lain namun karena memang ketertarikan atau kesukaan kita mengerjakan pekerjaan itu dengan hati yang tulus. Satu lagi ciri yang biasanya kegiatan itu disebut Passion kita yaitu dimana saat kita mengerjakan pekerjaan, kita melupakan pekerjaan yang lain, fokus dengan pekerjaan yang menjadi Passion kita. Kegiatan yang biasa dilakukan akan menjadi lupa dikerjakan apabila kita melakukan pekerjaan A. Nah pekerjaan A tersebut bisa disebut Passion kita.

Pernah mendengar “orang seni itu berpenampilan buruk, rambut berantakan karena jarang mandi” atau “programmer itu kurus-kurus karena suka begadang”. Ya mungkin karena suka dengan seni, maka orang seni lebih suka memikirkan bagaimana keindahan seninya dibanding mandi walaupun hanya sebentar, atau seorang programmer tidak menyangka setelah mengerjakan beribu-ribu baris sourcecode malam hari, tau-tau sudah hari sudah pagi.

Hubungan dengan dunia IT

Saat seminar, Pembicara menceritakan salah satu pegawai Google yang mengobrol / bercengkrama dengan teman satu devisi nya di Google. Kedua pekerja Google tersebut sedang berada pada satu tempat hiburan. Salah satu pegawai Google mengatakan “ah, bosan nih…yuk kita ke kantor saja lah”. Ada yang aneh dari kalimat tersebut ??? Ya pegawai Google tersebut merasa bekerja di kantor lebih enak dan (tidak bosan) daripada di tempat hiburan.

Salah satu kegiatan yang bertolakbelakang dengan kehidupan perkantoran kita bukan ??? Biasanya kita lebih cenderung enggan berlama-lama di kantor mengerjakan tugas-tugas yang ada dan berharap bel atau waktu kerja selesai. Kita merasa berat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kita, tidak menikmati apa yang kita kerjaan atau boleh dibilang apabila ada pekerjaan lain yang lebih ringan dan lebih menguntungkan, maka kita ambil saja pekerjaan itu dan meninggalkan pekerjaan kita.

Namun hal itu berbeda dengan 2 orang pekerja Google yang diceritakan diatas. Pekerja Google tersebut merasakan lebih enak dan nyaman berada di kantor dibanding di tempat hiburan. Mengapa ??? Karena pekerja Google memiliki Passion tentang pekerjaannya di Google. Memiliki ketertarikan yang lebih dari pada mengerjakan pekerjaan lain. Merasakan mengerjakan pekerjaan di Google lebih baik daripada mengerjakan kegiatan hiburan. Itulah Passion…

Cerita lain saya dapatkan lagi dari salah satu teman saya. Dia memiliki seorang kakak, sebut saja “Ardimas” (bukan nama asli). Saya kaget karena melihat banyak sekali CD Linux dan Majalah Linux yang ada pada teman saya itu. Teman saya menjelaskan bahwa kak Ardimas dulu sangat menyukai dan bisa dibilang “gila” dengan Linux. Setiap hari kuliahnya mengulik Linux, mencoba tutorial yang ada di majalah Linux dan hal lain yang berkaitan dengan Linux. Namun sekarang Ardimas menjadi seorang PNS, yang kegiatannya sangat tidak nyambung dengan kegiatannya dulu waktu kuliah. Teman saya mengatakan bahwa Kak Ardimas sekarang sedang kuliah lagi dan ingin menjadi seorang dosen. Kak Ardimas tidak ingin seperti sekarang yang kerjaannya disuruh orang ini itu walaupun mendapat gaji yang bisa disebut “aman”.

Dari cerita Kak Ardimas, saya pikir kalau Kak Ardimas passion nya di bidang Linux. Dia sangat menyukai sekali dunia Linux. Dan pekerjaan yang sekarang sangat bertolakbelakang dengan passion Kak Ardimas dan pasti akan meninggalkan pekerjaan sekarang untuk kembali ke pekerjaan yang sesuai dengan Passion Kak Ardimas.

Lalu apa hubungannya dengan dunia IT ??? Karena background pendidikan saya adalah dunia IT maka saya mencoba mengkaitkannya. Hubungan Passion di bidang IT akan sangat penting mengingat bidang IT merupakan bidang yang sangat dibutuhkan sekarang ini. Memiliki Passion di bidang IT akan memantapkan kita berdiri di bidang ini mengingat bidang ini sangat cepat sekali perkembangannya. Maka dibutuhkan Passion untuk kita yang ingin survive di dunia IT.

Bagaimana mendapatkan Passion ?

Apa Passion itu merupakan bawaan orang tua yang sudah ada saat kita lahir ??? Atau kita sendiri yang menentukan ?? Menurut saya Passion itu didapat dari pengalaman kita atau aktifitas kegiatan kita yang sering kita lakukan. Hari-harinya lah yang akan menentukan Passion kita karena passion itu didapat dari apa yang telah kita lakukan dengan perasaan kita sendiri dalam mengerjakan pekerjaan itu. Jadi untuk mengetahui apakah pekerjaan kita sekarang ini merupakan passion kita ??? Jawab sendiri pada hati tulus terdalam kita sendiri…Lalu bagaimana apabila pekerjaan kita sekarang bukan merupakan passion kita ??? Beralih,dan cari passion kita sekarang juga…! Lakukan beberapa pekerjaan dimana pekerjaan itu lebih kita nikmati dibanding dengan pekerjaan yang lain.

Akhir artikel, buat teman-teman mahasiswa terutama jurusan Komputer (*apapun namanya), cari sekarang passion kita. Waktu perkuliahan merupakan setengah waktu untuk mendapatkan passion kita, setengah waktu lagi, kita dapatkan dari latihan-latihan dan diskusi-diskusi dengan senior yang sudah merasakan asam pahit nya di dunia IT diluar waktu perkuliahan.

3 thoughts on “Dapatkan Passion Kamu…

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s