Nge-Blog Ibarat Menanam Pohon, Bermanfaat Untuk Makhluk


Rasulullah Sholollahu alaihi Wassalam bersabda,

“Jika hari kiamat telah tegak, sedang ditangan seorang di antara kalian terdapat bibit pohon (kurma); jika ia mampu untuk tidak berdiri sampai ia menanamnya, maka lakukanlah.” (Riwayat Ahmad, al-Musnad, 3/182,184,191, ath-Thayalisiy)

Ulama hadits, Syekh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, menyatakan bahwa:

“Tak ada sesuatu (yakni,dalil) yang paling kuat menunjukan anjuran bercocok tanam sebagaimana dalam hadits-hadits yang mulia ini, terlebih lagi hadits yang terakhir diantaranya, karena di dalamnya terdapat targhib (dorongan) besar untuk menggunakan kesempatan terakhir dari kehidupan seseorang dalam rangka menanam sesuatu yang dimanfaatkan oleh manusia setelah ia (si penanam) meninggal dunia. Maka pahalanya terus mengalir, dan dituliskan sebagai pahala baginya sampai hari kiamat.” (al-Ahadits Ash-Shahihah,1/1/38)

Diriwayatkan, ada seorang laki-laki bertemu Abu Darda’ yang sedang menanam pohon. Kemudian, laki-laki itu bertanya kepada Abu Darda’, “Hai Abu Darda’, mengapa engkau tanam pohon ini, sedangkan pohon ini tidak akan berbuah kecuali sekian tahun lamanya.” Abu Darda’ menjawab, “Bukankah aku akan memetik pahalanya di samping untuk makanan orang lain ?”

Keutamaan Menanam Pohon

Ketahuilah, menanam pohon bisa bernilai ibadah, di mana bila pohon tersebut berbuah dan buahnya dimakan burung dan manusia maka dihadapan Allah Ta’ala itu bernilai sedekah. Dan perlu teman-teman tahu bahwa oksigen yang dihasilkan pohon itu adalah juga makanan yang dihirup (dimakan) setiap tarikan nafas makhluk Allah Ta’ala. Dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rasulullah Sholollahu alaihi Wassalam bersabda,

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (Riwayat Imam Muslim, Hadits no.1552)

Dalam hadits lain, Jabir bin Abdullah berkata, telah bersabda Rasulullah Sholollahu alaihi Wassalam,

“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat” (Riwayat Imam Muslim hadits no.1552(10))

Jika perbuatan yang mempunyai manfaat dan maslahat kemudian manusia atau hewan mengambil manfaat darinya, maka kebaikan bagi pelakunya meski dia tidak meniatkan, dan jika diniatkan maka bertambahlah kebaikan itu dengan kebaikan lagi, dan Allah Ta’ala memberinya keutamaan yaitu berupa pahala yang banyak.

Kemiripan nge-Blog dengan menanam pohon.

Nge-Blog merupakan kegiatan menulis beberapa tulisan berupa pendapat, keilmuan dalam bidang tertentu, atau mungkin hanya unek-unek yang dilakukan seseorang pada suatu media internet. Tulisan yang ditulisnya dalam suatu media internet tersebut nantinya akan dibaca oleh beberapa orang yang mencari pada suatu alat pencari (baca Google, Yahoo atau Bing). Beberapa orang yang membaca tulisan tersebut akan menambah pengetahuan si pembaca atau mengabaikan tulisan tersebut. Apabila dengan tulisan tersebut si pembaca bertambah pengetahuannya lalu mengamalkan isi dari tulisan tersebut, maka tentu si penulis tulisan akan mendapatkan ganjaran pahala tiap orang yang mengamalkannya.

Mirip seperti menanam pohon, saat seorang menanam pohon maka dia tidak sadar bahwa pohon itu dimanfaatkan oleh serangga, semut, dan binatang lainya untuk tetap hidup bergantung pada pohon yang ia tanam. Menulis pada media blog juga seperti itu, saat kita menulis tulisan lalu mempostingnya, kita berharap ada pembaca yang memanfaatkan tulisan kita dan mengamalkan di kehidupan pembaca tentang apa yang kita tulis.

Pohon akan terus bermanfaat saat pohon tersebut hidup (tidak mati atau ditebang), selama itulah kita mendapatkan manfaat dari pohon. Sedangkan apabila kita menulis tulisan pada media blog, manfaat dari blog akan kita dapatkan apabila blog tidak dihapus.

Dan saya rasa saat blog tersebut sudah lama tidak dibuka sekalipun admin nya, kita tetap dapat membuka halaman depan, sebagai contoh blog saya dulu yang berada di http://im-nyoman.blogspot.com/ , blog tersebut dibuat saat awal kuliah sekitar tahun 2008 dan sekarang lupa password login nya, hehe. 🙂

Akhir paragraf, mari mulai nge-blog, tuliskan tulisan yang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak walaupun hanya unek-unek atau pengalaman hidup teman-teman. Satu hal bagi saya yang amat senang saat nge-blog adalah ucapan terimakasih, bahkan doa dari pembaca.

Semoga dapat menyemangati teman-teman untuk mulai nge-blog. Met nge-blog ria..:)

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s