Mengambil KPR atau Membuat Rumah Sendiri ?

Mungkin pertanyaan ini yang anda pikirkan saat anda berencana untuk tinggal di rumah sendiri dengan pasangan anda tanpa “rumah idaman mertua” atau “rumah warisan orangtua”. Pertanyaan ini wajar karena anda sudah ingin mandiri mengatur rumah tangga anda tanpa campur tangan orang lain. Saya akan coba bahas mengambil KPR atau membuat rumah sendiri. Tulisan ini diambil dari pengalaman kakak saya yang membuat rumah sendiri dan pengalaman saya ngobrol dengan sales KPR lalu obrolan dengan teman yang sudah mengambil KPR.

Apa itu KPR ?
KPR (menurut saya) merupakan satu proses dimana terdapat Anda, Developer dan Bank untuk membuat rumah yang telah direncanakan oleh developer. Anda sendiri membayar beberapa X rupiah ke pihak Developer untuk membantu anda memiliki rumah dengan bantuan dana dari pihak Bank. Setelah anda dinyatakan baik oleh pihak Bank “dari segi keuangan”, Pihak Developer lanjut untuk membangun rumah yang sudah direncanakannya dan di IYA kan oleh anda. Antara anda dan Bank terikat masa pembayaran per bulan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan persyaratan yang ada untuk membayar rumah yang akan dibangun oleh developer (Cicilan). Dari pengertian tersebut, anda tidak lepas dengan Developer, Bank dan Cicilan.

Lalu apa saja keuntungan mengambil KPR, berikut adalah keuntungan mengambil KPR :

  1. Fasilitas sudah tersedia.
    Fasilitas seperti jalan yang rapih, keamanan lingkungan, sudah ada tempat pertokoan, saluran pembuangan air, sampah yang sudah tersedia menjadi salah satu kelebihan apabila kita ingin mengambil KPR
  2. Lingkungan yang baik.
    Tetangga dan lingkungan tidak bisa lepas saat kita sudah memiliki rumah. Biasanya saat anda membeli tanah di pelosok dengan harga murah. Lingkungan dan tetangga anda pun “pelosok”. Kakak saya dengar bahwa daerah tempat rumah barunya masih banyak masyarakat yang percaya dukun. Dan biasanya, KPR dijalankan oleh pihak developer dan bank di wilayah yang strategis.
  3. Tidak membutuhkan banyak dana
    Untuk membuat rumah sendiri, anda membutuhkan biaya kurang lebih 150jt untuk rumah yang sederhana. Saat anda mengambil KPR, perkiraan dana awal sekitar 20 juta, tergantung tipe rumah dan bahan material membangun rumah KPR. Dengan dana tersebut, ringan buat anda yang belum memiliki tabungan sekitar 150 juta bukan.

Lalu apa saja perkiraan kerugian mengambil KPR, berikut yang saya catat :

  1. Kualitas rumah yang buruk
    Dibeberapa tempat saya survey dan lihat langsung KPR di bekasi. Banyak sekali perumahan yang retak, miring temboknya, lantai yang tidak rata dan lainnya. Beberapa teman bilang pula saat pembangungan rumah oleh developer tidak sesuai dengan yang tertulis materialnya, seperti fondasi tidak semua diisi dengan batu kali, mesin pompa air yang tidak dalam menggalinya dan banyak hal lain yang saya dengar dari orang yang sudah mengambil KPR.
  2. Kredit yang lama sampai bertahun-tahun
    Seperti yang anda ketahui KPR di indonesia lama jangka waktunya, ada yang 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, bahkan ada yang sampai 30 tahun. Bayangkan tiap bulan anda dikenakan biaya selama jangka waktu tersebut.

Membuat Rumah Sendiri
Sebagian orang ada yang berharap dapat membuat rumah sendiri sesuai keinginannya. Dengan membuat rumah sendiri, ada kepuasan saat menjalani proses pembuatan dan melihat hasil rumah indah. Seperti yang dikatakan Kakak saya, saat proses membangun, banyak ilmu, pengalaman yang kita tidak tahu. Dan setelah selesai, rumah pun jadi kebanggaan sendiri.

Sebelumnya anda sudah baca keuntungan dan kerugian mengambil KPR, sekarang bagaimana dengan membuat rumah sendiri. Berikut adalah keuntungan membuat rumah sendiri :

  1. Kualitas rumah sesuai yang kita mau
    Dengan membuat rumah sendiri, kita dapat rencanakan bentuk dan kualitasnya rumah yang kita mau. Kamar seperti apa, atap dan kamar mandi seperti apa, semua yang kita rencanakan.
  2. Tidak diberatkan biaya yang berkepanjangan
    Seperti KPR yang mesti dibayarkan tiap bulan selama jangka waktu tertentu, membuat rumah sendiri hanya membutuhkan dana sekali saja. Jadi anda tidak diberatkan dengan aturan KPR tersebut.
  3. Banyak ilmu, pengalaman dan rasa bangga saat membangun rumah anda sendiri

Dan beberapa kerugian membuat rumah anda sendiri :

  1. Membutuhkan dana yang banyak
    Seperti yang saya sebutkan diatas, perkiraan membuat rumah membutuhkan dana yang banyak. Dana-dana tersebut untuk membeli material seperti semen, batu bata, krikil, genteng, besi, batu kali dan banyak lagi. Selain itu anda juga harus mempersiapkan dana untuk tukang yang akan membangun rumah anda.
  2. Sulit mencari tanah untuk rumah
    Tanah untuk rumah menjadi awal pertama anda untuk membuat rumah sendiri. Anda harus mencari tanah yang baik. Kakak saya bilang, tanah yang baik itu tanah yang coklat bukan tanah bekas pertanian. Tanah coklat lebih kuat dibanding tanah bekas pertanian yang cenderung turun kebawah.
  3. Fasilitas lain yang harus dipikirkan lagi
    Beberapa fasilitas lain seperti saluran buang air, sampah. Lalu jalan tempat kendaraan kita berjalan harus dipikirkan. Biasanya fasilitas ini harus kerja sama dengan warga dan lingkungan sekitar. Akses untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti dekatnya dengan mall, pertokoan juga harus dipikirkan anda.

Dari bahasan yang telah saya tulis diatas, anda dapat mencoba untuk memikirkan kira-kira apa yang akan anda ambil untuk bisa memiliki rumah bersama dengan pasangan anda, pikiran pula pendapatan dan pengeluaran anda kedepan serta tabungan tentunya.

Beberapa bahasan tersebut tidak selamanya betul, tapi hampir seperti adanya dilapangan. Semoga dari bahasan singkat ini menjadi bahan tambahan anda untuk memiliki rumah sendiri.


Note : keuntungan dan kerugian dari 2 cara tersebut mungkin bisa anda tambahkan di komentar

13 thoughts on “Mengambil KPR atau Membuat Rumah Sendiri ?

  1. mending enak beli tanah kavling dulu secara kridit selama 4 tahun sekaligus nabung buat bangun rumahnya.
    cicilan tanah lunas, tabungan dah terkumpul dan tidak lama2 mencicil
    bangun rumah sendiri yg paling murah 30-50jt sudah cukup itu.
    nah sekarang ini aku lagi butuh nih dana buat bangun rumah.
    ada yg bisa ngasih pinjaman gak?
    hehe..

  2. Ping-balik: KPR (Meminjam Uang Dari Bank) = Haram ?? | [ Terus Belajar ]

  3. Untuk wilayah kalsel khusus nya batulicin tnah bumbu kami sebagai pengembang prumahan menawarkan rumah berupa FLPP dan KOMERSIL, Komersil itu sendiri dri paling kecil type 38 dan 45 juga type cukup dari type 54 dan 60 dengan ukuran tanah 10×12 dan yg berupa FLPP (Fasilitas Likueditas Perumahan Pemerintah). Tersedia type 36 dengan ukuran tanah 7×10. Khusus komersil anda bisa mendapat kan hadiah langsung dri seluruh type dengan ketentuan DP 20% sedang kan FLPP (Fasilitas Likueditas Perumahan Pemerintah) tidak memakai DP

    Dengan catatan nasabah yg mau memesan rumah di kavling KOMERSIL wajib membayar uang pendaftaran + boking free dengan class yg sudh disediakan sedangkan d kavling FLPP hanya membayar uang pendaftaran dan memilih class yang di sediakan

    Penting:
    kami sudh menyediakan keamanan 24 jam , air bersih sumber sumur gali, jalan yang nyaman, listrik 900 watt , sarana ibadah, taman keindahn, serta Rukun Tetangga
    Besar harapan kami sebagai pengembang agar bapak ibu saudara bergabung dalam menciptakan tatanan bermansyarakat yang nyaman damai hormat kami CV Qiramah Alam

    Cp 082157880998 rizky
    Khusus daerah Kal-Sel
    Tanah bumbu
    Batulicin

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s