Sehat Dengan Jalan Kaki

walking_image_cropped

Semua orang tentu setuju bahwa jalan kaki adalah salah satu latihan aerobik paling sederhana dan teramat yang dapat kita lakukan. Nah, tahukan anda bahwa jalan kaki ternyata juga punya sederet manfaat positif bagi kesehatan ?

Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktifitas fisik yang sehat. Penelitian menunjukan, orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per pekan, lebih panjang umur beberapa bulan dibanding mereka yang tidak.

Fakta Jalan Kaki :

  1. Rata-rata, jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5-2 menit.
  2. Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound lemak per tahun
  3. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan
  4. Jalan kaki capat dari 20-25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru.
  5. Penelitian yang dilakukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stress.

Bahkan, penelitian universitas temple menyebutkan, berjalan kaki selama 90 menit salama 5 kali dalam sepekan bisa membuat orang merasa lebih bahagia, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia.

Apa saja manfaatnya ?

  1. Baik untuk jantung

    Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Center, ditemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab tingginya resiko terkena jantung, diabetes, dan stroke. Sebanyak 24 juta perempuan di AS menderita metabolic syndrome.

    Sementara itu, dalam sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa dengan berjalan kaki selama setengah jam dalam sehari dapat mengurangi bahaya penyakit jantung sebesar 11% terutama bagi perempuan.

  2. Mengurangi resiko kanker payudara

    Penelitian yang dipublikasikan di Journal Of The American Medical Association menyebutkan bahwa berjalan kaki beberapa jam saja dalam sepekan bisa mengurangi bahaya resiko terkena kanker payudara. Ketika berjalan kaki, lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.

    Disimpulkan, 74 ribu perempuan mengalami post-menopause yang berumur antara 50-79 tahun dengan berat badan normal, ternyata mengalami penurunan resiko kanker payudara sebesar 30% dan sekitar 10-20% bagi perempuan yang kelebihan berat badan.

    Selain itu, resiko kanker usus besar juga bisa dicegah dengan berjalan kaki. Sebab, dengan gerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan.

  3. Mencegah kencing manis

    Dengan membiasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk.

    Sebagaimana kita tahu, kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan, obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa berjalan kaki cepat sama manfaatnya dengan obat anti diabetes.

  4. Membuat tidur lebih nyenyak

    National Sleep Foundation menyebutkan bahwa berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyeyak. Para ahli mengatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormon serotonin yang membuat anda akan merasa lebih nyaman. Akan tetapi hindari berjalan kaki dua jam sebelum tidur.

  5. Mengurangi rasa sakit atau nyeri

    Dengan berjalan kaki secara reguler akan membuat tubuh anda merasa nyaman karena adanya gerakan yang terjadi pada tubuh, termasuk pergerakan tangan dan yang paling utama adalah kaki.

  6. Membuat langsing

    Berjalan kaki selama 30 menit / hari dapat mengurangi berat badan. Bahkan dalam sebuah penelitian Brown University dan University of Pittsburgh menyebutkan bahwa perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu minggu dan mengonsumsi 1.500 kalori tiap hari, dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogram dalam satahun.

  7. Awet Muda

    Beberapa studi yang telah dilakukan menyarankan pada manula untuk lebih sering berjalan kaki karena dapat mengurangi terkena resiko penyakit alzheimer. Berjalan kaki jua membuat otak menjadi aktif.

  8. Mengurangi keropos tulang

    Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat mencegah dan mengurangi keropos tulang. Berjalan kaki yang menggunakan 95% otot tubuh akan membuat tulang lebih kuat untuk menahan beban tubuh.

Berjalan kaki menyehatkan Jiwa ?

Rutin berjalan kaki tak hanya memberikan manfaat positif bagi jasmani. Kebiasaan ini juga berdampak baik bagi kesehatan mental. Dengan menyisihkan waktu selama 30 menit per hari untuk berjalan santai, organ kita sehat, dan mood terjaga dengan baik.

Menurut para ahli, orang yang rutin berjalan kaki akan merasakan berbagai manfaat jiwa seperti :

  1. Lebih percaya diri

    Biasakan berjalan kaki mengelilingi komplek / perumahan tempat kita tinggal. Ajak pasangan atau sahabat untuk menemani. Berjalan santai akan membuat perasaan kita lebih nyaman dan percaya diri saat berpapasan dengan tetangga atau orang lain yang dikenal. Rasa canggung akan hilang dengan sendirinya.

  2. Lebih cepat sembuh dari sakit

    Banyak dokter menyarankan orang yang tengah mengalami gangguan kesehatan untuk rajin berjalan kaki. Selain sebagai bentuk latihan paling sederhana, berjalan kaki bisa membantu mengembalikan ketahanan tubuh.

  3. Tak mudah stress

    Masalah dalam pekerjaan maupun kehidupan sosial, sangat mudah menyulut stres. Kita bisa menekannya dengan menciptakan aktivitas yang bisa menenangkan emosi. Salah satu dengan berjalan santai. Jika, bila kita memiliki jadwal berjalan yang rutin, kemungkinan kita mengalami stress otomatis akan mengecil.

Nah, begitu banyak manfaat jalan kaki, tidakkah kita ingin melakukan olahraga murah ini ?

Reff : Majalah Nikah Sakinah Volume 8 No.11 2010

Iklan

4 thoughts on “Sehat Dengan Jalan Kaki

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s