Tidak Takutkah Anda Dengan RIBA ?

Berawal dari pertanyaan saya ke salah satu teman yang memiliki rumah (KPR) yang belum diisi. Saya menanyakan apa boleh saya kontrak dalam waktu satu tahun kedepan. Dia jawab, boleh saja tapi apa benar mau, kenapa tidak ambil KPR saja Di ? Saya hanya jawab, “Gw takut Riba nye Mba”. Teman saya hanya bilang “Ooh iya Riba ya” dengan muka merendah. *Gw gak tanya lagi, bahas pembicaraan lain”.

Saya pernah dengar salah satu bahasan tentang orang yang paling takut kepada Allah adalah Ulama. Kenapa Ulama ? Karena mereka tahu apa yang disuka Allah, apa yang tidak disuka Allah, apa yang dimurkai Allah, apa yang dikasihi Allah lewat ILMU. Mereka tahu apa itu RIBA, apa hukuman orang yang kegiatan dan transaksi-nya dengan RIBA dengan Ilmu.

Saya pun pernah kenal dekat beberapa tahun lalu dengan teman saya Anas. Dia selalu memakai pakaian panjang. Saat coba untuk ngajak jalan pasar selalu mencari baju dengan lengan panjang. Anda tahu kenapa ? Dia takut bersentuhan dengan wanita non mahrom. Anda bisa lihat pengakuannya disini (http://anotherdaily.wordpress.com/2013/10/08/kenapa-lengan-panjang-terus/).

Dia tahu syariat tersebut, dia coba amalkan karena ada rasa “TAKUT” akan balasan yang kalau anda pernah dengar “Lebih baik besi panas menancap ke kepala anda daripada menyentuh wanita non mahrom”

Lalu bener gak TAKUT sama yang namanya RIBA ?? karena belum tahu balasan orang yang berkecimpung dalam RIBA ??

Saya coba tulis beberapa ancaman Allah jika Anda masih bermain di pekerjaan ataupun kehidupan RIBA.

Memakan Riba Lebih Buruk Dosanya dari Perbuatan Zina

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
دِرْهَمُ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةِ وَثَلاَثِيْنَ زَنْيَةً
“Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Anda tahu dosa zina apa ? Anda mau keluarga anda, adik, kakak, keponakan dizinahi dengan orang lain ? Terus masih berani main RIBA ?

Dosa Memakan Riba Seperti Dosa Seseorang yang Menzinai Ibu Kandungnya Sendiri
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الرِبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ بَابًا أيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلُ أُمَّهُ وَإِنْ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ
“Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lainnya)

Saya tidak perlu tanyakan kembali apakah anda mau menyakiti Ibu Anda sendiri walaupun dengan perkataan yang kasar sehingga membuat Ibu Anda sakti menangis sedih ? So, masih mau main dengan RIBA ?

2 Hadits diatas sudah mencukupkan bahwa RIBA termasuk dosa yang berat ancamannya. Masih berani main RIBA ? Masih mau kerja di Bank yang dimana penghasilan Anda tidak lain adalah RIBA ? Masih mau bekerja di perusahaan pendanaan dimana anda tak lain dan tak bukan seperti rentenir yang disebut-sebut oleh orang kampung ? Masih mau meminjam dana ke Bank untuk KPR rumah, untuk pemodalan mengembangkan usaha anda ?

Padalah Allah pun menjelaskan dalam satu hadits-nya yang dibawakan oleh Rasulullah berkata

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama.”(HR. Muslim no. 1598)

Tidak takutkah Anda dengan RIBA ??

Semoga bisa jadi renungan bersama untuk suami yang mencari rumah bersama istri dan anaknya tanpa RIBA, untuk anda pengusaha yang kesulitan dana mengembangkan usaha anda, untuk anda yang masih bekerja pada lembaga ataupun apapun namanya yang berkaitan dengan RIBA. Allah akan ganti dengan yang lebih baik. Allah akan bantu Anda mendapatkan modal usaha dan mengembangkan usaha anda, Allah pun sang pemilik rejeki, jangan takut kehilangan harta saat anda bilang ke atasan anda “Saya resign dari kantor ini Pak karena saya takut RIBA”. Ingat salah satu hadits yang dibawakan Rasulullah.

“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah ‘Azza wa Jalla, kecuali Allah akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu” (HR Ahmad no 23074)

Reff:

2 thoughts on “Tidak Takutkah Anda Dengan RIBA ?

  1. Mau nanya,,saya pekerja di salah satu perusahaan pembiayaan,,kemudian pada waktu lalu, setelah saya mendapat pengetahuan tentang riba saya berniat mengundurkan diri,,tetapi pada saat mengajukan pengunduran diri itu, saya takut kedepannya akan bagaimana,,krn saya sudah memiliki anak dan istri,,dmn saya harus memberikan nafkah kepada mereka,,mohon petunjuknya,,terima kasih.

  2. cuma bisa saran. buang jauh rasa takut karena selain Allah. Kalau yakin Allah si pemberi rizki, dan rizki sudah diatur kenapa harus takut. Bukankah kita resign tidak ada usaha lagi? Lalu Allah tau kita ada anak dan istri yang rizkinya tidak lain dan tidak bukan suami yang cari?

    baca-baca artikel di kaskus dan media lain. ada banyak orang yang disuruh lepas jilbab saat bekerja lalu dia keluar dan diterima di tempat kerja baru yang notabene perusahaan asing.

    riba ga bikin kaya, riba bikin hidup di dunia jadi ruwet. sampai umur berapa anda menikmati riba? 70 tahun? 100 tahun bekerja di Bank? ga sampe om..paling cuma sebentar. Mati..dikuburan..sendiri..siksa kubur sampai kiamat itu lama om. Bayangkan pahlawan dulu dari tahun 1945 sampai tahun ini belum dikeluarkan dari kubur. Kuat terima siksa tersebut? berani ambil resiko RIBA?

    Lebih baik mati kelaparan, istri dan anak miskin susah daripada RIBA dengan segala resiko yang saya tulis diatas. Beberapa saya lihat, orang yang punya penyakit berat. Cuci darah, jantung dan lain sebagainya. Adalah orang-orang yang sebagian besar adalah memakan harta RIBA. Mau istri dan anak sakit penyakit tersebut?

    Orang lain bisa beli rumah, mobil, dan usaha sukses dengan RIBA, silahkaaan ambil dunia dan seisinya. Seorang muslim yang tahu posisi hidup di dunia ini lebih pintar dan cerdas memilih tempat yang kekal.

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s