Adzan untuk bayi yang baru dilahirkan apa boleh?

Saya lebih detail jika ada orang yang mengatakan satu atau beberapa ibadah yang harus dilakukan dalam satu waktu / kegiatan. Salah satu yang berkembang adalah adzan ketika anak kita melahirkan dan ini mesti si Bapak yang melakukannya. Apa benar ini pernah dilakukan oleh Rasul ? Apa ini hanya adat saja ?

Setelah mencari, ternyata ketemu bahasan lengkap soal adzan saat istri kita melahirkan anak. Berikut link yang menjelaskan hal itu http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/kritik-anjuran-adzan-di-telinga-bayi.html.

Dari penjelasan tersebut, memang ada beberapa hadits yang menjelaskan perintah adzan untuk bayi yang baru dilahirkan. Tapi, jika dibaca lebih dalam, ada beberapa perawi yang lemah, terkenal pembohong sehingga hadits-hadits tersebut pun tidak dapat dijadikan alasan bahwa adzan tersebut adalah ibadah.

Dalam artian, Rasulullah tidak pernah sama sekali melakukan adzan ketika bayi baru dilahirkan. Kalau itu hanya adat, jangan sekali-sekali menyandarkan itu dari Rasulullah. Pun jika memang hal itu baik menurut adat, baik menurut islam, baik menurut Allah, pasti Rasulullah mengajarkan kita hal tersebut melalui sunnah nya. Karena Rasulullah sebelum wafat sudah mengatakan islam adalah agama yang sempurna bukan ??

Dikatakan ibadah karena hal tersebut telah Rasulullah sampaikan dalam sunnah (Al Hadits dan Al Qur’an), jika bukan dari Rasulullah, silahkan tanyakan dari mana itu asalnya ? kenapa dan mengapa ?

Semoga kita diberi kemudahan dalam mencari ilmu dan mengamalkannya dalam ibadah yang ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s