Ibadah gak cuma pake niat bro!

Beberapa kasus yang sekarang anak-anak muda sampaikan ketika tidak tahu apa benar atau salah suatu ibadah adalah dengan perkataan “yang penting niat bro, kalo loe niat nye bae, pasti bae deh”. Whaatt.. ?

Pernah salah satu film yang saya tonton bareng istri yaitu film “99 cahaya di langit eropa” ketika sholat ditempat sembayang agama lain dengan ringan mengatakan “yang penting niatnya bukan tempatnya” Whaatt.. ? Kaget saya, ini film sedikit liberal sepertinya.

Memang sholat di tempat apapun asalkan bersih dari kotoran sah sah aja, dan sholat di tempat tersebut sepertinya gak masalah. Yang paling saya tidak suka adalah perkataan “yang penting niat-nya” itu loh.

Ibadah tuh ibarat permainan, ada pemilik permainan, ada wasit, ada aturan dan tentunya ada pemain. Pemilik permainan pasti memiliki hadiah untuk pemenang, Pemilik mengutus wasit untuk mengatur jalannya permainan sesuai dengan aturan yang dimiliki pemilik permainan. Aturan yang disampaikan wasit harus dipatuhi oleh para pemain. Dan pemain yang tidak mau main, silahkan keluar dari permainan.

So, Allah punya aturan, Rasulullah yang menyampaikan lalu kita sebagai pemain yang mengikuti aturan main yang Allah punya untuk mendapatkan hadiah “surga”. Apa boleh kita main sepak bola, lalu tiba-tiba bola pecah, dan diganti dengan helm karena sama-sama bulat? Lalu saat kita memulai kembali permainan kita bilang “mari kita lanjutkan permainan, gak apa-apa yang penting niat???”.

Aneh gak??? So jangan pernah bilang lagi yang penting niat. Ibadah memang harus diniatkan dan ikhlas karena Allah, tapi ingat, Allah punya aturan main yang disampaikan lengkap oleh Rasulullah, jangan ditambah, ataupun dikurangi lagi.

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s