Sunnah mentahnik bayi yang baru lahir

Menghidupkan sunnah Nabi akan membantu menyingkirkan hal-hal mistis yang kadang masyarakat menyebutnya adat. Hal yang tidak ada dasarnya, akan melupakan hal yang justru dianjurkan dalam islam. Contoh kasus sederhana adalah bersalaman dan mengucapkan salam kepada orang saat bertemu. Sunnah ini pun sulit saya lihat di kota Jakarta yang bercampur dengan segala macam adat dan kebiasaan modern.

Salah satu sunnah yang Nabi lakukan ketika Bayi dilahirkan adalah Mentahnik. Mentahnik seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah

“Tahnik ialah mengunyah sesuatu kemudian meletakkan/memasukkannya ke mulut bayi, lalu menggosok-gosokkan ke langit-langit mulutnya. Dilakukan demikian kepada bayi agar supaya ia terlatih terhadap makanan dan untuk menguatkannya. Dan yang patut dilakukan ketika mentahnik hendaklah mulut bayi tersebut dibuka sehingga sesuatu yang telah dikunyah masuk ke dalam perutnya. Dan yang lebih utama ketika mentahnik ialah dengan kurma kering (tamr). Jika tidak mudah mendapatkan kurma kering (tamr), maka dengan kurma basah (ruthab). Dan kalau tidak ada kurma dengan sesuatu yang manis dan tentunya madu lebih utama dari yang lainnya (kecuali kurma).”

(Fathul Bari, 9:558, Darul Ma’rifah, Beirut, 1379 H, syamilah)

Kegiatan tahnik ini pun tercatat dalam beberapa hadist seperti dari hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Burdah dari Abu Musa, dia berkata,

“Aku pernah dikaruniai anak laki-laki, lalu aku membawanya ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya dengan sebuah kurma (tamr).”

Dikeluarkan oleh Al-Bukhari (5467 Fathul Bari) Muslim (2145 Nawawi), Ahmad (4/399), Al-Baihaqi dalam Al-Kubra (9/305) dan Asy-Syu’ab karya beliau (8621, 8622)

Semoga sunnah ini tetep dilakukan beberapa orang tua yang menanti atau baru saja dikaruniai seorang anak.

Beberapa keutamaan mentahnik bayi yang baru lahir dapat anda baca lebih lengkap pada link berikut :

Iklan

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s