Bikin akte kelahiran anak mesti pakai kartu keluarga suami istri?

Lama ga posting di blog ini. mumpung ada pengalaman, share dimari aja. Kali aja ada yang butuh. Jadi, setelah anak saya lahir di bulan juli 2014 lalu, sampai awal tahun 2015 saya belom sempet buat akte kelahiran anak. Pasti ada yang bertanya kenapa? saya jawab:

  • Setelah bertanya ke tempat anak lahir di salah satu rumah sakit di Bekasi dan juga bertanya ke salah satu tempat bidan yang biasa saya dan istri datengin. Pembuatan akte kelahiran anak wajib menyertakan Kartu Keluarga Suami Istri.
  • Nah karena butuh Kartu Keluarga otomatis saya mesti buat dulu. Cuma terbesit pikiran, kalau nanti buat Kartu Keluarga dulu dengan nama Saya dan Istri saya, lalu buat akte kelahiran anak. Lah nanti di Kartu Keluarga saya anak belum masuk. Otomatis saya buat Kartu Keluarga lagi untuk update masukin nama anak ke KK baru.
  • Karena proses terlihat ada 3 proses, buat KK sama istri dulu, buat akte kelahiran, lalu buat lagi KK dengan update nama anak. Waaalaah, bisa bikin tabungan berkurang nih 😀
  • Pengurusan KK sama istri pun bermasalah kerena istri masih pakai KTP Cimahi. Saya sempet adu argumen, lalu buat apa e-KTP ya? kalo pengurusan masih aja ribet! otomatis, kalau begitu, sebelum buat KK sama istri, saya buat surat pindah dan KTP untuk istri dulu agar KTP istri di Bekasi. Oalah sekarang nambah jadi 4 proses. Pak Menteri, bisa artikan apa arti “e” di istilah e-KTP? “busetdah”

Atas alasan itulah, saya males banget ngurus akte kelahiran. Belom lagi urusan sama RT, RW, Kelurahan, dll…..laah panjang dah..

Ada Solusi gak?

Ada, setelah mampir ke bidan lain yang masih di daerah Bekasi. Istri saya iseng bertanya karena melihat ada papan pengumuman “Terima Pembuatan Akte Kelahiran”. Langsung bertanya, apa syaratnya ya? Si penjaga bidan bilang harus ada KK dan biaya sekitar xx rupiah. KK untuk anak pertama bisa gunakan KK keluarga suami dulu, asalkan KK suami asli Bekasi.

Istri langsung bilang ke saya, dan sontak, saya pertegas apa benar. Dan ternyata benar adanya. Langsung saja saya siapkan KK dan biayanya. Dan..akhirnya bisa…

Proses ribet nan ruwet dalam negeri kita ini entah kapan selesai. Saya inget perkataan teman saya saat pengurusan pajak. “Orang yang kerja di PNS itu pada duduk manis, mau kerja kalo ada uang pelicin..wani piro”.

Terlepas si PNS atau siapalah yang kerja disono dan keruwetan pengurusan surat-surat di negeri kita. Pengurusan akte kelahiran anak harus menggunakan Kartu Keluarga Suami dan Istri. Namun, jika anak pertama, kita bisa gunakan KK keluarga istri atau suami tempat dimana anak lahir.

6 thoughts on “Bikin akte kelahiran anak mesti pakai kartu keluarga suami istri?

  1. @agung: bekasi timur gan. tepatnya di perumnas 3. ane di bidan. kalo dr bulakkapal bekasi, ambil ke perumnas 3 masuk arah pom bensinnya. setelah pom bensin, ada pertigaan ambil kanan. dari kanan itu keliatan bidannya yg sebelah kiri jalan. nti ane sms deh.

  2. ini sebenarnya masalah yang anda ciptakan sendiri, ketika anda menikah dengan istri yang berbeda lokasi KTP dan istri tinggal bersama ada, seharusnya anda sudah wajib langsung pindahkan KTP istri dan bikin Kartu Keluarga yang ada nama anda dan istri. Tidak ada hubungannya dengan posisi KTP apakah elektronik atau bukan. Ini kewajiban sudah dari puluhan tahun lalu. E-KTP itu sistem pendataannya, tapi KK yang ada nama anda dan istri adalah kewajiban anda untuk lapor bahwa anda dan istri tinggal dan terdaftar di lokasi sekarang.

    daripada menyalahkan menteri dan PNS, lebih baik evaluasi diri anda sendiri.

  3. wajib pindahkan ktp istri? apa gunanya ee KTP om? gw orang sistem, tau cara kerja sistem. pemerintah gak becus bikin sistem.

    tersinggung om? PNS jg ya? gw udah tau kerja org PNS, gw skrg gawe di lingkungan PNS, mau gw keluarin semua bukti n foto? mereka kerja klo ada uang diluar gaji mereka doang. sisanya..vendoooorrrrr semua..

Silahkan Komentar...

