Keringat Panas Ketika Berjalan Sholat Berjama’ah Terganti Dengan Naungan Allah

Beberapa hari ini di Bekasi, matahari terik sekali. Dan beberapa hari ini pula, saya niatkan untuk kembali berjalan menuju masjid dekat kontrakan rumah untuk sholat berjama’ah. Kebiasaan dulu waktu SMK hilang selama kuliah bahkan mulai bekerja. Kadang terasa naif sekali, karena tahu sholat berjama’ah wajib untuk seorang pria dewasa. Tahu hukum, tapi sulit sekali menjalankan.

Saat perjalanan menuju masjid yang kira-kira ada sekitar 200 meter, keringat dari badan dan kulit tangan yang ditarik karena teriknya matahari terasa. Saat itupun saya ingat salah satu hadits 7 golongan yang mendapat naungan Allah dimana tidak ada lagi naungan.

وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah dengan naungan ‘Arsy-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali hanya naungan-Nya semata.
1.
Imam (pemimpin) yang adil.

2. Pemuda yang tumbuh besar dalam beribadah kepada Rabbnya.

3. Seseorang yang hatinya senantiasa terpaut pada masjid

4.  Dua orang yang saling mencintai karena Allah, dimana keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah.

5. Dan seorang laki-laki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita yang berkedudukan lagi cantik rupawan, lalu ia mengatakan: “Sungguh aku takut kepada Allah.”

6. Seseorang yang bershodaqoh lalu merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfaqkan oleh tangan kanannya.

7.   Dan orang yang berdzikir kepada Allah di waktu sunyi, lalu berlinanglah air matanya.” (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, II/143 – Fat-h,dan Muslim, no. 1031).

Dari hadits tersebut, saya pun berharap dalam perjalanan menuju ke masjid, semoga menjadi salah satu yang mendapat naungan Allah karena senantiasa terpikirkan masjid untuk sholat.

Kenapa butuh naungan?

Beberapa orang-orang mungkin belum tahu, kenapa dan kapan naungan itu akan diberikan? Naungan itu akan diberikan ketika kita berada di padang mahsyar. Ketika Matahari hanya 1 mil, dan berbagai kejadian lain yang berat pun akan ditampakkan di padang mahsyar tersebut.

Matahari hanya 1 Mil

Bayangkan ketika hitungan Matahari dan Bumi sekarang jarak perkiraan adalah 194.600.000 Km. Dan hitungan 1 Mil adalah perkiraan 1.6 Km, bukankah ini dekat sekali? Betapa panas dan mungkin seharusnya kita sudah terbakar. Namun dalam riwayat hadits, kita kuat dan hanya akan kerigat sampai kada keringat tertentu. Bahkan ada yang tenggelam dalam keringatnya. ( baca lengkap artikel tentang peristiwa di padang mahsyar dibawah )

Sekarang dan Nanti di Padang Mahsyar

Jika hitung-hitungan, bersemangatlah mendapat naungan tersebut selama masih hidup di dunia. Ibarat, panas di dunia masih ada tukang es cendol, masih ada tukang es kelapa, masih ada lemari es yang berisi minuman segar. Kalau sudah tidak di dunia, bagaimana di Padang Mahsyar? tidak akan mungkin tukang es kelapa menjajakan es nya kepada Anda kan. Jadi bersemangatlah…Keringat Panas ketika berjalan sholat berjama’ah akan terganti insyallah dengan naungan Allah dimana nanti tidak ada naungan.

Sumber Hadits:

1. http://muslim.or.id/aqidah/peristiwa-di-padang-mahsyar.html

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s