Didoakan oleh seluruh makhluk yang di langit dan bumi

Pernah beberapa kali kita sms atau telpon baik itu keluarga atau teman untuk meminta doa menghadapi urusan tertentu. Berharap dengan sms atau telpon itu ada doa yang disampaikan oleh mereka ke Allah ta’ala agar urusan kita beres atau lancar. Mencari daftar kontak keluarga atau teman, sebanyak mungkin kita meminta membantu doakan. Tapi sebanyak apa keluarga dan teman kita? Tak sebanyak makhluk yang ada di langit dan bumi.

Jangankan seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi, lingkungan satu RT pun belum tentu mau mendoakan jika anda sms atau telpon untuk mendoakan anda. Maukah anda didoakan oleh seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi?

Dalam satu riwayat hadits shohih yang disampaikan oleh Rasulullah sholallahu’alaihi wassalam disebutkan.

“Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air. Sesungguhnya keutamaan orang ‘alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan atas seluruh bintang. Sesungguhnya para ulama itu pewaris para Nabi. Dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar tidak juga dirham, yang mereka wariskan hanyalah ilmu. Dan barangsiapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh, ia telah mendapatkan bagian yang paling banyak.”

Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Ahmad (V/196), Abu Dawud (no. 3641), at-Tirmidzi (no. 2682), Ibnu Majah (no. 223), dan Ibnu Hibban (no. 80 al-Mawaarid), lafazh ini milik Ahmad, dari Shahabat Abu Darda’ radhiyallaahu ‘anhu.

Dari potongan hadits tersebut.

Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air.

Mengajarkan kebaikan harus didahului oleh pengetahuan tentang ilmu kebaikan. Untuk mendapatkan pengetahuan diperlukan keinginan untuk menuntut ilmu. Jadi, tuntutlah ilmu agar anda dapat didoakan oleh seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi.

Referensi: http://almanhaj.or.id/content/2307/slash/0/menuntut-ilmu-jalan-menuju-surga/

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s