Menjauhi Membuat Fakir dan Sibuk

Belum lama lalu disibukan dengan pekerjaan yang ketat. Setelah mengerjakan kerjaan satu, mengerjakan pekerjaan lain dan seterusnya. Seakan-akan waktu benar-benar dikejar. Perasaan kekurangan dan kesibukan penuh di hati dan pikiran. Ada kebutuhan yang mesti dikejar.

Sesaat istri pun kecewa karena melihat suami yang tak ada waktu untuk mengobrol berdiskusi. Saat itu juga, otak berpikir bagaimana mengatur ini. Tidak mungkin istri berjalan sendiri mengurus anak, belum lagi pikiran nya yang lemah, butuh bantuan solusi dari suami dalam masalah rumah.

Pikir saya, memang harus ada yang dikorbankan. Tapi, apa pantas mesti mengorbankan mereka? Engga juga..tapi kebutuhan terus terpikirkan..

Sesempat saya coba buka buku yang ada, “one heart, rumah tangga satu hati satu langkah” karangan Ust. Zainal Abidin, yang hampir 3 pekan lalu dibeli *ketika membaca*. Diawal saya membaca satu hadits berikut.

Rasulullah sholallahu’alahi wasalam bersabda,

“Rabb kalian berkata, ‘Wahai anak Adam! Beribadahlah kepada-Ku sepenuhnya, niscaya Aku penuhi hatimu dengan kekayaan dan Aku penuhi kedua tanganmu dengan rezeki. Wahai anak Adam! Jangan jauhi Aku, sehingga Aku penuhi hatimu dengan kefakiran dan Aku penuhi kedua tanganmu dengan kesibukan.'”

Hadits diriwayatkan Imam at-Tirmidzi dalam Sunannya, no. 2584.

Sentak, mungkin jalan keluarnya adalah mendekatkan diri kembali kepada-Nya. Karena jauh dari Allah, akan membuat hati kita fakir dan selalu merasa disibukan dikejar oleh waktu.

Saya coba, mengundurkan diri pada kerjaan yang lain, fokus dengan kerjaan yang satu saja, lalu waktu yang kosong dislotkan ke ibadah dan waktu untuk istri dan anak. Alhamdulillah jalan dimudahkan sekarang.

Silahkan Komentar...

