Ketika Sabar Tidak Lagi Berguna

Dulu ketika masih remaja dan menonton acara tv, pasti pernah denger “tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”. Dari acara itu, banyak orang yang tertawa lepas, selepas-lepasnya. Karena mungkin berprasangka, setelah mati, tidak bisa tertawa kembali.

Di salah satu kajian yang saya dengar mp3 dari rodja, Ust Badrussalam membicarakan tentang zuhud yaitu ketika 1 hari di akhirat itu sama dengan 1000 tahun disisi kita sebagai manusia.

“Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. Al Hajj: 47)

Setelah itu, saya dengar dari beliau bersabarlah sebelum bersabar tidak lagi berguna, lantas Ust Badrussalam membacakan ayat.

“Masukklah kamu ke dalamnya (rasakanlah panas apinya); maka sama ada kamu bersabar atau tidak, sama saja bagimu; kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.” (At-Thur 52: 13-16)

Begitu pentingnya sabar, sampai sampai ia disebutkan lebih dahulu dibanding sholat dalam meminta pertolongan Allah. (lihat artikel dari kang aswad: https://kangaswad.wordpress.com/2013/07/15/mintalah-pertolongan-dengan-sabar-dan-shalat-mengapa-sabar-lebih-dahu/)

Mulailah bersabar, sabar menghadapi masalah dunia, sabar dalam beribadah, sabar dalam meninggalkan yang dilarang oleh Allah, sebelum datang masa ketika sabar tidak lagi berguna.


Reff:
1. http://rumaysho.com/aqidah/1-hari-akhirat-1000-tahun-di-dunia-10564.html
2. ceramah ust badrussalam : http://www.radiorodja.com/kecintaan-kepada-akhirat-mengharuskan-zuhud-terhadap-dunia-kitab-fawaidul-fawaid-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc-2/

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s