Tanda kiamat, tidak memberi salam kepada orang yang tidak dikenal

Salah satu tanda kiamat yang pasti kita lihat dan temukan adalah tidak memberi salam kepada orang yang tidak kita kenal. Hal ini berdasarkan hadits dari Ibnu Mas’ud bahwasannya beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari kiamat adalah jika ucapan salam disampaikan hanya terhadap orang yang dikenalnya saja”.

Dan dalam riwayat yang lain disebutkan

“Seseorang mengucapkan salam kepada seseorang lainnya, dan tidaklah ia mengucapkan salam itu kecuali hanya kepada orang yang dikenalnya saja”.

HR.Al-Bukhari no.12 dan Muslim no.39

Pernyataan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam benar terjadi sekarang-sekarang ini. Jangankan sebuah salam, untuk bermuka senyum saja jarang sekali saya lihat. Banyak diantara kita-kita hanya menyapa dan memberi salam kepada orang yang dikenal saja.

Dalam riwayat lain, Rasulullah Sholallahu alaihi wa sallam selau tersenyum ketika bertemu dengan shahabat. Sebagaimana yang diceritakan oleh sahabat Jarir bin Abdillah Radhiallahu’anhu

“Sejak aku masuk Islam, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tidak pernah menghindari aku jika aku ingin bertemu dengannya, dan tidak pernah aku melihat beliau kecuali beliau tersenyum padaku” (HR. Bukhari, no.6089)

Rasulullah juga menyebutkan senyum kepada orang lain termasuk sedekah dalam riwayat berikut.

Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah” (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan gharib”. Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib)

Mari berikan salam dan senyum kepada orang-orang sekitar kita walaupun tidak kita kenal. Bukankah islam itu adalah agama keselamatan, karena muslim yang selalu memberikan salam dan hormat kepada orang lain.


Referensi:
1. https://www.facebook.com/notes/ensiklopedia-adab-dan-akhlak-muslim/adab-adab-salam-di-antara-sunnah-adalah-menyamaratakan-salam/493591912183
2. http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/senyum-salaman-dan-salam.html

One thought on “Tanda kiamat, tidak memberi salam kepada orang yang tidak dikenal

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s