Daftar Tokoh JIL (Jaringan Islam Liberal) di Indonesia

Ini Daftar 50 TOKOH JIL INDONESIA
kenalilah agar anda tidak terpengaruh olehnya…

A. Para Pelopor

1.. Abdul Mukti Ali
2.. Abdurrahman Wahid
3.. Ahmad Wahib
4.. Djohan Effendi
5.. Harun Nasution
6.. M. Dawam Raharjo
7.. Munawir Sjadzali
8.. Nurcholish Madjid

B. Para Senior

9.. Abdul Munir Mulkhan
10.. Ahmad Syafi’i Ma’arif
11.. Alwi Abdurrahman Shihab
12.. Azyumardi Azra
13.. Goenawan Mohammad
14.. Jalaluddin Rahmat
15.. Kautsar Azhari Noer
16.. Komaruddin Hidayat
17.. M. Amin Abdullah
18.. M. Syafi’i Anwar
19.. Masdar F. Mas’udi
20.. Moeslim Abdurrahman
21.. Nasaruddin Umar
22.. Said Aqiel Siradj
23.. Zainun Kamal

C. Para Penerus “Perjuangan”

24.. Abd A’la
25.. Abdul Moqsith Ghazali
26.. Ahmad Fuad Fanani
27.. Ahmad Gaus AF
28.. Ahmad Sahal
29.. Bahtiar Effendy
30.. Budhy Munawar-Rahman
31.. Denny JA
32.. Fathimah Usman
33.. Hamid Basyaib
34.. Husein Muhammad
35.. Ihsan Ali Fauzi
36.. M. Jadul Maula
37.. M. Luthfie Assyaukanie
38.. Muhammad Ali
39.. Mun’im A. Sirry
40.. Nong Darol Mahmada
41.. Rizal Malarangeng
42.. Saiful Mujani
43.. Siti Musdah Mulia
44.. Sukidi
45.. Sumanto al-Qurthuby
46.. Syamsu Rizal Panggabean
47.. Taufik Adnan Amal
48.. Ulil Abshar-Abdalla
49.. Zuhairi Misrawi
50.. Zuly Qodir

Judul Buku : 50 Tokoh Islam Liberal Indonesia : Pengusung Ide Sekularisme, Pluralisme dan Liberalisme

Penulis : Budi Handrianto
Halaman : 295 + xxvi paperback (softcover)
Cetakan 1 : Juni 2007
Penerbit : Hujjah Press (kelompok Penerbit Al Kautsar
Artikel Saya Ambil dari wordpressnya mas Mubaroq..

About these ads

77 thoughts on “Daftar Tokoh JIL (Jaringan Islam Liberal) di Indonesia

  1. mohon dikoreksi harusnya judulnya Jaringan Iblis laknatullah,atau Jaringan Islam liberal,kalau seperti judul diatas berarti antum mendoakan agar Islam dilaknat Allah

  2. Sip nanti saya koreksi mas..maksud Saya yang termasuk dalam kelompok itu dilaknati oleh Allah ta’ala…

  3. biar lah jil itu bergerak namun kita yang bukan jil tidak usah takut kepada jil karena jil itu manusia yang penting kita tetap berada dalam keimanan dan ketakutan kepada allah , biar abdurahman wahid itu tokoh jil tapi kakeknya bukan termasuk jil jadi gitu aja jadi bagi yang jil jangan marah kalau dikatakan sesat karena jil kita punya mulut yang lain pun pnya mulut jadi sebenarnya ya gitu deh

  4. Assalmau’alaikum…
    hati hati soal menulis…….judul yang benar Jaringan Iblis La’natullah
    cepat di ganti…toooo

  5. buat mas Bambang :
    Jil ah gak takut..biasalah mas..agama ini kan bukan hancur karena agama lain tapi dari umat agama itu sendiri..jadi tolong buat jil..lebih baik jangan ada kata-kata islamnya dech..kalian itu telah dibodohi oleh dunia saja..makan saja semua uang yang kalian dapat dari Amerika..semoga orang-orang yang masuk JIL mendapat hidayah dari Allah ta’ala.
    dan mari kita sebarkan informasi-informasi tentang buruknya JIL agar orang tidak ikut masuk ke JIL..

  6. buat ghsashsjkskjs :
    walaikoemsalam..
    heheeHee..sip atur aje..
    sabar mas,,yang benar pasti akan menang..yang salah pasti akan tenggelam..makasih udah mau mampir..

  7. Hidup Gusdur….bin wahid…bin hasyim…bin asy’ary…bin….bin…Raden Ahmad Rohmatulloh ( sunan ampel )…bin…bin…bin…Hasan..binti Fatimah Azahra bin Rosulillah Muhammad SAW….yang setiap hari selalu mendapatkan sholawat dari umat islam didunia..sebagai anak turunnya kanjeng nabiy.

  8. Drs. Betho Guru :

    Salam Pak..be quite okey..

    pertama Saya minta alamat yang mengatakan bahwa Gusdur itu benar keturunan Nabi Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam..secara lengkap tidak ada “bin…bin..bin..”

    kedua, mana ada kuturunan Nabi yang mengatakan bahwa Qur’an itu porno..WaAllahi Beliau telah mendahului dan menyangkal perkataan Allah dan Rasul yang mengatakan bahwa quran itu suci..

    pikirkanlah Pak secara manusia yang fitrah bukan sebagai binatang yang hanya mementingkan hawa nafsu dan uang semata..

  9. waah abdurrahman waah….I’d turunan nabi dari hongkong kallee.. bukannya temennya dajjal yg matanya satu..?!?
    kalo turunan nabi mestinya buat kerja nabi.. inget islam nashabnya diambil dari anak laki2, bukannya nabi gak ada anak laki2.. ini nabi yg bilang lho..

  10. jadi.. si bethoro shiwa itu orang jil ya… muridnya si dajjil ya… tobatlah.. mumpung dikasi hidup sama allah.. masa orang islam ngomong kotor.. ga’ sopan banget..

  11. Mas referensinya dr mana kalo gus dur ktrunan nabi muhammad saw??kalo ngasih info yg jelas jngn cuma bin..bin..bin…aja anak SD juga bisa kya gitumah..mas nya juga kalo hanya bin..bin..bin..ga jelas ya siapa tau masih 1 nasab sama obama..weleh..weleh..

  12. tolong kita gunakan yg santun dalam memberi gelar….
    apa pernah mendenganr rosul menghujat musuh2x dngn kata2 tidak pantas????

    mari kita doakan bg mereka untuk kembali kepada islam yg benar……….
    dan untuk diri kita jg semoga lbh benar lg dalam berislam………

    kareana kita hanya manusia, punya potensi untuk berlaku benar dan pny potensi jg untk salah………

    sukron…
    smg kita jadi saudara yg bs saling mengingatkan dlm kebaikan dan kesabaran…

  13. GUSDUR BUKAN TURUNA NABI………..(Habib..,Sayid)

    Sebagai turunan Nabi seharusnya gusdur memiliki Fam (Marga)

    Kl memang benar gusdur itu adalah Habib(turunan Nabi)……… Apa fam Gusdur….??? bukankah selama ini gusdur tidak pernah menyebutkan Fam nya…..

    Seperti halnya habib habib yg lainnya… Seperti :

    As Syihab, As Syegaf, Al bar, Al Kaff, Al Athos….. Dll…. (ini menjadi hal yg Mutlak dimiliki para Habaib, dan Sayid)

    Dan menjadi Petunjuk bagi seseorang dikatakan sebagai Turunan Nabi ataw Para Habaib… Sayid
    Knp Gusdur tidak ada…….. Atau memang Mengada ngada……

  14. Ada juga tetanggaku ngaku2 keturunan nabi pake nulis silsilahnya lagi.
    Jd Gue G’ heran klau orang macam Bethara Kenthuk-untuk tidak menulis kata bodoh-ngomong macam2, Gue sempat lihat bukunya Abdul muqsith tetang pluralisme dan yang Pengen saya tanyakan pada JIL adalah apa Akidah anda sehingga berani mengklaim bahwa ALLAH tuhan semua agama.Padahal sangatlah jelas di Alqur’an bahwa Innadiina ‘indallohilislam.
    Well, kalau memang anda tidak bs jawab, ganti aja JIL dg nama laen jangan pake embel2 islam.

  15. Buat admin tanks Infonya.semoga blog anda tambah ramai Pengunjung dan semoga banyak memberi Ilmu.amin

  16. Galepo : kebenaran islam sudah jelas..yg bnr pasti nti akan nyata kebenarannya, yg sesat (JIL) pasti nti akan nyata kesesatannya…yg patut di ingat bahwa islam hancur bukan karena org2 non muslim tapi hancur karena orang muslim itu sendiri..mari saling perbaiki komitmen kita pada islam yang satu….

  17. Yg pntg, shalat 5wkt dgn 3tertbib 1. Tertib wkt
    (diawal wkt)
    2. Tertib tempat
    (di masjid)
    3. Berjamaah.
    Jadikan dunia ladang to menggapai surganya ALLAH SWT. Amin

  18. ingat….
    dunia ni cm sementara,
    kt orang jawa `cuma mampir ngombe`jd nggak usah neko-neko menggko ndak mlebu neroko.
    yg penting amal agama sesuai dgn AL-QUR`AN & HADIST.

  19. Tokoh-Tokoh jil didikan dunia barat kenapa harus di ikuti !!!! Persetan denga mereka, Tafsirkan Quran seenaknya, bertoubatlah sebelum Allah marah

  20. mas2 gitu saja diributin capeK dech… ingat dlm menilai ssorg jgn hanya lihat sisi negatif tapi ambil positifnya, jangan bpikir qt yg paling bnar mgkin mrk yg bnar, kembalikan ke allah pasrah ke allah ikuti kehendak Nya, krn allah robil ‘aalamin, tuhan dr seluruh alam yg hakekatnya adl tuhan dr semua hal tmasuk semua agama yg ada so mrk sdh bbicara hakekat qt masih berkutat pd syareat, jangan jadikan syareat sbg 7an tapi gunakan syareat sbg alat untuk bermakrifat pd Nya, ya allah bimbing kami yg bodoh ini u/ bermakrifat pd Mu hingga semua niatanku hanya u/mngagungkan namaMu u/ bribadah pd Mu dan u/mperoleh ridhoMu Amien

  21. @ Fatchan : Allahu a’lam,,Dia tau yg benar dan yg salah,,,memang Allah pemilik semua agama, namun agama yang diridhoi hanyalah Islam..jangan sekali-sekali menggabungkan yang haq dengan yg bathil,,islam adalah fitrah manusia. silakan lengkapnya mas bisa lihat di link blog ini..

  22. sorry boss sapa sech yg mcampur haq & bathil? c2 sendiri mgakui bhw allaah penguasa semua dien titik, so apa salah kalo ada org bilang allaah tuhan semua agama?? kalo itu salah berarti c2 menyangsikan ke esaanNya, laen jika org bilang agama2 itu sama ini yg keliru. Jadi sekali lg mari qt bk pikiran qt jgn sdkit2 TBC qt sematkan pd sseorg, ingat kalo itu salah org itu akan balek pd diri sendiri

  23. salafi tidak pernah melaknat orang tanpa sebab yang jelas dari quran dan sunnah…
    Jil Lover :
    JIL…hnya dengan segelitir uang dan kenikmatan dunia semata kau{JIL} rela gadaikan agama ini,,mencampur adukan yang hak dan yang batil…

    jangan bawa2 islam…bawa saja tokoh2 mu itu sebagai identitas…

  24. Wahai sekaliaan orang2 JIL, segeralah bertobat, …. kembalilah ke jalan Alloh, berpedoman pada Al qur’an dan Hadist, mumpung belum terlambat janganlah menyesal kalau sampai ajal keburu datang, tak akan ada yang bisa menolong.

  25. kalau menganggap semua agama sama, coba fikir…
    dulu agama2 hanya bersifat kedaerahan (local),
    agama yang dibawa nabi akhir jaman bukan kedaerahan, membenarkan yang benar dan menunjukkan golongan yang sesat.
    kitabnya terjaga (banyak orang yang hafal kitabnya),sedang agama lainnya tidak ada yang hafal kitabnya…
    kurasa ..
    windows update terakhir lebih baik dari windows versi awal..
    linux sekarang lebih hebat dari linux dulu..
    agama terakhir merupakan agama yang terbaik dan terlengkap full-feature ..
    ijtihat boleh-boleh aja asal memang ahlinya..
    (jika qur’an nggak hafal, hadist nggak hafal, sejarah nggak tau, mbaca buku jarang, amal agama jarang-jarang lalu dengan gagah bicara ijtihad )….siapa percaya!!!
    kurasa kalau bukan ahlinya nggak perlu digubris.
    Agama sudah komplit lengkap. tinggal diamalkan..
    gimana kalau kita ajak semua orang untuk amal agama?

  26. to sibodo :
    sip,,saya setuju…klo komputer jarang diupdate antivirusnya,,bakalan rusak juga tu komputer keserang virus…apalagi kalo antivirusnya juga jadul…beuh…

    BUAT SEMUA YG KOMENTAR DI ARTIKEL INI. MOHON SEBELUM MEMBERI KOMENTAR, MEMBERIKAN KATA “PRO JIL” ATAU “KONTRA JIL” BIAR SAYA JELAS SIAPA YG PRO DAN KONTRA. TERIMAKASIH…

  27. Subhanallah, hanyalah Allah SWT yg maha suci,selagi yg mereka bawa Al Qur’an dan Hadits,aqidah yg benar dan sari’at yg benar mereka adalah saudara kita. Ana cuman mw ingatkan bahwa diakhirat semua ada pertanggung jawabanya.

  28. gto aja ko’ repot!gusdur mah dah tiada ntah syurga ntah neraka tmpatnya, serahkan aja ma sang kholik Allah kan maha tahu atas kemungkaran atau kema’rufan hambanya.

  29. udah deket pilkadakan? nah sekarang kita dukung calon2 kpl daerah yg benar benar muslim, bkn sekedar islam di KTP.pokoke pilih yang bersih dari korupsi, peduli ummat,propesional menjalankan amanah serta adil dan bijaksana

  30. betul betul betul. . .
    memang haruz seperti itu, orang mukmin yang kuat imannya. kalo negara ini dipimpin sama umat JIL, ntar jadinya hukum bisa-bisa gak ada. wong JIL itu mengajarkan apa yang kita perbuat sesuai kehendak kita. bisa hancur negara ini mah…!!!

  31. Aku KONTRA MAZ
    betul betul betul. . .
    memang haruz seperti itu, orang mukmin yang kuat imannya. kalo negara ini dipimpin sama umat JIL, ntar jadinya hukum bisa-bisa gak ada. wong JIL itu mengajarkan apa yang kita perbuat sesuai kehendak kita. bisa hancur negara ini mah…!!!

  32. aduh…. apa2an ni
    wah,,, klo gini Qt serahkan kepada yang kuasa aj,, gmn enakkan????
    soaly Qt jg g’ tahu siapa yg masuk neraka N surga,,,

  33. koher :

    aduh…. apa2an ni
    wah,,, klo gini Qt serahkan kepada yang kuasa aj,, gmn enakkan????
    soaly Qt jg g’ tahu siapa yg masuk neraka N surga,,,

    memang kita tidak tahu siapa yg nantinya masuk surga ato neraka,,
    tapi Allah dan Rasulnya telah menjelaskan baik dari Al-Quran maupun Hadist secara gamblang,,
    ASAL,,quran dan hadist jangan dipahami dengan kata “MENURUT SAYA”,,
    bayangkan berapa banyak orang islam dan tiap orang memahami nya dengan demikian…

    jadi sudah jelas yg mana jalan A,,mana jalan B,,tinggal kita sendiri,,mau melangkahh kemana…

  34. yang jelas kalo JIL sih udah jelas salah jalan mas soalnya liat dari WEBnya aja http://islamlib.com/ pelajari tulisan2nya.. kalau orang yang mengerti pasti cuma bisa geleng2 kepala saja.. karena mereka mengatakan tuhan semua agama?? kalau begitu mereka sama saja memblender semua ajaran agama untuk di sesuaikan sama pemikiran mereka.. itu sama saja merusak Akidah islam.. dan mungkin ajaran agama lain juga..

    yang saya kaget ada banyak tokoh2 yg saya tidak duga termasuk JIL.. waduh2.. mesti mencari lebih dalam tentang jaringan orang2 sesat ini!

  35. @ bhugan :
    terimakasi atas infonya Mas,,saya baru tau alamat site aslinya JIL…

    baiknya masyarakat muslim kita paham mengenai hal ini..karena ini masalah Aqidah…masalah yg paling menjadi fokus utama Rasulullah slama 13th dalam menyiarkan agama islam sebelum masalah2 lainnya seperti fiqh dll..

    ibarat gini ya Mas,,
    pencuri uang 20 milyar atau triliun lah..masih ada kemungkinan bisa masuk syurga walaupun blum tobat…tapi orang berbuat syirik blum tobat..insyaAllah pasti gak akan masuk syurga…

    jadi itulah alasannya Rasulullah berdakwah 13 th dulu mengenai Aqidah.,baru sesudahnya masalah lain…

    bukan berarti saya paham sekali mengenai Islam…Saya hanya menyimak dan mencoba menjalankan syariat..

    kalu ada pertanyaan detail mengenai prinsip2 aqidah dan lainnya..silakan Mas klik link Islam yang sudah saya kumpulkan…

    tnks udh mampir..

  36. Assalamualaikum….
    saya ingin mengomentari sedikit saja yang merasa oaling benar dengan kebodohan akalnya. seseorang yang hanya dilihat dari sudut sisi tentu akan berbeda jikalau dilihat dari sudut sisi yang lain, mestinya jangan terlalu menghujat mereka sementara keilmuan kita masih di bawah rata-rata. kita harus tahu apa meksud yang di ucapkan gusdur itu, bukanlah arti yang sebenarnya, melainkan disebut mafhum mukhalafah,makanya setiap pembicarannya jangan diartikan secara reterlek, karena itu dapat menyimpulkan kesesatan berhikir. pikonye jangan nyalahin dulu, karena itu rasa keegoan kita.
    mendingan antum belajar ilmu mantik aja atuh biar mengertimah,

  37. Wahai orang2 jil cpt bertaobat mungpung pintu taubat msh trbuka!! Dan jangan biarkan hawa napsumu menguasi dirimu!!

  38. ciri2 orang2(jil):
    1.orang-orangnya pinter-pinter ngeboongi..
    2.orang-orangnya pinter-pinter minta-minta…
    3.orang-orangnya miskin harta ama pengetahuan…

    kasian orang yang pinter-pinter,sekolah diluar negeri tapi biaya hidup ngandalin profosal2 pengajuan kucuran dana (musafir)awas ah nanti kena razia trantib “pekat & gepeng”..gak usaha jauh2 kalaw mw pinter,di indonesia juga banyak kok..dah gitu cari duit sendiri,gak perlu pengajuan….tu pasti orang tuanya bisa nyesel tuh ngelahirin manusia kaya gitu..tahu gitu mungkin dulu di aborsi aja kaliya……do’akan saja bagi para petinggi ama pengikut JIL supaya turunan mereka yang mengikuti menjadi PELACUR,TERORIS,BANDAR JUDI,GERMO,BANDAR NARKOBA etc,,biar tahu kalaw mawu sekuler gak perlu setengah-setengah..soalnya nanti kalau mati jadi gak perlu ditimbang2 lagi..tinggal buang aja ke neraka jahanam……OK JIL SALAM KEBABLASAN N DEMOCRAZY

  39. Ibnu Taimuyah Rahimahullah, dan juga Ibnu Qayyim al-Jauzi Rahimahullah sepanjang hidupnya selalu mengingatkan kepada umat Islam untuk tidak mudah menganggap sesat orang lain yang berbeda pendapat dengannya. sejarah membuktikan bahwa semaikn dekat umat ini pada masa Rasulullah saw, semakin moderat dalam beragama, semakin tinggi ilmunya, semakin tawadhu’ dan tidak merasa dirinya yang paling benar…itulah contoh yang diberikan oleh para mujtahid besar Islam, Abu Hanifah, Malik, Syafi’i dan masoh banyak yang lainnya…hanya Allahlah yang paling tahu siapa yang sesat dan siapa yang tidak, bukan manusia….itulah sebabnya para ulama ushul fiqih masa lalu menyepakati bahwa al-ijtihad laa yuzaalu bi al-ijtihad…ijtihad tidak bisa dihapus dengan ijtihad…tidak ada tafsir yang lebih utama dari tafsir yang lain, tidak ada fiqih yang lebih benar dari fiqih yang lain…semuanya dalam posisi sejajar..karena sama-sama hasil pemahaman manusia….mohon saudara kaji kembali bagaimana Umar bin Khatthab, Ibnu Abbas, Fahruddin Ar-Raziy, bagaimana mereka berijtihad…bagaimana mereka memahami Islam dan ajarannya….sehingga saudara tidak buru-buru menganggap sesat orang yang berbeda dengan kita…terkadang kita merasa bahwa islam yang kita pahami itulah islam yang dikehendaki Tuhan, padahal itu hanyalah hasil pemahaman kita semata….

  40. @ Amim : Allah Subhanallah wata’ala tahu siapa yang sesat dan yg tidak sesat..Allah juga mengabarkan dalam kalamnya melalui Al-Qur’an dan Hadist melalui perantara Rasulullah Sholallahualaihi wassalam..

    dari situlah manusia tahu siapa yg sesat dan tidak sesat..asalkan manusia menentukan sesuai dengan kalam Allah yaitu Al-Quran dan Hadist Rasul “ingat” menurut pemahaman para generasi terdahulu (salaf).

    jadi menurut Saya manusia juga tahu siapa yg sesat dan tidak sesat…asalkan balik ke kalam Allah.

    Nah untuk itu,,jangan sekali2 memahami Kalam Allah dengan pemahaman kita sendiri..kembali ke para generasi terdahulu yaitu shahabat yang langsung mendapat pengetahuan dari Rasul sendiri…caranya..tholabul ilmu…

    saya sendiri bukan ahli tholabul ilmu..

    tapi saya kadang mendengar dari kajian online radiorodja.com dan muslim.or.id tentang bahayanya pemikiran kelompok tersebut..

    dari situ saya paham kenapa mereka dikatakan seperti itu…

  41. Dalam agama islam kita harus banga kita semua liberal
    jangan angap orang jil itu sesat kita harus bangga punya jaringan islam lineral kita harus bisa memahami makna perjuangan syuhada muda

    Dedy Iskandar
    Ketua Ranting NU Dusun Way Hui Desa Wiyono Kec Gedung tataan Kab Pesawaran lampung

  42. GUSDUR…..saya tegaskan turunan Nabi(habib dll). ini ulama’ pengerusak aqidah umat islam dg pemikirnya pluralis. Gusdur merupakan tokoh SENIOR JIL INDONESIA. umat islam wjib hati HATI tehadap JIL mereka menyerang kita LEWAT pemikiran, cuci otak, debat dll. JIL LANATULLAH

  43. @miskam
    tidak baik membicarakan orang yang sudah tiada mas,,lebih baik perbaiki aqidah orang-orang disekeliling kita agar tidak terkena aqidah JIL..

    mari kembali kepada al-quran dan as-sunnah…

  44. astaghfirullah. kenapa kita bs menjelek2kan org lain? kl qt mnjlk2kan JIL, mngkn saja malah qt lbh jlek dr JIL karena qt tak menghargai perbedaan. sy emg bkn ahli agm, tp yg sy th hanya Allah yang berhak mengkafirkan dan menganggp sesat manusia.

  45. @ andi : afwan, lucu komentar antum. “tdk menghargai perbedaan” JIL berbeda dengan kita dalam masalah AQIDAH, berarti antum setuju disamping menyembah Allah menyembah matahari juga BENAR, menyembah patung BENAR, menyembah setan BENAR, MENYEMBAH APAPUN SELAIN ALLAH BENAR ? nah antum katanya menghargai perbedaan ? hati hati mas ^_^ berilmu sebelum beramal dan berkata.

  46. Lewat blog ini.Saya mau nanya ama smua jil lover..gmana syahadat kalian?ngaku nggak kalau Nggak ada Tuhan selain Allah n Muhammad adlh Rasulullah..kalau nggak,udah jelas mana yg sesat..trus kalau ngaku..harusnya tau dong agama yg di ridhoi dan diakui Allah SWT adlh islam.(jd dimana letak kerangka bpikir saudara Allah itu tuhan smua agama,kalau iya,brarti saudara jg myakini Allah juga Tuhannya umat kristen,brarti saudara jg myakini konsep trinitas,brarti saudara myakini Allah itu branak..pdahal ALLAH TDK BRANAK N TDK DIPERANAKKAN..maka jelaslah dlm islam bahwa yg mengatakan Allah adlah tuhan smua agama adalah sesat..karna Islam adalah agama yg meng-ESA kan Allah SWT).

  47. @andi :
    Ya memang Allah yang berhak mengkafirkan dan menganggp sesat manusia. Namun, penentuan kafir atau sesat sudah dijelaskan dengan sejelas-jelas nya dan selengkap2nya di Al-Quran dan melalui perkataan Rasul..jadi sebenernya kita pun tau ciri2 orang kafir dan sesat apabila kita memahami dan mendalami Al-Quran dan Hadist.

    Hati2 mas andi..skrg penjajahan otak..bukan fisik lagi..jaga keluarga n sanak family serta teman2 terdekat kita,,,

  48. @dooroth :
    harimau yg akan membunuh istri Bpk apakah akan Bpk biarkan ?
    lalu harimau yg akan membunuh istri org lain apa Bpk akan biarkan ?

    membunuh org lain itu masih luas Pak pengertiannya…
    kalau Bpk cerdas..istilah membunuh atau bahasa halusnya menghalalkan darah orang lain itu tidak mungkin ada tanpa alasan dan perintah yg jelas baik dari Al-Quran dan Sunnah…

    sekarang sy katakan…
    dari mana pendapat2 JIL berasal ?? yg mengatakan misalnya “harta waris mesti dibagi rata antara wanita dan pria” ??
    jawab : dari pendapat segelintir org yg dianggap *cendikiawan* muslim

    kalau ada harimau yg akan membunuh istri Bpk,,lalu terdapat perintah dari 2 orang :
    1. sang ahli harimau(petugas harimau) yg mengatakan bahwa “jangan bergerak ke kiri”
    2. sang supir yg mengatakah bahwa “jangan bergerak ke kanan”

    kira2 Bpk mau ikuti pendapat siapa ???
    sang ahli harimau atau sang supir ??

    sepakat org yg punya akal akan mengatakan untuk mengikuti ahli harimau walaupun kita tidak mengetahui apa alasan sang ahli harimau menyuruh kita untuk jangan bergerak ke kiri…

    seperti itulah kita hidup…kita diciptakan dari Allah..yg tau persis semua, baik yg lalu, nanti bahkan yg akan datang telah tertulis…kalau Bpk hanya mengikuti pendapat orang saja yg tidak jelas sumber pendapatnya tersebut..atau hanya berdasarkan “LOGIKA AKAL SAJA”..sy katakan lebih baik Bpk coba tinggalkan pendapat “LOGIKA AKAL SAJA”..mengapa ??

    sy balas dengan LOGIKA ASAL SAJA….
    kalau kita wudhu untuk sholat..lalu ketika sudah wudhu ternyata kita ingin kencing…nah kenapa kita mesti mengulang wudhu kita ?? kan yg mengeluarkan kotoran hanya kemaluan…kenapa tidak membersihkan kemaluan saja ?? dan tidak perlu berwudhu kembali ??

    itulah kenapa terdapat potongan ayat yg mengatakan “sami’na wa atho’na” (kami dengar dan kami taat)..
    kadang logika kita sebagai manusia ciptaan-Nya mesti dikesampingkan..karena yakin ahli harimau lah yg tau persis harimau nya..(yakin Allah lah yg tau persis keadaan ciptaan-Nya)

    mari lindungi kawan-kawan dan keluarga kita dari pemikiran-pemikiran JIL yg AKAL-AKALan saja…….

  49. memang saat ini usaha yg dikakukan musuh2 ISLAM SEJATI ( sunnah rasul & qur’an ) utk menghancurkan umat adalah dgn cara merasuki pikiran2 kt dgn dalih2 yg diada2kan oleh kalangan yg menamakan diri kelompok2 cendekiawan yg dianggap sdh khatam tentang masalah agama……padahal dibalik itu smua, mereka punya kepentingan2 yg terselubung. untuk itu WSPADALAH….WASPADALAH…WASPADALAH………dengan JIL ( Jamaah Iblis Liar )

  50. siapa yg bilang GUS DUR turunan Rasulullah SAW……?????????? wong tampangnya aja kyak orang samin disentup tawon, kok dibilang turunan nabi sm wali…!!!!!!! ketemu pirang PERKORO bethoro guru Ghendheng…???
    buat Bethoro Guru…..MATAMU wis PICHEK kah…..??? pantes kon…oleh warisan PICHEK’E GUS DUR sing Ngguantheng koyok Raimu iku…padahal raimu iku persis SHELETKU…….SUUUUUUUUU. sing MBOKNE JANCOK’AN NJARAN iku yo…….RAIMU iku njiiiiiiiiing…!!!!!! kamu klo gak segera TOBAT bakal terima AKIBAT siap2 kamu di LAKNAT sama MALAIKAT nanti di AKHIRAT sampai LUMAT………….ha…ha…

  51. kenalilah tokoh2 diatas dan sudah sepatutnya kita bergabung dan mendukung fahamnya , ketahuilah saudaraku , agama ada , tuhan ada itu semua karena keberadaan manusia itu sendiri , oleh karena itu marilah kita hidup damai , damai di hati damai di bumi .

  52. @Mbarep : bergabung ?? mendukung ?? lebih kritis lagi Mas,, kita manusia yg memiliki akal harus dipergunakan untuk kritis mengetahui mana ya benar mana yg salah. Coba bayangkan kalimat bahwa Allah itu juga bisa ada pada seekor binatang “anjing” yg JIL pernah sampaikan dibeberapa buku yang saya baca, bayangkan Anda disamakan dengan seekor binatang ?? bagaimana ??
    pemikiran JIL gak masuk akal dan bertolak bangat sama rule nya islam. Kalu mau buat agama baru jangan pake embel2 islam lah..malu2in…

  53. gk tau ditaroh dimana otak org2 JIL itu…………..melampai batads orang gila….semoga LAKNAT ALLOH AZZA WA JALLA kpd mereka………..

  54. Jil…jil…emank semua ajaran jil karut,tak masuk akal.utk pengikut jil…sbnarnya otak anda semua dh tak berfungsi lg…anda msh ingt g’wkt gusdur lengser dr tampuk pemerintahannya,,dia pke celana atas lutut…apakah itu yg dimaksud dgn nm ulama??????jg wkt dialh jd presiden,dia mo jalin krjsma dgn israel(zionis)yahudi yg tlh mmbnuh saudara kt di palestina.so…..bg yg mrsa taksub dgn jil,,anda trmsk dr golongan yg merugi!!!!

  55. @karim :
    butuh dukungan media dan ilmu banyak untuk menyanggah semua pendapat akal-akalan JIL mas.
    dari TV, radio pun ada yg mendukung kegiatan2 JIL..
    Jaga keluarga dan saudara kita dari bahaya paham akal-akalan JIL.
    Yang benar akan tetap benar, yg salah akan terlihat jelas kesalahan nya nanti..

  56. nice post
    kenalilah TOKOH JIL INDONESIA agar anda tidak terpengaruh olehnya…

    saat ini banyak blog/web yg seolah2 islami tapi isinya menyisipkan pandangan JIL..
    menurut saya jika tidak dikenali bisa lebih berbahaya, karena tidak semua umat islam memiliki pengetahuan agama memadai..kuatir kalo banyak yang terpengaruh..
    usul supaya dibuat juga daftar web/blog semacam itu..
    info/sumber nya darimana, disediakan juga fasilitas laporan/pengaduan atas web/blog semacam ini..supaya update terus..

  57. @buayasalju : wah boleh tuh mas..buat list site yg content isinya pandangan2 JIL..keknya memang perlu dokumentasi seperti itu. Saya dulu pernah dapat selembaran dari radio Dakta (Radio Islam di Bekasi) soal siapa saja dan mengapa JIL pandangannya sesat. Mungkin dokumentasi / selembarang itu pun perlu di post agar masyarakat bisa mengenal dan tidak terjerumus ke pandangan2 yg nyeleneh seperti JIL.

  58. bisa saja mas itu di republish..
    saat ini sy perhatikan ada twitter indonesia tanpa JIL, ada web indonesia tanpa JIL, namun yg saya pahami, cuma nama INDONESIA TANPA JIL saja yang diketahui orang2.. soal mengapa JIL pandangannya sesat belum disosialisasikan..
    sy pernah baca beberapa blog/web yg seolah2 islami, tapi dari isinya justru menunjukkan bahwa islam dikacangin/disepelein.. dan yang sangat saya sayangkan waktu baca komentarnya pembaca blog merasa mendapat pencerahan, ijin share, dsb dan hanya sedikit yang memberikan bantahan/koreksi.. coba dibayangkan kalo itu di copy paste/di share/ tersimpan dalam pikiran pembacanya..

  59. saya lupa2 ingat..
    dlm al qur‘an kynya ada ayat yg menyinggung sebutan untk orang2 yg pilih2 hukum agama ky j.i.l itu. yg disukai di ikuti, yg tdk disukai ditolak. orang2 yg pny sifat ky gt. disebut kafirun haqqo. kafir tulen.
    cuma syng, saya lupa surat apa dan ayat brp. mohon dikoreksi. trims

  60. wahabi apa mas ? ngerti maksud wahabi ? kalo gak ngerti anda omong doank..ngikut2 orang doank..dan orang yang anda ikutin itu pun orang JIL.

    Saya tidak tahu apa itu wahabi..saya hanya ingin JIL pergi jauh dari tanah INDONESIA!!!

  61. Ping-balik: “PROYEK” RAKSASA BERNAMA JOKOWI « 'nBASIS

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s