SKRIPSI…Mengerjakan atau Dikerjakan ??!!


Skripsi, mengerjakannya sendiri atau dikerjakan orang lain ?? Inilah maksud dari judul artikel ini. Semoga dengan adanya artikel ini teman-teman sejurusan ataupun yang tidak sejurusan dapat lebih menghargai nilai dari skripsinya sendiri.

Ada beberapa teman yang berpikiran :

“ asal lulus lah, gw bayar berapapun deh ”.

Ada pula teman yang mengatakan

“ gw gak enak ah, masa skripsi gw dibuatin sm orang lain “.

Lebih suka yang mana ?? orang pertama atau orang kedua ??

Buat temen yang bener berpikir jernih, pasti suka dengan orang yang kedua dan tidak suka dengan orang pertama. Tapi coba deh temen-temen bayangin kalu temen bener-bener mentok ngerjain skripsi tapi gak bisa buat sama sekali, atau mentok karna beberapa fitur yang sulit dipecahin. Pasti bilang kaya orang pertama ya ?? #jangansampe

Kenapa saya bilang jangan sampe ??
Berikut adalah beberapa manfaat ngerjain Skripsi sendiri buat temen-temen yang lagi ngerjain skripsi.

Manfaat Skripsi Ngerjain Sendiri :

  1. Pengalaman membuat aplikasi “bener” : Perancangan, Development dan Dokumentasi. Dengan skripsi, biasa programmer buat aplikasi asal jadi, kini mesti dibuat perancangan mateng dan dokumentasi yang rapih.
  2. Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing akan menghargai. Dengan skripsi anda buat sendiri, baik dosen penguji atau dosen pembimbing akan menghargai kerja dan hasil kerja skripsi anda. Pengalaman saya, baik dosen penguji atau pembimbing tidak mempersulit dalam proses bimbingan ataupun proses skripsi lainnya. Kebalikannya, dosen penguji atau pembimbing mempersulit mahasiswa yang aplikasinya dibuatin…!!!
  3. Saat ditanya mengenai alur kerja aplikasi skripsi kita, kita mampu menjelaskannya dengan baik. Mengapa ? Ya karna kita sendiri yang buat, ya coding nya, ya alur proses nya. Jadi pasti paham ya kalu ditanya.
  4. Sebagai Portofolio / Karya dan pengalaman saat melamar pekerjaan. Beberapa saya mengikuti wawancara selalu saja ditanyakan seperti :
    • “pernah buat aplikasi apa ??”
    • “ini buat sendiri atau team ?”
    • “tolong jelasin donk alur program kamu ini ??”
    • “dari program ini, bagian modul yang mana yang makan waktu banyak ?? “
    • “ada teknologi baru yang kamu sisipin gak di program kamu ini, tolong jelasin dunk ??”
  5. Itulah pertanyaan-pertanyaan sewaktu wawancara kerja yang sering saya dapat (kurang lebih seperti itu). Dengan membuat program skripsi sendiri, pastilah pertanyaan seperti itu dapat kamu jawab dengan baik.

Dari sekian manfaat tersebut, coba dibalikin, maksud saya adalah coba kalau temen-temen skripsi nya dikerjain oleh orang lain. Gak punya pengalaman, dosen penguji dan pembimbing selalu nyusahin kita, saat sidang bingung ngejawab apa karna gak ngerti alur proses program, dan parahnya saat wawancara kerja bener-bener nge-blank. #jangansampe

aduh,,gemana ya,,saya sudah bener-bener mentok nih ?? lepas ke programmer aja deh biarin saya mesti ngeluarin doku jutaan kek..

Jangan nyerah dulu sampai bener-bener dapet info dari pihak kampus kalu kita sudah dipastikan gagal skripsi. Maju terus, jangan jadiin uang sebagai senjata terakhir untuk ngebayar programmer untuk ngerjain skripsi kita. Kalu uang lagi uang lagi,,kenapa mesti kuliah ?? langsung aja bayar dan gak usah kuliah. sayang waktu, dana dan keringat..Ya kan ??

Percaya, pasti dimudahin, tetep usaha sendiri, tanya-tanya dengan senior di milis, forum, dll.

Jadi…Buat skripsi temen-temen dengan kemampuan sendiri. Percaya kalu temen-temen punya kemampuan yang bisa jadi solusi dari program skripsi temen-temen. Percaya, bahwa saat temen-temen ngerjain skripsi sendiri, banyak pengalaman baik teknis(coding) atau non-teknis yang bisa temen-temen dapet dibanding kalu temen program skripsi-nya dibuatin sama orang lain.

Semoga bermanfaat, selamat menjalankan tugas akhir perkuliahan…

Iklan

5 thoughts on “SKRIPSI…Mengerjakan atau Dikerjakan ??!!

  1. Bener Banget mas Bro….
    Saya s7 banget……buat apa kita kuliah..khan kuliah ntu ujung2’y buat kita mudah nyari kerja…klo d interview aja gak bisa…bagaimana bisa masuk kerja enak…….

Silahkan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s