Ada Apa Dengan Berjabat Tangan Bersalaman Setelah Sholat

Kebiasaan yang terjadi di masyarakat adalah berjabat tangan bersalaman setelah sholat berjama’ah. Bersalaman ini pun tiap daerah berbeda-beda. Ada yang berbaris untuk saling berjabat tangan bersalaman setelah sholat dan dzikir bersama, ada pula yang setelah salam kanan dan kiri langsung bersalaman.

Pengalaman tidak enak terjadi pada saya ketika di daerah tempat saya lahir, mereka yang selesai sholat berjama’ah saling berjabat tangan bersalaman dengan berbaris. Saat itu, saya selesai sholat, dan langsung menuju pintu keluar untuk tidak mengikuti bersalaman cara mereka. Sontak, saya kaget, salah satu dari mereka yang berbaris menarik baju saya dan mengatakan “Salaman dulu lah, emang salah ya?”. Saya hanya senyum saja, dan lantas melanjutkan untuk keluar tidak mengikuti bersalaman mereka. Baca lebih lanjut

Mengejar Mati-Matian Sesuatu Yang Tidak Akan Dibawa Mati

Judulnya dalem, saya dapat dari Ust. Badrussalam di rekaman ceramah yang saya download di radio rodja. Tenang ini bukan hadits, ini hanya pendapat Ust saja. Namun, dari pendapat itu akan banyak mengingatkan kita, jangan melupakan tujuan kita hidup yaitu beribadah. Istri, anak, sebagai suami harus kita bimbing. Jangan-jangan bekerja sehari semalem, tetapi istri atau anak tidak tahu apa itu menutup aurat, bagaimana tatacara ibadah yang diterima Allah, istri yang ikut-ikutan meng-ghibahi tetangga lain karena suami tidak tahu apa itu ghibah dan bahayanya. Baca lebih lanjut

Keringat Panas Ketika Berjalan Sholat Berjama’ah Terganti Dengan Naungan Allah

Beberapa hari ini di Bekasi, matahari terik sekali. Dan beberapa hari ini pula, saya niatkan untuk kembali berjalan menuju masjid dekat kontrakan rumah untuk sholat berjama’ah. Kebiasaan dulu waktu SMK hilang selama kuliah bahkan mulai bekerja. Kadang terasa naif sekali, karena tahu sholat berjama’ah wajib untuk seorang pria dewasa. Tahu hukum, tapi sulit sekali menjalankan.

Saat perjalanan menuju masjid yang kira-kira ada sekitar 200 meter, keringat dari badan dan kulit tangan yang ditarik karena teriknya matahari terasa. Saat itupun saya ingat salah satu hadits 7 golongan yang mendapat naungan Allah dimana tidak ada lagi naungan. Baca lebih lanjut

Bikin akte kelahiran anak mesti pakai kartu keluarga suami istri?

Lama ga posting di blog ini. mumpung ada pengalaman, share dimari aja. Kali aja ada yang butuh. Jadi, setelah anak saya lahir di bulan juli 2014 lalu, sampai awal tahun 2015 saya belom sempet buat akte kelahiran anak. Pasti ada yang bertanya kenapa? saya jawab:

  • Setelah bertanya ke tempat anak lahir di salah satu rumah sakit di Bekasi dan juga bertanya ke salah satu tempat bidan yang biasa saya dan istri datengin. Pembuatan akte kelahiran anak wajib menyertakan Kartu Keluarga Suami Istri.
  • Nah karena butuh Kartu Keluarga otomatis saya mesti buat dulu. Cuma terbesit pikiran, kalau nanti buat Kartu Keluarga dulu dengan nama Saya dan Istri saya, lalu buat akte kelahiran anak. Lah nanti di Kartu Keluarga saya anak belum masuk. Otomatis saya buat Kartu Keluarga lagi untuk update masukin nama anak ke KK baru.
  • Baca lebih lanjut

Referensi Artikel dan Video tentang Muslim pada Tahun Baru Masehi

Berikut adalah artikel mengenai Muslim pada Tahun Baru Masehi:

  1. http://muslim.or.id/manhaj/menemukan-jati-diri-yang-hilang-sebuah-refleksi-dari-perayaan-tahun-baru-masehi.html
  2. http://rumaysho.com/jalan-kebenaran/tahun-baru-perayaan-orang-kafir-yang-diikuti-umat-islam-9967

 

Video:




Mari jauhi apapun acara tahun baru masehi. Ajarkan anak dan generasi kita untuk tidak merayakan tahun baru masehi.

Tiada hari tanpa ibadah, renungan untuk programmer

Beberapa waktu lalu saya diskusi dengan salah satu programmer yang saya bilang “gila”. Dia bisa ngotak-atik apapun bahasa pemrograman. Dari python, nodejs, sampai-sampai main raspberry pi yang belum lama dia pasang di televisinya agar jadi televisi yang smart (bisa internetan). Banyak ilmu selain web yang saya dapat dari dia. Keterbukaan dan seumuran (beda cuma 1 hari doang tanggal lahirnya) ngebuat saya mudah ngobrol dengan dia.

Satu hal yang saya obrolin adalah gemana cari bagi waktu? Saking banyak bahasa yang dia mainkan. Dia cuma bilang, “Gw tidur jam 4 pagi Di, bangun jam 12-an siang. Orang-orang pada demen kerja pagi, gw malah nyaman ngulik malem. Dulu pernah gw ketiduran jam 11-an malem, gw nyesel banget karena hari itu gw gak dapet ilmu apapun selain kerjaan ya Di…”. Baca lebih lanjut

Tawaran Kerja di Bank? Maaf saya takut RIBA

Beberapa orang mungkin bangga ketika anak, orang tua atau sanak keluarganya bekerja di salah satu bank. Kemudahan meminjam uang ketika bekerja di Bank, pekerjaan yang katanya “TETAP” pun sebagai alasan mereka yang bangga bekerja di Bank. Tidak bagi saya. Beberapa artikel saya tulis tentang riba dan sampai beberapa orang yang meminta pembuatan aplikasi untuk bank pun saya minggir saja karena takut imbas dari RIBA. Baca lebih lanjut