Fitur-fitur Web Penjualan Online (E-Commerce)

Fitur-fitur E-Commerce ?? Wah sekarang dengan berkembangnya web semakin lengkap aja fitur dari E-Commerce. Karna tahun ini skripsi mengambil tema Web Apps khususnya E-Commerce, saya mau share mengenai fitur E-Commerce yang rencana mau dibuat. Mungkin dari sekian fitur ini dapat jadi inspirasi teman-teman yang mau membuat E-Commerce.

Berikut adalah fitur detailnya :

1)      Back End Application ( Halaman Administrator )

Berikut adalah fitur-fitur pada halaman Administrator :

  1. Managemen Buku
    1. Pengolahan data Buku (Create Read Update Delete). Buku sebagai produk dapat ditambah (Create), dilihat (Read), diedit (Update) dan dapat dilakukan penghapusan buku.
    2. Pengolahan data Kategori Buku. Dari sekian banyak buku yang dijual di Toko Buku Puisma Utama maka perlu adanya manajemen data buku berdasarkan kategori.
    3. Pengolahan data Penerbit Buku. Sama seperti halnya pada manajemen kategori buku, perlu adanya manajemen penerbit buku.
    4. Pengolahan data Rating Buku, rating didapat dari yang paling banyak dilihat, dari jumlah klik pengunjung.
    5. Pengolahan data Promosi Buku, terdapat fasilitas untuk memanagement promosi buku.
    6. Pengelolaan Discount / Potongan harga dari Buku.
    7. Pengelolaan Stok Buku, pengelolaan jumlah stok buku agar tidak terjadi kesalahan apabila terdapat stok buku dipesan oleh banyak pengunjung dalam waktu bersamaan.
  2. Management Pesanan / Transaksi
    1. Pencarian Pesanan, administrator dapat melakukan pencarian pesanan per waktu dan nama pelanggan
    2. Proses Update Status Pesanan, Pesanan dipesan lalu dikonfirmasi, setelah itu pelanggan melakukan pembayaran, lalu buku dikirim dan diterima oleh pelanggan.
    3. Terdapat fitur konfirmasi Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan apabila telah membayar jumlah buku yang dipesan
    4. Terdapat fitur pembatalan pesanan apabila ada pelanggan yang membatali proses pesanan karena alas an tertentu.
    5. Fasilitas pencetakan label pemesanan berupa soft-copy (format file pdf)
  3. Management Pembayaran
    1. Menyediakan pembayaran Offline (Transfer, Tunai, COD {Cash On Delivery}). Pembayaran Offline bisa dilakukan dengan transfer ke rekening pemilik Toko Buku Puisma Utama, Tunai maupun melalui COD langsung dengan pelanggan.
    2. Pembayaran Online dengan menggunakan fasilitas Payment Gateway yaitu Paypal. Fasilitas ini diperlukan apabila ada pelanggan yang ingin membeli dengan proses pembayaran Online.
  4. Manajemen Shipping atau Pengiriman Buku
    1. Fitur pengiriman buku dengan jasa pengiriman barang JNE.
    2. Fitur pengelolaan lokasi pengiriman ke Provinsi sampai ke Kota pelanggan disertai dengan biaya kirimnya.
  5. Manajemen Pembuatan Laporan per waktu
  6. Manajemen Pelanggan. Terdapat manajemen untuk mengolah data pelanggan.
  7. Fasilitas integrasi dengan situs Facebook dan Twitter untuk promosi di jejaring social.
  8. Fasilitas Backup dan Restore database untuk menjaga konsistensi database.
  9. Pengelolaan Retur barang

2)      Front End Application ( Halaman Pengunjung )

  1. Pencarian Buku berdasarkan kategori tertentu seperti judul, penulis, penerbit, kategori/tema buku.
  2. Menampilkan Buku Diskon, Buku Promo, Buku paling banyak dilihat, Buku paling banyak dikomentari.
  3. Fasilitas Pendaftaran Pelanggan/Member dan Login Pelanggan/Member
  4. Histori Pemesanan / Keranjang Belanja Buku untuk melihat list dari buku yang telah dipesan oleh pengunjung
  5. Zoom Buku agar pengunjung dengan jelas melihat buku yang hendak dibeli.
  6. Mendukung fitur SEO (Search Engine Optimizion) agar situs e-commerce ini terdapat pada halaman utama di search engine seperti google
  7. Fitur Komentar per buku yang dilakukan oleh pengunjung
  8. Fitur Rating yang dilakukan oleh pengunjung dengan menyukai / vote per buku

3)      Security / Keamanan

Hal terpenting dari adanya E-Commerce yang akan dibuat adalah keamanan data-data dan privasi data pribadi pengunjung dalam melakukan transaksi pada E-Commerce ini. Berikut adalah beberapa keamanannya :

  1. Mendukung IP Dedicated dan SSL ( Secure Socket Layer)
  2. Anti SQL Injection dan anti XSS ( Cross Site Scripting )

4)      Komunikasi

  1. Komunikasi antara pemilik toko dan pengunjung dengan menggunakan :
    1. Telepon dan Alamat yang jelas agar menumbuhkan kepercayaan bagi pengunjung.
    2. Menggunakan Instant Messanging Yahoo Messanger dan LiveZilla
    3. Menggunakan situs jeraring sosial untuk promosi dan pemasaran lebih luas.

Produk E-Commerce ini berupa buku, ya Toko Buku. Ada salah satu toko buku di Palasari Bandung. Dari sekian fitur tersebut, semoga tercapai tepat pada waktunya. Amin.

 

*kalu kira2 ada yg kurang fiturnya, akan segera diupdate*

Penulis: Martin Adiputra

Software Engineer

12 tanggapan untuk “Fitur-fitur Web Penjualan Online (E-Commerce)”

  1. @hadi :
    buat web forum ?
    mw yg CMS ato buat awal sendiri ?
    klu yg CMS udh banyak bertebaran di internet, phpBB, etc
    klu buat awal,,baiknya analisis awal dulu, siapa pengguna nya,, aksesnya bagaimana,,bisa ngapain aja tiap pengguna tuh, etc..
    stelah dikumpulkan analisisnya..tinggal implementasi coding nya..

  2. wah,, aq jg lg ta nich dan tema yg d ambil jg ttg ecommerce,,
    Bisa berbagi ilmu’y dong,,
    Klo boleh minta alamat email’y dong?
    Jd klo aq ada yg g ngerti bisa tnya2,,
    Plisssss

  3. kak tanya, kira2 ada gak fitur buat toko online agar terlihat unik dan original, agar bisa jadi keunggulan buat toko online tersebut berbeda dari website toko online lainnya???
    tolong kasih solusi buat ntu kak…… sebelumnya makasih N Info2 di website ini patut di tiru…. TOP dah.

  4. @rijkard : mmm..kalo gw sendiri slalu liat dulu competitor / saingan. misalkan web yg lagi gw pegang skrang (inibayiku.com)..saingan utama itu kindercube.com untuk lokasi di indonesia. gw liat2 fitur2 si kindercube.com, gw list apa yg gak ada dan apa yg ada di inibayiku.com. Terus gw coba cari web luar yg kaya inibayiku.com, sebut diapers.com. gw liat fitur2 si diapers.com, n catet yg perlu ada di inibayiku.com.

    kalo masalah unik dan original, gw rasa kagak terlalu penting ya mas..kita mesti sesuain sama UX User (pengalaman user) berbelanja. masyarakat indo skrg masih belum banyak berani pake yg nama nya Credit Card, Paypal. Pengalaman di inibayiku, ada aja tuh customer yg masih belanja offline, ada yg kagak punya email, wah macem2 dah..gw rasa ini yg mesti diutamain..”MUDAH GAK SIH SI USER BELANJA DI WEBSITE KITA“. Kalo mau original dan unik tp si pelanggan teh bingung dan susah belanjanya sama aja boong..

    yg utama e-commerce itu, dr menejemen stok produk, menejemen pelanggan, keamanan, SEO, promosi, sama yg gw sebut diatas, UX user berbelanja..moga bisa jd bahan list mas rijkard membuat toko online ya 🙂

Silahkan Komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.