Program Toko Buku Online Sederhana

Program ini adalah program aplikasi toko buku online yang saya buat dengan menggunakan PHP Programming, MySQL, Javascript dan CSS di sisi tampilan. Saya buat didasarkan atas tugas matakuliah Entrepreneurship yang saya jalani pada semester 6 di Universitas Komputer Indonesia. Program ini masih sangat sederhana, namun mungkin sangat bermanfaat buat pemula yang sedang belajar pemrograman web.

Toko Buku ini memiliki fasilitas sebagai berikut :

  • Halaman Pengelola Toko Buku (Admin) yang mengelola baik data buku, transaksi, dan lain sebagainya. Berikut adalah screenshoot yang saya buat.
  • Seperti layaknya toko online pada umunya, terdapat fasilitas Keranjang yang berguna untuk menyimpan item barang / buku yang hendak dibeli.

Inti dari program toko buku ini adalah setiap pengunjung yang ingin membeli buku pada toko ini mesti melakukan proses pendaftaran member. Setelah melakukan pendaftaran menjadi member, pengunjung situs ini dapat melakukan proses transaksi, seperti memasukan item buku pada keranjang buku dan sebagainya.

Untuk pengunjung yang telah terdaftar, dapat melakukan proses login untuk melakukan transaksi. Pada program ini, sementara member tidak dapat melakukan perubahan data dirinya. Namun Admin dapat melakukan perubahan data member, data buku, dan lain sebagainya.

Kurang lebih aturannya seperti keterangan diatas,,berikut adalah screenshoot toko buku ini.

Selebihnya teman-teman dapat langsung menggunakan program ini pada computer localnya, dengan mendownload program ini di akhir artikel ini.

Program ini tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, tapi sekedar sharing aja, mungkin teman-teman yang baru belajar pemrograman web akan sangat membutuhkan contoh-contoh program nyatanya. Dulu waktu saya belajar pemrograman juga sering baca logika dari code-code program orang lain. Semoga bermanfaat ya. Oh iya,,sample program sudah saya upload via web di alamat ini http://www.tokobukubekas.co.tv {maaf hosting ‘n domain sudah tidak aktif}.

Masih banyak bug sebenarnya,,tapi lumayan bisa untuk jadi pembelajaran. Saran kritik saya terima terbuka dari teman-teman.

Versi perbaikan bisa didownload di link ini http://www.adiputra.web.id/produk/toko-buku-bekas/.

Sebelumnya import dahulu databasenya pada computer local kamu, lalu kalau masuk ke halaman admin, masuk dengan username ‘admin’ password ‘admin’.

MAAF SAMPLE PROGRAM INI HANYA UNTUK PERCOBAAN TOKO ONLINE SEDERHANA, DISARANKAN UNTUK MELENGKAPI KEAMANAN SISTEM DAN HAL LAINNYA MENGENAI TOKO ONLINE APABILA TEMAN-TEMAN INGIN MENGIMPLEMENTASI NYATA PADA TOKO TEMAN-TEMAN.

Penulis: Martin Adiputra

Software Engineer

266 tanggapan untuk “Program Toko Buku Online Sederhana”

  1. mas pada adminnya kug gak bsa masuk ya ada tulisan

    terjadi kesalahan silahkan ulangi !

    Warning mysql_fetch_array()expect parameter 1to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 12

    Warning mysql_num_rows ()expect parameter 1to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 12

  2. @bayu :
    mas bayu pake apa,,xampp ato wamp ?
    di komputer ane jalan mulus mas,,kenapa ya…
    coba di line 10, hapus $link-nya…

    moga bisa jalan…

  3. iya mas sudah bisa. trims.
    sebenarnya saya ada tugas buat database data siswa tapi saya bingung, apa bisa diajarin hal dasar buatnya? aku pake XAMPP+wordpress offline.
    trimz

  4. misalnya databasenya kayak tokobukubekas yang admin. tapi pada data member bisa di edit,delete,terdapat upload & tampil foto..
    saya sudah buat sketsanya tapi saya masih blum bsa buat web databasenya…
    mhon pencerahan dan ajarannya ya mas.
    thank’s

  5. @ Bayu :
    boleh tuh mas Bayu..siap ta bantu,,lg liburan lumayan panjang yeuh…cari pengalaman 😀

    datanya kirim aja via email…

  6. mas mau taya ni…
    kl pake wamp5 1.7.4 kok masih gak bisa upload image ya?
    kl pake yg versi 2.0 bisa upload image tapi..dihalamannya banya script erorr nya..

  7. @ jono :

    kurang paham juga y Mas,,saya pake xampp,,pindah ke xampp aja ya..

    lg pula dulu saya pernah pake wamp,,tapi payah,,sering ngeload wae gk jelas n lama pula,,,

  8. mas kuk tko buku offlinenya ada yang rusak
    masuk admin >>>> view kategori >>>> tyuz di klik delete pada Aksi muncul error
    ” Fatal error: Cannot redeclare cekTypeImageUpload() (previously declared in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\libfunc.php:3) in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\libfunc.php on line 11 “????

  9. @ Bayu :
    terimakasih udah konfirmasi error…

    klu gak salah maksud errornya adalah pemanggilan libfunc.php lebih dari 1 kali..

    liat di proses delete kategori,,

    hapus atau matikan pemanggilan libfunc.php

    klu gak salah yg line 5..

  10. ok mas bisa hehe
    mas klo buat pemula php mysql itu ada bukunya gak???
    atau situs onlinenya…
    soalnya q masih pemula BGT heheee

  11. ok mas sudah bisa..
    trims…
    mas klo buat pemula ada gak ebok php mysql phpmyadmin..
    atau situsnya gtu,,,
    soalnya q masih pemula bgt…:-)
    mohon bantuannya..
    trima kasih

  12. mas.. koq namabahin produk melalui admin, datanya suskes disimpan ke database.. dan bisa ditampilin ke web, tp ada muncul pesan erorr yang sangat mengganggu ketuika selesai menekan tombol simpan.. pesan erornya begini..

    Warning: move_uploaded_file(gambar_produk/rampage.png) [function.move-uploaded-file]: failed to open stream: No such file or directory in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\aksi\proses_tambah_produk.php on line 218

    Warning: move_uploaded_file() [function.move-uploaded-file]: Unable to move ‘C:\xampp\tmp\phpF4B6.tmp’ to ‘gambar_produk/rampage.png’ in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\aksi\proses_tambah_produk.php on line 218

    Warning: imagecreatefrompng(gambar_produk/rampage.png) [function.imagecreatefrompng]: failed to open stream: No such file or directory in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\libfunc.php on line 49

    Warning: imagesx() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\libfunc.php on line 50

    Warning: imagesy() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\libfunc.php on line 51

    Warning: imagecopyresampled() expects parameter 2 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\libfunc.php on line 57

    Warning: imagepng() [function.imagepng]: Unable to open ‘gambar_produk/thumb_rampage.png’ for writing: No such file or directory in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\libfunc.php on line 59

    Warning: imagedestroy() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tugasakhir\admin\libfunc.php on line 75

    ituh diatas kira2 kenapa ya mas..?? pliss bantuin…

  13. @ reza :
    spertinya mas ganti nama folder “gambar_buku” dengan nama “gambar_produk” ya ???

    setting terlebih dulu mas di libfunc.php

    yang line 45(dibukan pake notepad++),,sesuaikan dengan nama folder mas..

    n coba testing lagi…
    moga bisa ngebantu 🙂

  14. silahkan tambahin sendiri ya fitur nya..:)
    sekalian error n masalah lainnya juga diperbaiki semampunya…

    maaf bgt,,saya bnyk yg mesti dikerjain bulan2 ini..

  15. kang….
    dibagian admin>> informasi terkini ada peringatan

    Warning: getdate() [function.getdate]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘Asia/Krasnoyarsk’ for ‘7.0/no DST’ instead in C:\xampp\htdocs\Tokobuku\admin\newInformation.php on line 208

    knapa ya??

  16. @agung:
    belum sempat saya tambahkan mas,,mas bisa tambahkan dengan menggunakan FPDF atau teknik lainnya tnt cetak PDF atau cetak Print dengan PHP..

  17. @agung:
    blum mas,,sama sakali blum diterapkan keamanan,,
    sengaja saya tulis diakhir dengan huruf besar..

    project lain ada yg sudah menggunakan keamanan,,tapi sengaja tidak sy share diblog ini..:)

  18. @agung: mas pelajari aja ya sendiri..SQL Injection, XSS, dll..mas sering2 aja mampir ke forum underground / hacking,,disana senior2 biasanya share mengenai keamanan web aplikasi..:)

  19. Mas…saya mau nanya mas…bukan tentang software nya sih…gini mas…

    kalau perbedaan php 4 dan php 5 apa ya mas?

    soalnya saya sudah terbiasa php 4 … disuruh atasan pake php 5 pusing banget…beda sekali scriptnya

    nah dulu saya pake xampp ver. 1.4.6 sekarang 1.7.3 … itu xampp mulai versi brp ya kalau php 5?…thanks gan

  20. @ abox :
    perbedaan antara php 4 sm 5 secara signifikan PHP4 sudah dikenal OOP tapi belum selengkap n sesempurna PHP5..
    untung sy mulai belajar pas PHP 5 🙂
    mulai ke PHP5 mas,,karena skrg udah main di OOP..

    xampp yg PHP5 ato PHP4..cek disini mas

    http://www.oldapps.com/xampp.php

    moga bisa ngebantu mas..:)

  21. ya makin susah aja nih…harus nyesuaiin diri ama tekhnologi zaman skrg…hhe..

    wow kumplit banget mas…nice info….

    oh iya ini user aja ya mas?mas ga buat admin softwarenya ?

  22. mau nanya nih mas ni jago bikin program atau web?
    kebetulan saya kuliah di jurusan buat program jadi mau tanya ttg program boleh?
    sama – sama otak atik kode 😀

  23. @ mas adi putra

    udah keulik mas kombo dinamis nampil peta…thanks mas…

    @all..

    kalau mau admin proteksi nya nih saya ada sedikit koding mudah2an berguna…

    buka tabel admin..taruh ke sql nya :
    insert into admin values(”,’admin’,’21232f297a57a5a743894a0e4a801fc3′);

    (21232f297a57a5a743894a0e4a801fc3 = session dari kata admin)
    happy coding.. 😀

  24. mas, saya lagi belajar php nih…nah ketemu contoh web ini, saya bingung masuk ke admin gmn ya? udah masuk ke sign up page isi username : admin, password; admin, kok gak bisa masuk ya? terima kasih…

  25. @udin : sign up itu buat member mas..masukin email adiputra@gmail.com passwordnya adiputra klu gk salah..*sayalupa..

    klu mas mau masuk ke admin..klik di site localhost/tokobukubekas-final/admin

    loginnya username adiputra password adiputra..

    ato mas silahkan tambahkan admin dan user baru di phpmyadmin saja biar mudah..passwordnya sy gunakan MD5 saja…

  26. @afiet :
    lib_func.php itu isinya codingan ke database n settingan yg kalu di sisipin di file asli agak panjang n kurang rapih..makanya dipisah di lib_func.php..klu mas afiet udah biasa..ke MVC nya Framework PHP jadi lebih enak deh..rapih..:)..
    yg class_paging itu fungsi codingan untuk pagination halaman,,saya dapet dari salah satu buku PHP 🙂

  27. MVC gmn mas?
    dah q buka n q bca scriptnya mas…tpi y da yg bngung
    hehee
    pnjang soalnya ehehe
    thanks y ms…

  28. @afiet :
    MVC itu kepanjangan Model View Controller. Kalu bahasa sederhana saya, konsep MVC Programming itu memisahkan antara code-code untuk database (perintah CRUD[Create Read Update Delete] dll), dan tampilan (HTML sama CSS).
    Model => code-code ke database
    View => code-code HTML n CSS
    Controller => code untuk penghubung antara Model dengan View
    dengan konsep MVC ini, code-code kita jadi lebih rapih dan teratur,,

    emang penting ya code teratur n rapih ??

    penting banget kalu nanti kita developt project yg besar,,pembacaan dan maintenance ato penambahan fitur project jadi lebih mudah dibaca apabila code lebih rapih n teratur…

    lebih lengkap tnt MVC Programming : http://en.wikipedia.org/wiki/Model%E2%80%93View%E2%80%93Controller

    bisa 4 SKS ngomongin MVC nie 😉

    oiya MVC itu sudah OOP ya..kalu mas Afiet mau belajar konsep itu main di Codeiginiter saja mas…

  29. @el ji :
    heiya..lupa gak buat update stok ya..;)
    secara logika gampang mas..di keranjang belanja “order” dan “order_item” ada id_produk..ambil id_produk nya dan jumlah pembelian tiap id_produk..lalu lakukan query ke table produk dengan mengurangi stok nya dengan jumlah pembelian tiap item produk (id_produk)..simpel..coba dulu ya..:)

  30. mas mw tanya tapi bukan tentang web toko buku .mas punya script buat waktu ujian online contoh ya saya mw ikuti ujian bahasa inggris dengan waktu pengerjaan ya 30 menit klo waktu ya habis maka ada ket”waktu habis nilai tidak dapt diproses” pas saya coba lgi ujian dengan mata pelajaran yg sama maka akan muncul ket:” ada sdh ujian”
    kendala saya disitu mas ? bisa minta jalan keluar ya g saya buat skripsi nich mas tolong di bantu y mas ?

  31. @agung :
    sy blum pernah mas..cuma selagi ketangkep sama logika kita..diprogramkan pasti bisa aja..

    untuk yg 30menit pengerjaan, mas bisa pake teknik “redirect time with javascript” [keyword untuk mencari di google]…

    lalu untuk matapelajaran yg sudah diambil sebelumnya..tiap halaman mesti ada status ke pelajarnya..teknis nya gini,,saat ngakses halaman mata pelajaran bahasa inggris..ada pengecekan status di database..bila belum ambil..ubah status di siswa lalu ubah status tersebut..

    kurang lebih seperti itu mas..hehe,,bingung ya..ya teori tanpa praktek value nya NULL memang 😉

  32. mas alamat email ya ko gk bisa ya ada yg lain g tlong bantui y mas saya buat skripsi maksih sebelumnya

  33. nanya lagi nih mas, ane kan coba2 ngutak atik web nya mas ini, trus ane drop semua databasenya…jadi 0, pas ane coba lagi, username dan pass admin gak bisa, itu mengatur pass dan username admin dimana ya mas, edit gitu maksudnya…terima kasih

  34. maksud md 5 itu apa ya kak? bingung…gambaran dikepala ane, ada code buat “isilah titik2 ini dengan useradmin dan pass admin” seperti data user gitu kak, jadi disini yg masih ane bingung, gak ada form buat ngisi data admin…ya maaf ilmu ane masih cetek banget…ane klo buat admin, gak pake database soalnya…jadi ini hal menarik buat ane karena baru bnget….

    maaf ngerepotin….terima kasih banyak…

  35. @udin :
    md5 itu teknik enkripsi,,km coba search di google teknik enkripsi pada web, ato googling pake keyword keamanan web…
    iya memang program sederhana ini tidak dpt membuat admin..jadi admin nya statik, hanya admin yg ada di database aja yang bisa masuk ke program ini..disarankan klu buat login menggunakan database mas,,memang agak makan resource kalu kita buat dengan database karna harus mampir dulu ke database server,,namun lebih aman bila kita punya beberapa admin yang punya hak akses yang berlainan…

    hehe,,gk pa2..ya sm2 😉

  36. maaf nanya lagi kak, yg saya tangkap, klo begitu, ketika saya hapus isi database dari admin, berarti gak bisa di isi dengan data yg baru lagi? kan kemaren admin user isinya “admin” dan passwordnya isinya “admin”…klo dihapus apa berarti kita tidak bisa buka halaman adminnya lg gitu mas?

  37. @udin :
    ya bener,,klu data di table admin nya kosong,,berarti pas ngecek ke mysql gagal karna data kosong
    app : “hi mysql, ada gk database “bukutukupret” ?
    mysql : “ada mas App..”
    app : “ada gk di table admin, username yg value nya ‘admin’ dan password nya ‘admin’ ? ”
    mysql : “ora ono App..data kosong”

    silahkan import ulang database nya mas,,atau mas insert sendiri admin sesuai keinginan mas…

  38. terima kasih mas, kebantu banget sayah…:)

    saya pengen nanya lagi nih…(maaf klo nanya mulu)

    saya mau buat table pendapatan selama sebulan, saya mesti mulai dari mana ya? apakah memanggil table yg sudah ada, atau buat table baru lagi?

    terima kasih…:)

  39. @udin :
    pendapatan perbulan ya…
    kenapa mesti buat table lagi ??
    bukannya pendapatan itu didapet dari hasil pembelian buku ??
    jadi mas udin..query in aja table pembelian buku…query ini field total bayar berdasarkan bulan di field tanggal checkout pelanggan..

  40. contoh cara mengamankan webnya gimana sob cause aku lagi mengangkat judul skripsi e-commerce toko online nech…tapi sekarang masih revisi karena fitur keamanannya masih dipertanyakan…mohon pencerahannya ya 🙂

  41. @ rachmat : ibarat virus..antivirus selalu datang setelah virus muncul..gemana cara ngamankan web ? gabung ke milis ato grup hacking web..disana ada senior2 yg share cara hacking n cara defense…sy jg masih cupu mas..hehe

  42. mas mau tanya untuk pngaturan config databasenya di file “lib_func.php” itu dimananya ya line pngaturannya bwat setting user,server,&databasenya??nuhun bnget ya mas…

  43. mas aku masuk halaman admin kog tidak bisa. $link di baris 10 sudah saya hapus, tapi masih ada peringatan error. “acces denied for user root@localhost” (using password:NO) , di file konfigurasinya passwordnya sudah saya samakan dengan password mysqlnya mas.. mohon pencerahannya …

  44. mohon bantuannya gimana cara membuat script pada php untuk combobox membuat
    main dan sub kategori yang di ambil dari database mysql
    misal
    combobox1 kategori -> HP
    combobox2 subkategori -> nokia
    -> sony ericson
    combobox1 kategori -> komputer pada pilihan
    combobox2 subkategori -> Dell
    -> Acer
    saya sudah mencoba membuat sendiri tetapi belum berhasil

    terima kasih MAs admin

  45. Mas… Aku mau website untuk Online tokobuku…!
    aku juga g’ tw mau mulai dari mana soalnya aku g’ ada dasar web. . .

    gmn mas…!!

  46. malem mas, mau tanya sdkit…
    script ini koq pada action delete gk berfungsi ya??
    pada saat d klik database msh ada dan tdk bs d hapus??
    mohon pencerahan nya mas, terima kasih 🙂

  47. mas, mau tanya.. ini di tabel admin kan ada field username dan userpsw yg isinya admin dan password yg uda d enkripsi, lah yg mau saya tanyain ini masnya insert-in nya gmn?? d awal pembuatan tabel admin trus d isikan lwat skrip php ato d phpmyadminnya??

    maaf mas, pertanyaan cupu.. masi blajar soalnya.. hehe 😀

  48. owh, jd d phpmyadmin nya.. itu kan masnya make enkripsi md5 ya?? misal saya punya enkripsi model lain bukan slaen md5,sha1,ato base64 itu gmn mas?? apa bisa d insert kan d phpmyadminnya?? bingung soalnya mas klo masalah security ini, apalagi yg menyangkut password.. :((

  49. @erdynawidi :
    iya mas, pake md5 🙂
    bisa saja mas pake sha1 ato mw buat enkripsi sendiri juga bisa karna yg disimpan ke database itu hasil enkripsi, sedangkan cara enkripsinya bisa di sisi PHP nya..
    klu bisa di insert dgn phpmyadmin hanya teknik enkripsi default saja mas, seperti md5, sha1, dll..
    klu kita pake md5, memang skrg sdh ada *katanya* yg nge-decript hasil md5, cm hasil md5 nya kan ada di database, hosting..
    kalu masalah security memang tidak ada habisnya mas, tetep update ilmu, gabung sama komunitas biar gaul :D..

  50. gan,mav ni saya mau tanya…
    sebelumnya terima kasih atas pencerahannya…
    ohy balik kepertanyaan saya…
    saya mau tanya ini databasenya pake aplikasi ap?
    MySQL biasa atw database yg ada didlm phpmyadmin?
    tolong bantu y gan??
    thx sebelumnya…

  51. ass..postingannya sangat bagus – bagus dan membantu saya dalam tugas..
    saya mau tanya mas..
    kalo website yang bisa merubah warna sendiri sesuai ke inginan pengunjung itu pake apa y..?
    mohon pencerahannya..
    terimakasih..

  52. mas tolong ane nichhh…
    bagaimana cara buat acount member kayak di sutherstock ,yaiut pembayan nya berdasarkan jangka waktu member…

  53. mas kalau erroeny gni knapa ya??
    ko’ errornya undifine semua.
    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in D:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\class_paging.php on line 6

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in D:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\class_paging.php on line 8
    Notice: Undefined index: email in D:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 174

    Notice: Undefined index: pass in D:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 175
    Notice: Undefined index: email in D:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 174

    Notice: Undefined index: pass in D:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 175

  54. JALAN PROGRAM APPLIKASI PHP,….BRO….THX YA….(edit passord mysql menjadi root lngsung jalan) ada link web sekurit php akan di kembangkan ….

  55. mas tanya, dalam pembuatan website e-commerce apa yg pertama kali saya lakukan???

    pembuatan modul2,template,atau apa mas???

    thank’s mas…

    trus 1 lagi, web toko buku mas itu alurnya gimana ya dalam pembuatannya?

    apa buat template dulu, trus modulnya, atau halaman admin dulu atau gimana???

    maaf mas masih newbie…

    🙂

  56. @Koprawi :
    kalu yg toko buku ini, saya langsung code bagian admin dulu, setelah admin selesai baru nyari template yg sesuai..
    cuma saran aja mas, kalu buat e-commerce toko misalnya toko A, baiknya kita tanya dulu alur proses pembelian dan penjualan di Toko A, lalu kita jelaskan perbedaan offline shop dengan online shop..dari situ,,kita tinggal sesuaikan saja alur dengan alur yg mau kita buat..coding itu mudah, cuma menyamakan alur dengan coding dan gemana cara orang yg mampir ke online shop kita mudah berbelanja itu yang rada sulit..

  57. mas ane mau ngmbil skripsi tntng e-commerce, klo ada yg bingung bisa minta bantuan ya. tentang e-commerce di palasari. sama kan kaya skripsi mas. 🙂

    mohon bimbingannya ya. 🙂

  58. makasih banyak mas. . . . . . . .
    mudah-mudahan indonesia menjadi negara yg lebih maju dengan adanya orang2 seperti mas yg mau berbagi ilmunya. . . . . . ..

  59. @ herlino :
    amin..sebenernya banyak orang pinter di indonesia IT nya..cuma pada pelit2..
    dulu pernah ikut seminar nya Pak Onno, “siapa yg mau berbagi n sharing, dia yg akan bertahan di IT, open open, baik source atau pengalaman..”

  60. Trimakasih byk mas.. saya mau nanya ni.. setelah saya hosting kenapa databasenya jd ga keluar ya?? masalah koneksi ke database sudah gak ada masalah.. tapi data di databasenya ga keluar.. knp ya mas?? mohon dibantu mas..

  61. Notice: Undefined index: pass in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 175
    Notice: Undefined index: email in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 174
    Notice: Use of undefined constant id – assumed ‘id’ in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\details.php on line 76

    error ini kenapa ya mas?

  62. mas ko di view kategori ada pesan eror…

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\admin\class_paging.php on line 6

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\admin\class_paging.php on line 8

    solusi buat mecahin eror itu gmana ya?? thx b4

  63. mas ane waktu liat view kategori ada tulisan ini..

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\admin\class_paging.php on line 6

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\admin\class_paging.php on line 10

    solusi bwat mecahin eror itu gmana ya?
    soalnya setiap liat program yg ada class paging pasti erornya di bagian itu…

  64. @rezzanovaldi :
    liat komentar sebelumnya ya..itu kan error php jenis notice, error php jenis notice itu bisa di hide dengan menyeting sisi config php nya di file php.ini.

    kalu reza pake xampp, file php.ini ada di folder php.

    buka pakai notepad, lalu cari error_reporting nya, coba ubah dengan E_ALL & ~E_NOTICE, lalu restart si xampp nya, lalu buka kembali..

    moga tersolusikan ya..:)

  65. mas, udah dicoba diubah di bagian error_reporting di php.ini.
    tp setelah di restart xampp, trus di idupin lg. tetep aja masih ada tulisan eror yang sama. 😦
    gmana ya?

  66. udah bisa mas. 🙂 thx yah..

    o iya mas, boleh minta saran ga.
    kalo disuruh buat fitur unggulan untuk e-commerce toko buku, fitur seperti apa yang mungkin bisa dipakai di aplikasi ini ya?

  67. @reza : mas bisa liat website2 lain seperti http://www.gramedia.com/ atau http://www.bukukita.com/, baik gramedia atau bukukita punya fitur yang bagus seperti ada fitur forum member nya, promosi buku, dll..kalau menurut saya, yg belum ada pada gramedia dan bukukita itu fitur untuk download sample buku dalam bentuk pdf seperti layak nya pada situs sitepoint.com (http://products.sitepoint.com/).

    berbagai banyak fitur tetep mesti di sesuaikan keinginan pemilik toko. selain itu, yg paling penting untuk website penjualan adalah optimisasi pada mesin pencari (SEO), percuma buku-buku nya murah n bagus tapi marketing nya kurang bagus.

    untuk toko buku sederhana ini, masih sangat kurang, mesti ditambah sendiri fitur2 yg sy sebut diatas. ini hanya buat pemula yg belajar, create, update, delete produk, alur penambahan add to cart, struktur table nya, dll.

    moga bisa ngebantu..:)

  68. itu gak ada file koneksinya yah mas….
    saya mao tanya-tanya nih mas,,,
    kalo via sms bisa gak mas…
    trimakasih…

  69. hhmmm,,,
    iya mas saya baru nemuin koneksinya,,,
    tp saya masih bingung nih mas am fungsi-fungsinya…
    kalo boleh saran mas,,,
    e-book buat penjelasan program ini ada gak mas???
    hehehhe

  70. mas mau nanya …aku pake xampp, kenapa pas aku import database terjadi error seperti ini :

    Error

    SQL query:


    — Database: `bukutukupret`

    — ——————————————————–

    — Struktur dari tabel `admin`

    CREATE TABLE `admin` (
    `id_admin` int( 11 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT ,
    `username` varchar( 50 ) NOT NULL ,
    `userpsw` varchar( 50 ) NOT NULL ,
    PRIMARY KEY ( `id_admin` )
    ) ENGINE = InnoDB DEFAULT CHARSET = latin1 AUTO_INCREMENT =2;

    MySQL said: Documentation
    #1046 – No database selected

  71. gan mau tya ..ni koneksi ke database kok masih eror sih ,,padahal udah di ganti ni
    $host = “localhost”;
    $database = “bukutukupret”;
    $user = “root”;
    $password = “bagusarianto”;
    database juga sukses saya import,,,masalah koneksi di mana ya muncul tulisan kaya gini di “”error : Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: NO)””””

  72. mas adi,,pas mau login error,,
    warning:mysql_fetch_array(): supplied argument is not a valid mysql result source in C:\xampp\htdocs\tokobuku\admin\proses signin.php online 11

    warning:mysql_fetch_array(): supplied argument is not a valid mysql result source in C:\xampp\htdocs\tokobuku\admin\proses signin.php online 12,,
    itu knp ya mass??

  73. <?php
    include("libfunc.php");

    $usr = $_POST['user'];
    $psw = $_POST['pass'];
    $psw = md5($psw);

    $link = koneksi_db();
    $sql = "SELECT * FROM admin WHERE username='$usr' AND userpsw='$psw'";
    $query = mysql_query($sql);
    $f = mysql_fetch_array($query);
    $n = mysql_num_rows($query);

    if($n == 1){
    session_start();
    session_register('admUser');
    session_register('admPass');

    $_SESSION['admUser'] = $usr;
    $_SESSION['admPass'] = $psw;

    echo"window.location = ‘../admin/adminIndex.php'”;
    }else{
    echo”alert(‘Terjadi kesalahan, silakan ulangi !’)”;
    echo”window.location = ‘../admin'”;
    }
    ?>

    apa yang salah … la ini password & username udah benar tapi kok saat login muncul kata “Terjadi kesalahan, silakan ulangi !” tolong gmana yang benar

  74. tolong bantu ini mas kok muncul Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in D:\xampplite\htdocs\toko_rani\deteksi.php on line 20 apa masalahnya mas

  75. tolong bantu ini mas kok muncul Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in D:\xampplite\htdocs\toko_rani\deteksi.php on line 20 apa masalahnya mas

  76. @surateja
    coba file proses_signin.php diubah seperti kode dibawah ini mas..

    <?php
     include("libfunc.php");
     
     $usr = $_POST['user'];
     $psw = $_POST['pass'];
     $psw = md5($psw);
     
     $link = koneksi_db();
     $sql = "SELECT * FROM admin WHERE username='$usr' AND userpsw='$psw'";
     $query = mysql_query($sql,$link) or die(mysql_error());
     $f = mysql_fetch_array($query) or die(mysql_error());;
     $n = mysql_num_rows($query) or die(mysql_error());;
      
     if($n == 1){
      session_start();
      session_register('admUser');
      session_register('admPass');
      
       
      $_SESSION['admUser'] = $usr;
      $_SESSION['admPass'] = $psw;
      
      
      echo"<script language='javascript'>window.location = '../admin/adminIndex.php'</script>";
     }else{
      echo "<script language='javascript'>alert('Terjadi kesalahan, silakan ulangi !')</script>";
      echo "<script language='javascript'>window.location = '../admin'</script>";
     }
    ?>
    

    dan coba jalanin login lagi..
    liat error nya apa,. trus submit di komentar ini, biar yg lain bisa baca..

    lalu…
    deteksi.php apa ya ??
    di file saya tidak ada tuh mas..

  77. mas, aku pake xampp, file upload.php dan file proses_upload.php aku taruh di “C:\xampp\htdocs\adiputra” dan di dalam folder adiputra aku buatkan folder “gambar” tapi kok masih error juga ya?

    begini errornya:

    Warning: move_uploaded_file(gambar/C:\xampp\tmp\php1AA4.tmp) [function.move-uploaded-file]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\adiputra\proses_upload.php on line 7

    Warning: move_uploaded_file() [function.move-uploaded-file]: Unable to move ‘C:\xampp\tmp\php1AA4.tmp’ to ‘gambar/C:\xampp\tmp\php1AA4.tmp’ in C:\xampp\htdocs\adiputra\proses_upload.php on line 7
    File gagal diupload.

  78. mas mo tnya2 donk,, YM”nya apa ya..mo bwt krja prktek nih..

    nih kok bnyak yg error yah..

    Notice: Undefined index: email in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 174

    Notice: Undefined index: pass in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 175

    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 67

    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 115

    Notice: Undefined index: email in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 174

    Notice: Undefined index: pass in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 175

    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\include\lib_func.php on line 139

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in C:\xampp\htdocs\tokobukas\index.php on line 130

    tolong pnjelasannya.. trma kasih..

    ane jg mnta YM agan yah bwt tnya2,, sblum’ny saya ucpkan trima kasih bnyak.. 😀

  79. admin dari program toko buku online ini, trus bisa jelasin ga gimana caranya masukkin dari form ke dtabase yang password itu. kok didatabase bisa berubah gitu
    trims 😀

  80. yg notice udh bsa ilang, tpi yg warning gmna mas ngilangin’nya??
    mohon bntuannya,, trus admin gx bsa masuk2 lho..

  81. mas,mau nanya…pnya contoh program reservasi kamar pake php g?
    klo misal mau bkin ada CMS yg recommended g buat reservasi kamar?trima kasih

  82. makasih GAn udah share
    tapi ada sedikit masalah ne

    Warning: mysql_num_rows() expects parameter 1 to be resource, boolean given in D:\xampp\htdocs\toko\admin\form_edit_penerbit.php on line 153

  83. Gan.. kenapa waktu saya login ke admin’nya kgk mau koneksi..
    trus ada peringatan…

    Warning: mysql_fetch_array(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 11

    Warning: mysql_num_rows(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 12

    trus saran d’atas buat ngapus $link di line 10’nya dah diterapkan..
    tapi masih tetep aje…

    mohon pencerahannya….
    Thnks B4…

  84. ini pesan erornya pada wamppserver

    Galat

    Pencarian SQL:


    — Database: `bukutukupret`

    — ——————————————————–

    — Struktur dari tabel `admin`

    CREATE TABLE `admin` (
    `id_admin` int( 11 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT ,
    `username` varchar( 50 ) NOT NULL ,
    `userpsw` varchar( 50 ) NOT NULL ,
    PRIMARY KEY ( `id_admin` )
    ) ENGINE = InnoDB DEFAULT CHARSET = latin1 AUTO_INCREMENT =2;

    MySQL menyatakan: Dokumentasi
    #1046 – No database selected

    mohon pencerahanya, soalnya baru belajar ne mas.

  85. mas, ketika di admin. kenapa pas ubah status dihapus, “iya” atau “tidak”. ketika pilih “iya”, tapi tetep ada di halaman pengunjungnya..

  86. Assalamualaikum
    gan trima kasih sblum nya sudah mau share program ini
    ngbantu ane bnget 🙂

    tp ane ada msalah di bgian log in admin
    sma sperti yg lain
    ada masalah di line 11 dan 12
    tp ane udah ubah codingan ny sesuai komen agan di https://terusbelajar.wordpress.com/2010/06/19/program-toko-buku-online-sederhana/#comment-2022

    setelah ane ubah
    jadi No database selected
    klo g salah setingan database itu di lib_func.php line 154
    dan ane udah isi sesuai nama database ane

    mohon pencerahan nya gan 😀

  87. mas, saya mau tanya kenapa ketika “add to cart” itu tidak mau nambah barangnya yaa, masih kosong saja..
    kira-kira error dimananya??

  88. saya sudah login jadi member tapi tetap tidak bisa add to cart-nya.. tapi klo pakai akun punya admin bisa.. kira-kira salah dimananya ya??

  89. Salam Kenal Mas Adi… Maju terus dan tetap berlaku bijak (he he hee menggurui..) Mas Brooo.. gimana nich ko setiap “Checkout” bayar belanjaan data buku tidak tersimpan, apa ada setting lain ? Trims dan luangin waktu buat nengok oprekan saya di http://www.tokokaos.tk (kash masukan ya mas Broo)

  90. mas adi, sya kn memakai program ini sbg referens
    tp ada keslahan waktu add to cart
    saya sudah login
    tp dy tidak menambah pada keranjang
    mohon solusi ny mas

  91. bang Adiputra… permisi ya…
    boleh minta tolong gak…. RAT, DFD & ERD dari program ini minta dong.. kirim ke email saya aja.. tolong banget…. buat laporan nih bang… 😀
    nih email saya kalo boleh minta.. ( stevenboo@rocketmail.com )…
    pliss bang..

  92. @akaelz : coba cek lagi alur add to cart nya mas..di kompie sy bisa kok add to cart nya..cara paling pas kalo belajar program itu trace code per code alur proses.

    @steven : wah maaf bang steven, dulu sy buat program ini msh asal, blum ada yg namanya DFD, ERD dan tmn2 lainnya lg :D. Buat sendiri yak, lihat alur proses

  93. maaf mas kalo xampp nya diganti sama appserv apakah bisa, soal nya kan kalo di appserv, pakai password untuk maksuk ke database nya…

  94. kalo ini kenapa y errornya?
    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in Z:\Xampp\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 67

  95. kalo ini kenapa y errornya?
    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in Z:\Xampp\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 67

    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in Z:\Xampp\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 115

    Notice: Undefined index: email in Z:\Xampp\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 174

    Notice: Undefined index: pass in Z:\Xampp\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 175

    mohon di bantu yah…
    😀
    makasih…

  96. mas, boleh minta YM nya g?punya alamat YM g?biar bisa chat2 juga…
    saya lagi ada tugas kampus nih yg harus dikejar sampe minggu depan…
    mohon bantuannya yah…
    😀

  97. saya dapat fatal error seperti ini gan…
    Fatal error: Call to undefined function session_register() in Z:\Xampp\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 16
    itu pas saya turn on display error di php.ini xampp saya. kejadian itu pas saya mw login dengan admin atau member.
    kalo saya turn off error display, halaman saya putih blank aj.ga ada apa2. mohon pencerahannya yah…
    😀
    makasih…

  98. mas adi.. saya mau nanya nih.. ketika saya udah login pakai email saya dan password nggak bisa add to chart nya kemudian saya ganti dengan email mas adi dan passwordnya juga tidak bisa add to chart.. please pencerahannya mas..

  99. sama kayak mas Ganjar masalah session_register
    saya dapat fatal error juga…
    Fatal error: Call to undefined function session_register() in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas\aksi\proses_login.php on line 21

    pas mau login pada menu sign up sebagai member.

    line 21 itu

    session_register(“email”,”pass”,”id_member”);

    saya pake XAMPP 3.1.0 compiled september 2012.
    kalo boleh tau mas adi pake apa yah?
    mohon pencerahannya

  100. mas mau tanya. . setelah saya coba jalankan terjadi kesalahan ya mas. . .seperti masalah posting pertama yang diungkapin BAYU di atas. .

    Warning mysql_fetch_array()expect parameter 1to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 11

    Warning mysql_num_rows ()expect parameter 1to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 12

    knapa ya mas. . sudah saya hapus juga di line 10 $link nya masih ga bisa. .

  101. mas coneksi data base pada saat di uplot co eror, kaya gini mas error : Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: NO) , apax ya?

  102. mau nanya kok adminnya saya gak bisa masuk yah kan di databasenya saya udah ganti nama username sama passnya kok dibilangnya terjadi kesalahan

  103. Notice: Use of undefined constant T – assumed ‘T’ in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\admin\view_kategori.php on line 194

    ( ! ) Notice: Use of undefined constant T – assumed ‘T’ in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\admin\view_kategori.php on line 194

    ( ! ) Notice: Use of undefined constant id_kategori – assumed ‘id_kategori’ in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\admin\view_kategori.php on line 206

  104. mas, sy coba jln kan program ini di laptop sy msh byk yg error
    tlg di bantu ya mas

    ( ! ) Notice: Undefined variable: file in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\admin\class_paging.php on line 41

    ( ! ) Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\admin\view_kategori.php on line 217

    ( ! ) Notice: Undefined variable: file in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\admin\class_paging.php on line 49

  105. ( ! ) Notice: Undefined index: pass in C:\wamp\www\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 175
    Call Stack
    # Time Memory Function Location
    1 0.0045 392464 {main}( ) ..\browse_penerbit.php:0
    2 0.0123 522128 cek_login( ) ..\browse_penerbit.php:50

  106. @Rosanni :
    Mbak Rosanni, ini masalah error_reporting di server wamp. Mbak bisa buka file php.ini lalu ganti settinga error_reporting-nya. File php.ini itu ada di C:\Wamp\bin\php\phpX.X.X\php.ini . Buka pakai notepad, cari error_reporting, pastikan error_reporting bernilai :
    error_reporting = E_ALL & ~E_NOTICE

    setelah di ubah, mbak mesti restart wamp server untuk mengubah settingan error_reportingnya. Moga bisa ya Mbak, dikompie saya jalan baik kok, karna setingan error_reporting saya E_ALL & ~E_NOTICE.

  107. mas saya coba jalankan dihosting tapi tampil error seperti ini :
    Parse error: syntax error, unexpected ‘}’ in /home/u822xxxx/public_html/include/lib_func.php on line 28
    dan
    Parse error: syntax error, unexpected $end in /home/u822xxx/public_html/admin/libfunc.php on line 51
    itu kenapa ya mas?

  108. mas…
    waktu saya create databasenya…
    kok gak bisa, katanya :

    MySQL said: Documentation
    #1007 – Can’t create database ‘bukutukupret’; database exists

    kenapa mas…
    saya pake xammp versi 1,7.

  109. bang saya dari aceh…
    ada satu program, tentang penjualan buku online uga bang…
    setelah saya naik sidang, disuruh perbaiki. karena nilai saya di tahan.
    dalam jangka waktu 1 minggu….
    apa boleh saya minta tolong sama abang….
    saya kirem programmnya bang, biar bang lihat…

  110. sma bang sya nemuin kasus kya tmen kita Bro Bayu, di file proses_signin.php line 11,12
    yang comentnya ” warning : Mysql_fetch_array(): Supplied argument is not avalid mysql resuorce in C/xaamp/htdock/tokobuku/proses_signin.php online 11″ dan satu lagi on line 12. suadah cba sya otak2 ngak brhasil bang, pake xamp versi 1.7.1 bang

  111. Maaf mas, Masih banyak bugnya mas program-toko-buku-online-sederhananya, tolong di path, biar kita semua yang newbie tidak takut menguploadkan ke hosting, karena aksi hacker blackhat kian marak…
    Maaf cuma sekedar saran…
    Thanks..

  112. @ramnit777 : Saya sudah jelaskan diatas mas, klo program ini sangat2 sederhana, no security, no UI or UX dan alurnya pun gak lengkap. Ini saya buat dan saya share buat programmer baru saja mas. Silahkan tambahkan sendiri yang kurang mas.

  113. mas pada adminnya kug gak bsa masuk ya ada tulisan

    terjadi kesalahan silahkan ulangi !

    Fatal error: Call to undefined function session_register() in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\admin\proses_signin.php on line 17

    please…

  114. mas error punya saya seperti ini gmn ya solusinya terima kasih

    Notice: Undefined index: email in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\include\lib_func.php on line 174

    Notice: Undefined index: pass in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\include\lib_func.php on line 175

  115. sama ini mas tadi ad yang kurang mohon solusinya ya mas

    Notice: Use of undefined constant halaman – assumed ‘halaman’ in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\index.php on line 130

    Notice: Undefined variable: file in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\include\class_paging.php on line 41

    Notice: Undefined variable: file in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\include\class_paging.php on line 41

    Notice: Undefined variable: file in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\include\class_paging.php on line 49

    Notice: Undefined variable: file in D:\Xampp\htdocs\tokobuku\include\class_paging.php on line 53

  116. sudah tak ganti eeror reportnya di php ini tp kok sama aja mas
    ; error_reporting
    ; Default Value: E_ALL & ~E_NOTICE
    ; Development Value: E_ALL | E_STRICT
    ; Production Value: E_ALL & ~E_DEPRECATED

  117. Malam mas,
    ini aku baru coba program spmyn ktika sign up aku isi kan sesuai arahan munculnya gini

    Fatal error: Call to undefined function session_register() in E:\PROGRAM instal\xamp\xampp\htdocs\Coba_Upload\Revisi RPL\tbb – 24012013\tokobukubekas-final\aksi\proses_login.php on line 21

    yang perlu di tambahkan apa ya mas kira2? (mohon bantuannya) onegaisimasu…

  118. gan tolong bantu ini kenapa ya..?
    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\buku\tampil.php on line 6

  119. Warning: mysql_connect(): Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\tokobukubekas-final\admin\libfunc.php on line 88
    Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES)
    Mohon bantuannya mas, trims

  120. Warning: mysql_connect(): Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\tokobukubekas-final\admin\libfunc.php on line 88
    Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES)
    mohon bantuannya mas, trims 🙂

  121. Warning: mysql_connect(): Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\tokobukubekas-final\tokobukubekas-final\admin\libfunc.php on line 88
    Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES)
    mohon bantuannya mas, trims 🙂

  122. Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in C:\xampp\htdocs\tbb – 30 Agustus 2016\tokobukubekas-final\include\lib_func.php:158 Stack trace: #0 C:\xampp\htdocs\tbb – 30 Agustus 2016\tokobukubekas-final\include\lib_func.php(58): koneksi_db() #1 C:\xampp\htdocs\tbb – 30 Agustus 2016\tokobukubekas-final\index.php(69): ShowKategori() #2 {main} thrown in C:\xampp\htdocs\tbb – 30 Agustus 2016\tokobukubekas-final\include\lib_func.php on line 158

    kalau errornya seperti ini bagaimna yaa?

Silahkan Komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.